Sejarah dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Jawa Karya Mbah Wastari
(1) Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejarah dan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah Jawa karya Mbah Wastari. Naskah ini memunculkan pertanyaan tentang keabsahan informasi yang terkandung di dalamnya, khususnya terkait sejarah Desa Ujungnegoro dan Syekh Maulana Maghribi Ujungnegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan filologis, dengan teknik pengumpulan data melalui inventarisasi, deskripsi, suntingan, terjemah, dan pemaknaan teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beragam informasi dalam naskah Mbah Wastari, termasuk legenda-legenda tentang Ujungnegoro dan Gua Aswatama, serta nilai-nilai pendidikan karakter yang menekankan hubungan manusia dengan Tuhan, sesamanya, diri sendiri, dan lingkungannya. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya memahami dan mengapresiasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam naskah tradisional untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan pemahaman akan sejarah lokal dan warisan budaya.
History and Values of Character Education in Javanese Manuscripts by Mbah Wastari
This study aims to investigate the history and values of character education contained in the Javanese manuscript by Mbah Wastari. This manuscript raises questions about the validity of the information contained therein, especially regarding the history of Ujungnegoro Village and Syekh Maulana Maghribi Ujungnegoro. The research method used is qualitative descriptive and philological research, with data collection techniques through inventory, description, editing, translation, and interpretation of the text. The results of the study indicate that there is a variety of information in Mbah Wastari's manuscript, including legends about Ujungnegoro and the Aswatama Cave, as well as character education values that emphasize the relationship between humans and God, others, themselves, and their environment. The implications of this study are the importance of understanding and appreciating the values of character education in traditional manuscripts to be applied in everyday life and to increase understanding of local history and cultural heritage.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2019). Character Values Represented in Tembang Sunda Cianjuran. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.3590
Andriwinata, M., Rafli, Z., & Anoegrajekti, N. (2023). Nilai Religius Pada Cerita Rakyat Buaya Mangap (The Values of Religious in The Folklore of Buaya Mangap). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 259–275. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11245
Astuti, H. P., & Wuryandani, W. (2017). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Pegangan Guru dan Siswa Kelas IV Semester 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 226–239. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.17378
Aurellita, M. R., Djumiarti, T., & Lituhayu, D. (2021). Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata dalam Kawasan Konservasi Taman Pesisir Pantai Ujungnegoro Batant. Angewandte Chemie International Edition, 12(1), 1-13.
Aziz, A. T. (2014). Masalah Pengadaan Tanah untuk Pembangunan PLTU di Batang. Bhumi Jurnal Ilmiah Pertanahan PPPM-STPN, 40(13), 601–620.
Azwan, M., & Andriyani, N. (2023). Etnoekologi dalam Dongeng Masyarakat Desa Pebenaan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Deiksis, 15(1), 74. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i1.13387
Budiyanto, A. (2019). Dampu Awang Legends and Its Contemporary Perception of Indonesian (Javanese) Muslim Against Chinese. Journal of Integrative International Relations, 4, 49–71. https://doi.org/10.5281/zenodo.4902119
Deliana, D. (2024). Memperkuat Identitas Lokal dalam Globalisasi Melalui Pariwisata dan Pelestarian Budaya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1561–1573. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10675
Ernawati, E., & Kanzunnudin, M. (2023). Analisis Cerita Lisan Asal–usul Nyai Ageng Ngerang dan kaitannya dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 2(2), 311–317. https://doi.org/10.56799/peshum.v2i2.1185
Fadhilah, N. (2020). Jejak Peradaban dan Hukum Islam Masa Kerajaan Demak. Almawarid; Jurnal Syariáh & Hukum, 2(1), 1–30. https://doi.org/10.1016/0378-3812(89)80348-6
Fatoni, A. S. (2021). Pernik-Pernik Metode dan Pendekatan dalam Penelitian Filologi. Jurnal Mahasantri, 2(1), 346–367.
Fauyan, M. (2019). The Shifting of Religiosity in the Area Affected by Steam Powered Electric Generator Batang Project. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 27(1), 149–178. https://doi.org/10.21580/ws.27.1.3806
Fauyan, M., & Wati, K. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pola Pendekatan Pembelajaran Tematik Integralistik. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 57–74. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2862
Fauzan, M. (2015). Selubung Historiografi Syekh Maulana Maghribi Wonobodro. Jurnal Penelitian, 12(2), 261–281. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.653
Febrianti, B. K. (2021). Nilai-Nilai Multikultural dalam Antologi Cerita Rakyat Singkawang. Tuah Talino Balai Bahasa Kalimantan Barat, 15(1), 14–30.
Fian, K., & Muhdi, A. (2022). Pendekatan Filologi Edwar Djamaris dan Charles J. Adams dalam Kajian Islam Penuh Rahmat. Tafáqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 10(2), 269–286. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v10i2.1125
Fikri, M. (2019). Folk Stories Silancang and Dampo Awang. Kibas Cendrawasih, 16(1), 80–96.
Gusti, A. Y. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis Gusti Yasser Arafat UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadrah, 17(33), 32–48.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Haris, A. (2017). Pendidikaan Karakter dalam Perspektif Islam. Almunawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 64–82. https://doi.org/13
Herawati, L., Kusuma, D., & Nuryanto, T. (2018). Structural Analysis on Script of Drama Raja Galau (Analisis Struktural Naskah Drama Raja Galau). Indonesian Language Education and Literature, 3(2), 171-180. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i2.2175
Hermawan, I. (2020). Konsep Nilai Karakter Islami sebagai Pembentuk Peradaban Manusia. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 2000–2220. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i2.24
Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia sebagai Makhluk Sosial Pertemuan. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis dan Filologi, 1(1), 38–47.
Indriani, N., Nala, I. W. L., Uhai, S., Adha, A. A., & Sinaga, F. (2022). Warisan Budaya Tradisi Lisan di Era Modernisasi Sebagai Potensi Wisata di Desa Kedang Ipil Kabupaten Kutai Kartanegara. Sebatik, 26(2), 866–872. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2010
Iriany, I. S. (2014). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Revitalisasi Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Uniga, 8(1), 54–85.
Irma, C. N. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 14–22. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888
Jayanti, I. D., Siregar, I., & Ramli, S. (2022). Peran Raden Patah dalam Menyebarkan Agama Islam di Demak Pada Tahun 1478-1518. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 1(3), 92–106. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i3.18132
Kamaruddin, I., Zulham, Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial dan Moral Siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v5i3.853
Kanzunnudin, M. (2023). Nilai Karakter Cerita Legenda Desa Bandungharjo Jepara (Representation of Character Values on the Legend Story of Bandungharjo Village, Jepara). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 376–389. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11310
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Kholil, M. (2024). Khalifah dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Kajian Ayat Ekologis Persfektif Mufasir Indonesia). Graduasi: Jurnal Mahasiswa, 1(1), 71–79.
Maghfiroh, D. P., & Muzakka, M. (2023). Naẓam Arjã: Suntingan Teks Disertai Kajian Intertekstual dengan Naskah Mi’raj. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 18(2), 32–44. https://doi.org/10.14710/nusa.18.2.32-44
Martha, N. U., Wijayawati, D., Krisnawati, V., & Nugroho, B. A. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Bermuatan Kearifan Lokal dan Pendidikan Karakter. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 68–83. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19554
Maulana, N. T., Suryanto, E., & Andayani. (2018). Analisis Struktural dan Nilai Pendidikan Cerita Rakyat serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP. Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 139–149. https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2424
Maziyah, S., & Amaruli, R. J. (2020). Walisanga: Asal, Wilayah dan Budaya Dakwahnya di Jawa. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 3(2), 232–239.
Mirantin, A. (2018). Analisis Makna Heuristik dan Hermeunitik Teks Puisi dalam Buku Syair-Syair Cinta Karya Khalil Gibran. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 7(1), 29–37.
Muaidi, M. A. (2024). Fungsi Manusia di Bumi Sebagai Hamba Allah yang Menjaga dan Memelihara Alam Semesta. Al-Tatwir, 11(1), 51–68.
Mulyadin, M., & Jaedun, A. (2018). Infusing Local Tradition Values into School Culture: How Indonesian Islamic School Set Up Character Education? Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 26(2), 495. https://doi.org/10.21580/ws.26.2.2908
Mustoip, S., Japar, M., & MS, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Publishing.
Nasrullah, A. R. K. A. (2018). Substansi dan Metodologi Filologi dalam Naskah Kumpulan Mantera. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 9(2), 281–329.
Nurfalah, Y. (2016). Urgensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(1), 170–187. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i1.264
Nuruddaroini, M. A. S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Surah Al-Fatihah. Kaca (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 8(2), 132–154. https://doi.org/10.36781/kaca.v8i2.3013
Putri, Z. & Hudaidah. (2021). Sejarah Kesultanan Demak: dari Raden Fatah Sampai Arya Penangsang. Tamaddun, 9(1), 186–196. http://dx.doi.org/10.24235/tamaddun.v9i1.8082
Rediati, A. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Cara Menulis Teks Penjelasan Bermuatan Nilai Budaya Lokal untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–7.
Riadi, A. (2016). Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(26), 1–10.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam Menjaga Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113
Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan Kesehatan Sekolah sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2), 141–147.
Setia, P. (2021). Perubahan Perilaku Keberagamaan Masyarakat Perdesaan Pasca Pembangunan PLTA Cisokan di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Studi Agama, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.19109/jsa.v5i1.7894
Setyawan, A., Suwandi, S., & Slamet, S. Y. (2017). Character Education Values in Pacitan Folklore. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 18(1), 90–106. https://doi.org/10.24036/komposisi.v18i1.7727
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sumarno. (2020). Analisis Isi dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Jurnal Elsa, 18(2), 36–55. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i2.299
Sunyoto, A. (2022). Atlas Wali Songo, Cetakan XV. Bandung: Mizan Media Utama.
Susmihara. (2018). Pendidikan Islam Masa Kerajaan Islam di Nusantara. Jurnal Rihlah, 06(01), 13–32.
Suwarna, D. (2022). Ambiguitas sebagai Persoalan Bahasa dan Tanda Baca. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 28(1), 618–623. https://doi.org/10.33751/wahana.v28i1.5222
Sya’roni, M., Arafat, Ah. T., Rikza, M., Zuhri, M. K., Kharomen, A. I., Malik, A., Makmun, M., & Khamdun, I. (2022). The Living Walisongo: Historisitas, Kontekstualitas, dan Spiritualitas. Semarang: Southeast Asian Publishing
Syarifah, M. (2019). Hikayat Damarwulan: Suntingan Teks Disertai Analisis Sastra Bandingan. Nuansa Indonesia, 21(2), 242–258.
Turahmat, T. (2022). Nilai Religius dalam Naskah Drama “Sumur Tanpa Dasar†Karya Arifin C. Noer . Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 370-387. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10393
Wibowo, A. M. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Kota Madiun. Jurnal Agastya, 6(1), 46–57. https://doi.org/10.25273/ajsp.v6i01.880.
Wijayanti. (2018). Aktualisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. An-Nisa, 11(1), 83–92.
Yuliatin, Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Buku Ajar Pendamping Berbasis Budaya Lokal Tradisi Manganan untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 8897–8908.
DOI: 10.24235/ileal.v10i1.17122
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â