Karakter Tokoh Utama Novel Kinanti Karya Margareth Widhy Pratiwi
(1) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
The Kinanti novel will be reviewed using literature on psychology. This study aims to describe and explain the main character and personality based on Sigmund Freud's psychoanalytic theory and its relevance to the learning of literature in Higher Education. This research is a qualitative descriptive study. The data collected is in the form of words, sentences, and dialogues between the groups contained in the novel Kinanti data source by Margaret Widhy Pratiwi. Data collection techniques used in this study were referring note-taking, and interview techniques. The data validity used is data triangulation. The data analysis technique used is to trace the personality of the main character. Kinanti as the main character has three characters, namely: selfhood, inner attitude, and looking for a true teacher. The Kinanti novel can portray the character of an independent and socially caring Javanese society.
Novel Kinanti akan diulas menggunakan kajian psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan tokoh utama serta kepribadiannya berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, kalimat, dan dialog antartokoh yang terdapat dalam sumber data novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak, catat, dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu menelusuri kepribadian tokoh utama. Kinanti sebagai tokoh utama memiliki tiga karakter, yakni: kedirian, sikap batin, dan mencari guru sejati. Novel Kinanti dapat mengambarkan karakter masyarakat Jawa yang mandiri dan peduli sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, A. & Setiana, L. N. (2016). Karakter Tokoh dalam Novel Langit Mekah Berkabut Merah Karya Geidurrahman Al-Mishry Berbasis Nilai-Nilai Karakter Religius dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Madrasah Aliyah. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(1), 78-83.
Endraswara, S. (2003). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Endraswara, S. (2015). Etnologi Jawa. Yogyakarta: CAPS.
Hermawan, A. (2015). Unsur Intrinsik Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata Sebagai Alternatif Bahan Ajar Membaca di SMP. Riksa Bahasa 1(2), 146-152.
Minderop, A. (2011). Psikologi Sastra Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Moleong, J. L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratiwi, M. W. (2015). Kinanthi. Yogyakarta: Azzagrafika.
Ratna, N. K. (2012). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, S. (1990). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali.
Wellek, R. & Warren, D. (1990). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
DOI: 10.24235/ileal.v4i2.2602
Article Metrics
Abstract view : 662 timesPDF - 455 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â