Penerapan Think Pair Share dalam Menulis Teks Deskripsi di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Writing description text is a language skill that students must master. This is in line with the implementation of the 2013 curriculum for seventh-grade junior high school. Based on the 2013 curriculum it is stated that the learning objectives in writing description text by adjusting core competencies and basic competencies. Core competencies are trying, processing, and serving, according to the material being studied. The core competencies are divided into several basic competencies including understanding verbal and written descriptive texts. The results of this study show, (1) The application of Think Pair Share learning models are effectively used in writing description texts in grade VII students. (2) Writing a description text using the Think Pair Share model can increase student activity. The research method used was a quasi-experimental method and the population of VII grade students of SMPN 1 Ciawigebang.
Menulis teks deskripsi merupakan keterampilan bahasa yang harus dikuasai siswa. Hal tersebut sejalan dengan penerapan kurikulum 2013 SMP kelas VII.Berdasarkan Kurikulum 2013 disebutkan, bahwa tujuan pembelajaran dalam kegiatan menulis teks deskripsi dengan menyesuaikan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi inti yaitu mencoba, mengolah dan menyaji, sesuai materi yang dipelajari. Kompetensi inti tersebut terbagi dalam beberapa kompetensi dasar diantaranya yaitu memahami teks deskriptif secara lisan maupun tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share efektif digunakan dalam menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII. (2) Menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Think Pair Share dapat membuat keaktifan siswa meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dan populasinya siswa kelas VII SMPN 1 Ciawigebang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, H. dkk. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris. Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, A. (2014). Keefektifan Model Think Pair Share Dalam Pembelajaran Nilai Moral Pada Kumpulan Dongeng Bawang Merah & Bawang Putih Karya Tira Ikranegara Untuk Siswa Kelas VII SMPN 3 Kaliwungu. IKIP PGRI Semarang.
Azlina, N. A. N. (2010). CETLs Supporting Collaborative Activities Among Students and Teachers Through the Use of Think-Pair-Share Techniques. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, 7(5),18 – 29.
Barkley. (2012). Collaborative Learning Techniques. Bandung: Nusa media.
Dewi, C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(2), 155 – 167.
Dewi, K. S. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri Pematang. Universitas Negeri Medan.
Khairullah, Syambasril, & Wartiningsih, A. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMAS Mujahidin Pontianak Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1 – 11.
Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.
Nurudin. (2010). Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Purwantiningsih, E. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SD Negeri 2 Dlingo Boyolali. Universitas Sebelah Maret Srakarta.
Rukniyati. (2014). Keefektivan Metode Think Pair Share Berorientasi Multikultur Dalam Pembelajaran Membaca Kreatif. Universitas Pendidikan Indonesia.
Semi, M. A. (2007). Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Tarigan, D. (2009). Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Angkasa.
Tembang, Y. (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812 – 817.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardiani, R. & Mulyaningsih, I. (2015). Kemampuan Menulis Deskripsi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nuurusshiddiiq, Cirebon. Indonesian Language Education and Literature, 1(1), 1 – 16.
Wiyanto. A. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.
Zainurrahman. (2013). Menulis Dari Teori Hingga Praktek. Bandung: Alfa Beta.
DOI: 10.24235/ileal.v5i2.6369
Article Metrics
Abstract view : 87 timesPDF - 31 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â