Ekranisasi Novel Hanum & Rangga: Faith & The City
(1) Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(3) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
The ecranization process allows for change. With this change, generally, the audience will compare between the two. Thus, the audience's appreciation and even the novelist of a film often create satisfaction or vice versa. The purpose of this research is to describe and explain the expansion of the novel Hanum & Rangga: Faith & The City into the film Hanum & Rangga: Faith & The City in terms of plot. This type of research used in this research is qualitative with a qualitative descriptive method. From the results of the expansion analysis, it was found 46 shrinkage findings, 30 additional findings, and 43 varied findings. Thus, the theory of ecranization proves that the storyline of a film that departs from the novel will not be the same.
Proses ekranisasi memungkingkan adanya perubahan. Dengan adanya perubahan tersebut, umumnya penonton akan membandingkan antara keduanya. Maka, apresiasi penonton bahkan penulis novel dari sebuah film seringkali menimbulkan kepuasan atau justru sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan ekranisasi novel Hanum & Rangga: Faith & The City ke dalam film Hanum & Rangga: Faith & The City dari segi alur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis ekranisasi ditemukan 46 temuan penciutan, 30 temuan penambahan, dan 43 temuan perubahan bervariasi. Dengan demikian, teori ekranisasi membuktikan bahwa alur cerita sebuah film yang berangkat dari novel tidak akan sama persis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A. (2016). Transformasi Naskah Lakon Macbeth (1603-1607) Karya William Shakespeare Ke Film Throne of Blood atau Kumonosu-Jo (1957) Karya Akira Kurosawa. Journal of Urban Society’s Arts, 3(1), 1–9.
Anam, M. A. A., & Saksono, L. (2017). Kajian Ekranisasi Dongeng Die Goldene Gans Karya Brüder Grimm Dengan Film Die Goldene Gans Karya Carsten Fiebler. Identitaet, 5(1), 1–5.
Ardianti, E. R., & Widayati, S. (2018). Ekranisasi Cerpen Filosofi Kopi Karya Dewi Lestari (DEE) Ke Dalam Film Filosofi Kopi Sutradara Angga Dwimas Sasongko sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Elsa, 16(2), 1–13.
Armiati, Y. (2018). Ekranisasi Novel Assalamualaikum Beijing Ke Dalam Film Assalamualaikum Beijing. Master Bahasa, 6(3), 301–310.
Eneste, P. (1991). Novel dan Film. Nusa Indah.
Ernest, Y. K., & Nurgiyantoro, B. (2018). Kajian Ekranisasi: Dari Novel Pintu Terlarang Ke Film Pintu Terlarang. Diksi, 26(2), 120–127.
Fadilla, S., Juned, S., & Nursyirwan. (2018). Ekranisasi Novel Ke Film Surga Yang Tak Dirindukan 2 Dengan Kajian Interteks. Widyaparwa Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia, 46(2), 220–230.
Faidah, C. N. (2019). Ekranisasi Sastra sebagai Bentuk Apresiasi Sastra Penikmat Alih Wahana. Hasta Wiyata, 2(2), 1–13.
Fajrin, H. (2016). Ekranisasi Novel Ke Film Surga Yang Tak Dirindukan ( Ecranisation of Surga yang Tak Dirindukan Novel to Film ). Sawerigading, 22(1), 73–82.
Inda, N. D. (2016). Adaptasi Novel Ronggeng Dukuh Paruk Ke Dalam Film Sang Penari: Sebuah Kajian Ekranisasi. Aksara, 28(1), 25–38.
Isnaniah, S. (2015). Ketika Cinta Bertasbih Transformasi Novel Ke Film. Kawistara, 5(1), 23–35.
Juidah, I. (2018). Transformasi Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy Menjadi Bentuk Film Cinta Suci Zahrana : Sebuah Kajian Ekranisasi. Bahtera Indonesia, 3(2), 45–53.
Maghfiroh, L., Mariati, S., & Maslikatin, T. (2013). Ekranisasi Cerpen “ Jendela Rara †Ke Film Rumah Tanpa Jendela : Kajian Psikologi Anak Analysis Ecranisation “ Jendela Rara †Short Story To Film Rumah Tanpa Jendela : Child Of Psychology. Publika Budaya, 1(1), 1–10.
Mariati, S. (2011). Perempuan Berkalung Sorban: Kajian Ekranisasi. Semiotika, 12(2), 117–124.
Nur, W., & Ricahyono, S. (2019). Kajian Ekranisasi Novel “ Assalamualaikum Beijing †Karya Asma Nadia dalam Bentuk Film “ Assalamualaikum Beijing †Sutradara Guntur Soeharjanto. Linguista, 3(2), 69–79.
Praharwati, D. W., & Romadhon, S. (2017). Ekranisasi Sastra: Apresiasi Penikmat Sastra Alih Wahana. Buletin Al-Turas, 23(2), 267–286.
Rais, H. S., & Almahendra, R. (2018). Hanum & Rangga : Faith & The City. Gramedia Pustaka Utama.
Rizki D, D. (2017). Proses Adaptasi (Ekranisasi) Novel “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck†Karya Hamka. Layar: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam, 4(1), Abstrak.
Rizki, G., & Kusuma, A. W. (2018). Ekranisasi Novel ke Bentuk Film Dear Nathan Karya Erisca Febriani: Teori Pamusuk Eneste. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra SENABASTRA X, 45–51.
Rosie, F. M. D. (2019). Ekranisasi Novel Air Mata Tuhan Karya Aguk Irawan Mn Ke Dalam Film Air Mata Tuhan Karya Hestu Saputra. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yanti, P. G., Hidayatullah, S., & Khairani, R. (2018). Representasi Ekranisasi Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 01(1), 45–50.
DOI: 10.24235/ileal.v6i1.6123
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â