Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
The existing infrastructure in Islamic Senior High School Madinatunnajah Cirebon City has met national standards but it can be seen that the motivation for students' learning while in school is still low. The purpose of this study is to see the extent of the influence of the management of educational infrastructure on the learning motivation of students in Islamic Senior High School Madinatunnajah Cirebon City. The research method that researchers use in this study is a quantitative research method. The population in this research amounted to 60 students and is a type of population research because the number of samples is the same asa the total population. The results of this research indicate the management of educational infrastructure in Islamic Senior High School Madrasah Aliyah Madinatunnajah Cirebon City is in the very good category because it is at an interval of 76-100% with a value of 77.5%. The learning motivation of students in Islamic Senior High School Madinatunnajah Cirebon City is in the good category because it is at an interval of 51-75% with a score of 72%. There is a significant influence between the Management of Educational Infrastructure (X) on Student Learning Motivation (Y), with a significant value of 0.003 0.05. The magnitude of the influence contributed by the Management of Educational Infrastructure (X) on Student Learning Motivation (Y) was 14% and the remaining 86% was influenced by other factors that were not studied in this study.
Â
Keywords: Management, Educational Infrastructure, Student Learning Motivation
ABSTRAK
Sarana prasarana yang ada di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon sudah memenuhi standar nasional tetapi terlihat motivasi belajar siswa saat di sekolah masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat berapa besar pengaruh manajemen sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang ada dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dan merupakan jenis penelitian populasi karena jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon berada pada kategori sangat baik karena berada pada interval 76-100% dengan nilai 77,5%. Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada pada interval 51-75% dengan nilai 72%.Terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Sarana Prasaraa Pendidikan (X) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y), dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Besarnya pengaruh yang disumbangkan oleh Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan (X) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) adalah sebesar 14% dan 86% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Â
Sarana prasarana yang ada di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon sudah memenuhi standar nasional tetapi terlihat motivasi belajar siswa saat di sekolah masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat berapa besar pengaruh manajemen sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi yang ada dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dan merupakan jenis penelitian populasi karena jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon berada pada kategori sangat baik karena berada pada interval 76-100% dengan nilai 77,5%. Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Madinatunnajah Kota Cirebon berada pada kategori baik karena berada pada interval 51-75% dengan nilai 72%.Terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Sarana Prasaraa Pendidikan (X) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y), dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Besarnya pengaruh yang disumbangkan oleh Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan (X) terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y) adalah sebesar 14% dan 86% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, F. (2020). Manajemen Organisasi Pendidikan Kejuruan. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Barnawi, & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasrana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Budi. (2021). Pendidikan dan Manajemen (Analisis Kepemimpinan Kepala Madrasah). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Daryanto. (2018). Manajemen Laboratorium Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Datulinggi, B., Limbong, M., & Sunaryo, T. (2021). Pengaruh Manajemen Sarana dan Prasarana dan Komitmen Guru Terhadap Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kristen Tagari Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1206-1214.
Hamid, M. A., Widyastuti, A., Firdaus, E., Chamidah, D., Tanjung, R., Sari, R. N., . . . Purba, S. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Harisuddin, M. I. (2019). Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa. Bandung: PT. Panca Terra Firma.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta : Deepublish.
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2017). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniadin, D., & Machali, I. (2014). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniawan, A. (2017). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Cirebon : Eduvision.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Marnisari, J. A. (2021). Pengaruh Sarana Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Arsitektur UPN "Veteran" Jawa Timur. BORDER Jurnal Arsitektur, 61-69.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Yogyakarta: Deepublish.
Poerwanti, E., & Suwandayani, B. I. (2020). Manajemen Sekolah Dasar Unggul. Malang: UMM Press.
Sakdiyah, & Fajar. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Sainsn Ekonomi dan Edukasi, 39-44.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Angkasa.
Wandikbo, W., Suharto, N., & Suryadi. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Laboratorium Percontohan UPI Bandung . Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 45-49.
DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11155
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rima Riyana, Maman Supriatman, Taqiyuddin Taqiyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:
Â