Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan

Ida Zulaeha(1*), Hasnah Setiani(2), Suratno Suratno(3),


(1) Universitas Negeri Semarang, Semarang
(2) SMK Teuku Umar Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang, Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas produk pembelajaran Bahasa Indonesia berdiferensiasi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan metode kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Desain Komunikasi Visual 1 di SMK Negeri 11 Semarang, kelas X Boga 2 di SMK Negeri 6 Semarang, dan kelas X Akuntansi 3 di SMK Negeri 9 Semarang. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dan teknik penskoran ratting scale. Hasil penelitian ini adalah produk pembelajaran Bahasa Indonesia berdiferensiasi telah dilaksanakan untuk semua kondisi ideal dengan perolehan skor rata-rata 67%. Produk pembelajaran Bahasa Indonesia memenuhi indikator ketercapaian (1) kompetensi pengetahuan, (2) kompetensi keterampilan, (3) hasil Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), dan (4) kompetensi yang dibutuhkan menghadapi era digital.

Differentiated Indonesian Language Learning In the Independent Curriculum in Vocational High Schools

This study aims to evaluate the quality of differentiated Indonesian language learning products in Vocational High Schools (SMK). This study uses an evaluative approach with descriptive quantitative and qualitative methods. The subjects of this study were students of class X Visual Communication Design 1 at SMK Negeri 11 Semarang, class X Culinary 2 at SMK Negeri 6 Semarang, and class X Accounting 3 at SMK Negeri 9 Semarang. Data collection through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used the Miles and Huberman interactive model and the rating scale scoring technique. The results of this study are that differentiated Indonesian language learning products have been implemented for all ideal conditions with an average score of 67%. Indonesian language learning products meet the achievement indicators (1) knowledge competencies, (2) skills competencies, (3) results of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5), and (4) competencies needed to face the digital era.


Keywords


differentiate; independent curriculum; Indonesian; learning products

Full Text:

PDF

References


Alda, A., Hendriana, C. E., & Susanto, H. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Puisi pada Siswa di Kelas IV SDN 25 Singkawang. Scholarly Journal of Elementary School, 4(2), 128–137. https://doi.org/10.21137/sjes.2024.4.2.4

Ambarita, J., & Simanulang, S. P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Indramayu. CV Adanu Abimata.

Aulia, M., Misnawati, M., Apritha, A., Setyoningsih, R. A., Handayani, P., & Saptaniarsih, W. (2023). Pelajar Pancasila pada Abad Ke-21 di SMAN 1 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 134–151. https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i1.633

Azimah, I., & Sujannah, W. D. (2024). The Effect of Differentiated Learning on EFL Students’ Reading Skills. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 937–946. https://doi.org/10.58230/27454312.473

Cahyono, B. E. H., Saputro, A. N., & Hadi, P. K. (2024). Model Sinektik Multiliterasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Indonesian Language Education and Literature, 9(2), 432–445. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i2.15455

Fatmawati, F., Hardiyanti, H., & Muktamar, A. (2023). Implementation of Differentiated Learning in Indonesian Language Courses: Realizing Freedom of Learning. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 2(4), 44–54. https://doi.org/10.51574/ijrer.v2i4.935

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Febriani, M., Neina, Q. A., & Wagiran, W. (2024). Evaluasi Blended Learning pada Mata Kuliah Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product. Indonesian Language Education and Literature, 9(2), 268–283. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i2.13592

Handayani, R., Zulaeha, I., & Ahmadi, F. (2022). Multicultural Values in a Multiethnic Environment Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(1), 97–106.

Hanifah, D. N. R., Saputri, N. D., Yulisetiani, S., & Suwandi, S. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Tiga Bahasa Bina Widya Surakarta: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1305–1319. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3457

Hanum, F., Harahap, N. J., Rohayani, E., & Hasibuan, M. N. S. (2020). Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi di Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Globalisasi. Journal Education and Development, 8(3), 33–36. https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1869

Hastiri, H., Wardarita, R., Fitriani, Y., & Rukiyah, S. (2022). Kontribusi Profil Pelajar Pancasila terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 1(1), 91–101. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/ article/view/311

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 3(2), 84–94. https://doi.org/10.47400/jiees.v3i2.47

Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629–646. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2523

Julianto, A. & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 175–184. https://doi.org/10.69775/jpia.v1i2.28

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan. Jakarta. https://repositori.kemdikbud.go.id/24921/

Kemendikbudristek. (2022). Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbudriset) (Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah). Jakarta. https://repositori.kemdikbud.go.id/24921/

Kemendikbudristek. (2024). Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (Nomor 32 Tahun 2024, tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Jakarta. https://guru.kemdikbud.go.id/dokumen/74r6Yln0zK?parentCategory=Implementasi%20Kurikulum%20Merdeka

Mardiana, D., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2021). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–18. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2519

Martanti, F., Widodo, J., Rusdarti, R., & Priyanto, A. S. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 5(1), 412–417. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1504

Mayasari, M. (2021). Laporan dan Evaluasi Penelitian. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.24

Ni’mah, P. S., Prayito, M., Sulianto, J. & Darsino, D. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Strategi Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas IV SDN Plamongansari 02. Journal on Education, 6(1), 4383–4390. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3579

Noviana, K., & Kurniawan, P. Y. & Ghufroni, G. (2024). Pengaruh Media Buku Pop Up terhadap Keterampilan Menulis Puisi sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. ESTUDIAR: Jurnal penelitian Multidisiplin Mahasiswa, 1(1). 300–309. http://pubmas.umus.ac.id/index.php/estudiar/ article/view/536

Novianti, B. A., Widiana, I. W., & Ratnaya, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(2), 233–243. https://doi.org/10.29408/edc.v18i2.19738

Nurohmawati, I. (2017). Karakteristik Puisi Siswa SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (3), 329–347. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pbsi/article/view/8037

Patiung, D. (2017). Peran Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendekatan Komunikatif di SMA Negeri 1 Sesean Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(1), 110–127. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4921

Prasetyani, H., Kurniawati, K., & Purnamasari, D. (2024). Literature Review: Keterkaitan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual dengan Kebutuhan Dunia Kerja. Journal of Language and Literature Education, 1(2), 75–78. https://doi.org/10.59407/jolale.v1i2.784

Pratycia, A., Putra, D. A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Rifkia, N. F., Kusumaningtyas, A. M., & Putriyanti, L. (2023). Peran Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Digital. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 3(1), 131–138. https://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/4346

Setiani, H., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Kata Tugas pada Artikel Opini “Melestarikan Budaya, Memandirikan Warga†oleh Musonif Fadli dalam Surat Kabar Jawa Pos. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 103–119. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.104

Setiani, H., Zulaeha, I., & Naryatmojo, D. L. (2024). Quality of Differentiated Indonesian Language Learning Process at Vocational High Schools in the Digital Era. 13(1), 127–139. http://103.23.102.168/journals/seloka/article/view/7185

Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 162–171. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2941

Soselisa, M., Duha, A., Sopacua, S., & Rumahuru, Y. Z. (2024). Peran Orang Tua dalam Mengatasi Anak Putus Sekolah di Fakal Kabupaten Buru Selatan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 7(3), 9442–9450. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31268

Sudarsana, I. K., Mulyaningsih, I., Kurniasih, N., Wulandari, Y. O., Ramon, H., Satria, E., Saddhono, K., Nasution, F., & Abdullah, D. (2019). Integrating technology and media in learning process. Journal of Physics: Conference Series, 1(1363), 012060.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.62114

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.36418/jist.v4i1.564

Suryaningsih, M. R., & Desstya, A. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 12–26. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.10961

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Warsita, B. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran sebagai Pengendalian Kualitas Evaluation of Instructional Media as a Quality Control. Jurnal Teknodik, 17(4), 438–447. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581

Widhiyanto, R., Zulaeha, I., & Wagiran, W. (2024). Analisis Kebutuhan Modul Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Berwawasan Kebinekaan Global. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 151–162. https://doi.org/10.30872/diglosia.v7i1.918

Yulianti, E. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menulis Teks Eksposisi dengan Pendekatan Berbasis Teks. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.47239/jgdd.v5i2.580

Yulina, S. N. A. M. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Literasi dengan Kompetensi Inti Pengetahuan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 1(2), 1–18. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14708

Zulaeha, I., Suratno, S., & Habibi, A. F. (2023). Adaptasi Industri Keterampilan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Berbasis Digital. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 1222–1229. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2370




DOI: 10.24235/ileal.v10i1.18215

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â