Keterbacaan Wacana Buku Teks BIPA "Sahabatku Indonesia" Tingkat Madya
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Belum banyak dilakukan kajian keterbacaan terhadap buku teks Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterbacaan wacana buku teks BIPA Sahabatku Indonesia tingkat B1 dan B2 melalui fog index. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi terhadap wacana-wacana yang terdapat dalam buku teks BIPA Sahabatku Indonesia terbitan Kemendikbud tahun 2016. Sampel penelitian ini adalah wacana-wacana yang digunakan sebagai bahan ajar keterampilan membaca dan sesuai dengan kriteria fog index, yakni delapan wacana pada buku teks tingkat B1 dan sebelas wacana pada buku teks tingkat B2. Data dianalisis dengan teknik pengukuran melalui formula fog index yang dikembangkan oleh Gunning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan fog index, buku teks tingkat B1 memiliki skor rerata 2,98 dengan kriteria sangat mudah, sedangkan buku teks tingkat B2 memiliki skor rerata 4,02 dengan kriteria mudah. Dengan demikian, sebagai representasi buku teks BIPA yang ada, buku Sahabatku Indonesia tingkat madya, baik tingkat B1 maupun B2 menunjukkan kriteria kurang ideal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Broughton, G., Brumfit, C., Flavell, R., Hill, P., & Pincas, A. (1978). Teaching English as a Foreign Language (Second Edi). Routledge Education Books.
DuBay, W. H. (2004). The Principles of Readability. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/228965813
F, F. G., Saddhono, K., & Sulistyo, E. T. (2017). Fog Index on Textbooks of Indonesian Subject for Class X of Senior High School in Standard Based Curriculum (SBC) and Curriculum 2013 (A Study of Legibility and Feasibility Textbooks). Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture, 511–522. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/icalc/article/view/16172/13010
Hidayati, P. P., Ahmad, A., & Inggriyani, F. (2018). Penggunaan Formula Grafik Fry untuk Menganalisis Keterbacaan Wacana Mahasiswa PGSD. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 116–124. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11496
Jazeri, M., & Maulida, S. Z. (2018). Hambatan dan Harapan Pemartabatan Bahasa Indonesia. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 52–61. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.2493
Kusmiatun, A. (2016). Topik Pilihan Mahasiswa Tiongkok dalam Pembelajaran BIPA Program Transfer Kredit di UNY. Litera: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 15(1), 138–146.
Ma’arif, M. S. (2015). Perbandingan Kualitas Buku Teks Bahasa Arab Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 209–234. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1187
Maryansyah, Y. (2016). An Analysis on Readability of English Reading Text for Grade IX Students at MTsN 2 Kota Bengkulu. Premise: Journal of English Education, 5(1), 69–88. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/english/article/view/416
Muliastuti, L. (2017). Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Acuan Teori dan Pendekatan Pengajaran. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Mulyadi. (2015). Tingkat Keterbacaan Reading Materials dalam Mata Kuliah Telaah Teks Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan, 12(1), 121–141. Retrieved from http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/nuansa/article/view/700/638
Nafi’, A. A. (2016). Bahasa Indonesia Bahasa Resmi ASEAN. Retrieved May 2, 2019, from http://www.tribunnews.com/tribunners/2016/05/23/bahasa-indonesia-bahasa-resmi-asean
Nisja, I. (2018). Kesesuaian Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas X dengan Kurikulum 2013. Jurnal Gramatika, 4(1), 162–172. https://doi.org/10.22202/JG.2018.V4i1.734
Putra, R. M. S. (2013). Fog Index dan Keterbacaan Berita Utama (Headline) Suara Merdeka 03 Mei 2013. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 41–48. Retrieved from http://ojs.uajy.ac.id/index.php/jik/article/view/152/234
Richards, J. C., & Schmidt, R. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics (Fourth Edi). Great Britain: Pearson Education Limited.
Saputro, E. P., & Arikunto, S. (2018). Keefektifan Manajemen Program Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 123–138. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/8066
Sitepu, B. P. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suladi, Astuti, W. D., & Biskoyo, K. (2000). Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa.
Wahyuningtias, H. (2017). Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Jepang Tingkat Dasar “Minna No Nihongo†(Studi Evaluasi di Universitas Darma Persada). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.11812
Zuraya, N. (2017). Pemerintah Merancang Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional. Retrieved May 2, 2019, from https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/04/05/ony3q1383-pemerintah-sedang-menjadikan-bahasa-indonesia-sebagai-bahasa-internasional
DOI: 10.24235/ileal.v6i1.5448
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â