Penerapan Karakter Sosial dalam Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk Siswa SMP
(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of this study is to describe social character education in Indonesian Junior High School Curriculum 2013. This research is a qualitative descriptive study with data in the form of words, phrases, clauses, sentences, and discourses that contain the planting of social character education in Indonesian textbooks. The results of the study show that one of the attitude values contained in the Indonesian language book for junior high school students in the 2013 Curriculum is social attitudes which include caring and polite attitudes. Caring and polite attitudes are found in textbooks for grades VII, VIII, and IX. The value of social attitudes in Indonesian junior high school students' textbooks is reflected in the introduction to chapters and sub-chapters, materials, discourses, introduction to activities and exercises, exercises, and activities.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter sosial dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan wacana yang memuat penanaman pendidikan karakter sosial dalam buku teks Bahasa Indonesia. Hasil penelitan menunjukkan bahwa salah satu nilai sikap yang terdapat dalam buku Bahasa Indonesia untuk siswa SMP Kurikulum 2013, yaitu sikap sosial yang meliputi sikap peduli dan santun. Sikap peduli dan santun terdapat dalam buku teks kelas VII, VIII, dan IX. Nilai sikap sosial dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia SMP tercermin dalam pengantar bab dan subbab, materi, wacana, pengantar kegiatan dan latihan, latihan, dan kegiatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdilah, R. A. (2015). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMPN 9 Yogyakarta. Jurnal Karakter Pendidikan, V(1), 102-111.
Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru. PAUD LECTURA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 123-133.
Agus, C., Cahyanti, P. A. B., Widodo, B., Yulia, Y., & Rochmiyati, S. (2019). Cultural-Based Education of Tamansiswa as a Locomotive of Indonesian Education System. Springer, Cham: Springer Nature Swezerland. Universities as Living Labs for Sustainable Development, 471-486. https://doi.org/10.1007/978-3-030-15604-6_29
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1-17.
Dalimunthe, R. A. (2015). Strategi dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, V(1), 102-111.
Dewa, P. A. (2018). Ekopedagogi Berbasis Lanskap Budaya Subak: Sumber Belajar Alternatif dalam Menunjang Ekowisata dan Pengelolaan Lingkungan. Seminar Nasional Pendidikan Biologi, (pp. 186-190). Universitas M.D.
Farhatilwardah, Hastuti, D. & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua nan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga & Konseling, 12(2), 114-125. doi:DOI:http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114
Fauzi, A. R. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discover Learning. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.
Hendarman. (2019). Pendidikan Karakter Era Milenial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Himmah, F., Tukidi, & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial di SMP Negeri 1 Karangtengah Demak. Jurnal Sosiohum, 2, 158-163.
Johnson, S. K., Buckingham, M. H., Morris, S. L., Suzuki, S, Weiner, M. B, Hershberg, R. M., & Hunter, C. J. (2016). Adolescents’ character role models: Exploring who young people look up to as examples of how to be a good person. Research in Human Development, 13(2), 126-141.
Maryelliwati, M., Rahmat, W., & Rahmad, H. A. (2020). Peristiwa, Makna dan Pengembangan Kesenian di Padangpanjang sebagai Sebuah Pelestarian. Journal Asian Community Education, 1(1), 28-36.
Milles, M. & Huberman, A. M. (2009). Milles, Matthew dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Milles, M. D. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.
Muhamadi, S. I., & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XVI(1), 95-114.
Muslich, M. (2016). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Normawati. (2015). Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter , V(1), 48-69.
Pasani, C. F., & Lestari. (2017). Karakter Peduli Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas VII SMP Negeri 31 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 137-149.
Pranowo, D. J. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, III(2), 218-230.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14-20.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD, 2(3(2)), 201-214.
Sihombing, R. A., Hutagalung, J. F., & Lukitoyo, P. S. (2021). Pemahaman dan Pembinaan Norma Sopan Santun melalui PPKN pada Anak Sekolah GBI Sukma Medan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 37-55. DOI: 10.24114/jk.v18i1.20869
Roshita. (2015). Upaya Meningkatkan perilaku sopan santun melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 1(2), 29-35.
Rufaidah, D. (2019). Bentuk Penilaian Aspek Pengetahuan dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia SMA Kurikulum 2013. Jurnal Caraka, 5(2), 1-11.
Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Masyarakat Pluralis di Cigugur Kuningan. Jurnal Pendidikan Karakter, IX(2), 179-192.
Shoimin, A. (2014). Guru Berkarakter untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Rochmiyati, S. & Rufaidah, D. (2018). Telaah Teknik dan Bentuk Penilaian dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia SMP Kurikulum 2013. Sosiohumaniora, 4(2), 171-180.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwandi, S. (2019). Pendidikan Literasi: Membangun Budaya Belajar Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan untuk Mewujudkan Marwah Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tabi'in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Journal of Science Teaching, 1(1), 39-59.
Tamansiswa, M. L. (2013). Ki Hadjar Dewantara: Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta. Yogyakarta: UST-Press bekerja sama dengan Majenis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Tresnani, L. D. (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Pembiasaan di SMP Negeri 6 Pekalongan. Jurnal AL-HIKMAH, 2(2), 108-117.
DOI: 10.24235/ileal.v7i1.5464
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â