Pengaruh Manajemen Sarana Pendidikan terhadap Kepuasan Belajar Siswa di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon

Dhia Salsabila(1*), Subur SUbur(2), Ahmad Amin Mubarok(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


 ABSTRACT

Manajement of educational facilities is very important in supporting student learning satisfaction. The educational facilities at MTs Al-Muawanah Susukanlebak, Susukanlebak District, Cirebon Regency are inadequate, but student learning satisfaction is quite high. The aims of this research are (1) Management of educational facilities at MTs Al-Muawanah Susukanlebak, Susukanlebak District, Cirebon Regency.  (2) Student learning satisfaction at MTs Al-Muawanah Susukanlebak, Susukanlebak District, Cirebon Regency. (3) The effect of educational facilities management on student learning satisfaction at MTs Al-Muawanah Susukanlebak, Susukanlebak District, Cirebon Regency.  This study uses a quantitative method with a causal ex-post facto research design. The total population in this study amounted to 296 with a sample of 10% of the total population using the Cluster Random Sampling technique as many as 30 respondents.  Based on the results of analytical research that the management of educational facilities at MTs Al-Muawanah Susukanlebak is included in the good category with a percentage of 71.75%. Meanwhile, student learning satisfaction at MTs Al-Muawanah Susukanlebak is included in the good category with a percentage of 72.28%.  There is a significant effect between Educational Facilities Management (X) on Student Learning Satisfaction (Y), with a significant value of 0.000 <0.05. The amount of influence contributed by the Management of Educational Facilities on Student Learning Satisfaction is 76.9%, the remaining 23.1% is influenced by other variables not examined in this study.

 

 

Keywords: Management, Educational Facilities, Student Learning Satisfaction

 

ABSTRAK

Manajemen sarana pendidikan sangat penting dalam menunjang kepuasan belajar siswa. Sarana pendidikan yang ada di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon kurang memadai akan tetapi kepuasan belajar siswa cukup tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen sarana pendidikan terhadap kepuasan belajar siswa di MTs Al-Muawanah Susukanlebak Kecamatan Susukanlebak Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Ex-post Facto yang bersifat kausal. Adapun jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 296 dengan pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu sebanyak 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian secara analisis bahwa manajemen sarana pendidikan di MTs Al-Muawanah Susukanlebak termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 71,75%. Sedangkan kepuasan belajar siswa di MTs Al-Muawanah Susukanlebak termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 72,28%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Manajemen Sarana Pendidikan (X) terhadap Kepuasan Belajar Siswa (Y), dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh yang disumbangkan oleh Manajemen Sarana Pendidikan terhadap Kepuasan Belajar Siswa adalah sebesar 76,9% sisanya sebesar 23,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Manajemen, Sarana Pendidikan, Kepuasan Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahrial. (2021). Pengaruh Manajemen Sekolah, Guru, Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Siswa. Jurnal of Education and Culture, 7-17.

Djamarah, & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, A. (2018). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Indarti, Wahyuningsih, U., Yulistiana, Suhartini, R., & rihatina, Y. I. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Vokasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 226-236.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kusumawardani, D. A. (2020). Analisis Kepuasan Peserta Didik terhadap Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 90-101.

Mudjiyanto, B. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Promedia.

Mujamil, Q. (2007). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Nasrudin, & Maryadi. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15-23.

Purba, P. B., Rahim, R., Siregar, R. S., Marzuki, I., Purba, S., Charmidah, D., et al. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Sairi, A., & Safrizal, M. (2018). Pengaruh Mutu Layanan Sarana dan Prasarana terhadap Kepuasan Siswa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 403-432.

Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Dahalia Indonesia.

Subagyo, J. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Subur. (2019). Statistik Manual dan SPSS. Cirebon: EDUVISION.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujareni, S. (2015). Metodologi Penelitian . Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suranto. (2019). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan Program SPSS. Tangerang: LOKA AKSARA.




DOI: 10.24235/jiem.v6i2.11128

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhia Salsabila, Subur SUbur, Ahmad Amin Mubarok

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JIEM (Journal of Islamic Education Management) indected by:

 

 

Â