Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Adobe Flash (Improving Short Story Text Writing Skills Using Adobe Flash)

Wikanengsih Wikanengsih(1*), Puspita Ningrum(2),


(1) IKIP Siliwangi, Bandung
(2) STAI Tengku Chik Pante Kulu, Aceh
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to describe the improvement of students' skills in writing short story texts. This quasi-experimental study used pretest-posttest in the control and experimental groups. The population in this study were students of class VII SMK with a purposive sample of 46 people. The research was conducted in the period from January 20 to February 5, 2020. The instruments used were in the form of tests and non-tests, validated by two experts. Based on the results and discussion, it is concluded that the discovery learning method assisted by Adobe Flash can improve the ability to write short stories and can increase learning motivation. Students become challenged in solving the problems given by the teacher.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks cerita pendek. Penelitian eksperimen kuasi ini menggunakan pretes-postes pada kelompok kontrol dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas VII dengan sampel purposive sebanyak 46 orang. Penelitian dilakukan pada rentang waktu 20 Januari - 5 Februari 2020. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes dengan divalidasi oleh dua orang ahli. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa metode discovery learning berbantuan adobe flash dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Siswa menjadi tertantang dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan guru.


Keywords


writing short stories; motivation to learn; discovery learning; adobe flash

Full Text:

PDF

References


Agustina, K. A., Artawan, G., & Astika, I. M. (2015). Penggunaan Film Pendek untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Kelas IX A SMP Negeri 1 Gerokgak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), 1–12.

Boko, Y. A., & Saleh, S. (2020). Penggunaan Metode Quantum Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Ternate. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 39–46.

Chusni, M., & Edy, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 1996–1997.

Darari, M. B. (2017). Penggunaan Media Adobe Flash Pada Pembelajaran Kesebangunan dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 7 Medan. Handayani, 7(2 Juni), 33–41.

Dewi, N. P. E. F., Martha, I. N., & Wendra, I. W. (2016). Kesulitan Belajar Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX C SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undhiksa, 5(3), 1–12.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Hidayati, P. P. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Berbasis Karakter Siswa Kelas X SMA se-Kabupaten Tangerang. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1), 31–46.

Kurnianingtyas, E. (2015). Penerapan Teknik Copy The Master Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII-B Mts. Darun Najah Petahunan Lumajang. Nosi, 2(8), 30–40.

Kusnida, F., Mulyani, M., & Su, A. (2015). Keefektifan Penggunaan Media Audio Visual Dan Media Komik Strip dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Yang Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Berdasarkan Gaya Belajar. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 111–117.

Lailiya, R. I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1), 1−7.

Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 33–39. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519

Listini, L., & Saraswati, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Model Pembelajaran Sinektik Siswa Kelas VII SMP Sandika Sukajadi. Jurnal Bindo Sastra, 1(1), 24−27. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.664

Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 681−692.

Mulyaningsih, I. (2015). Sastra Anak: Pengembangan Kreativitas melalui Puisi dan Pantun. Cirebon: Nurjati Press.

Musyafa, N. F. (2020). Penggunaan Model Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 37−48. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.626

Mutmainna, F., & Jafar, A. F. (2015). Komparasi Hasil Belajar Fisika melalui Metode Discovery Learning dan Assignment And Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 46–51.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi Abstrak. 6(2301), 79–83.

Nasution, R. S., Solin, M., & Lubis, M. (2020). The Development of Synectic Models in Learning Writing in Short Story in the Class XI of Medan UISU High School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 251–259. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.758

Pradita, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek melalui Penggunaan Media Gambar pada Siswa Kelas IX SMP Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(3), 245–256.

Rahmaibu, F. H., Ahmadi, F., & Prasetyaningsih, F. D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 1–10.

Sani, R. A. (2019). Pembelajran Berbasis HOTS (Higher Order Thingking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputro, A. N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menulis Cerita Pendek yang Berorientasi pada Karakter Cinta Tanah Air. Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 192−202.

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Sarudi, W. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX G SMPN 3 Wates Kediri. Hasta Wiyata, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2018.001.01.06

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, Muhammad & Mustofa, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, H. B. (2014). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wikanengsih. (2020). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Manggu. Bandung: Manggu.

Wulandari, T., Fuady, A., & Sumarwati, S. (2012). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Penerapan Metode Menulis Berantai pada Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1(1), 77–92.




DOI: 10.24235/ileal.v6i2.8417

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â