Expressing Emotions in Activity Write a Poetry: an Investigation of Literacy Abilities (Ekspresi Emosi pada Aktivitas Menulis Puisi: Sebuah Investigasi Kemampuan Literasi)
(1) Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(2) Universitas Islam Sultan Agung Semarang
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berupaya menawarkan dan menyajikan pembelajaran bahasa Indonesia yang menarik melalui pengungkapan emosi dalam kegiatan menulis puisi sebagai upaya meningkatkan kemampuan literasi berdasarkan pengalaman belajar bahasa siswa sekolah dasar di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Penelitian ini mengambil sampel sekolah dasar di Jakarta, Bekasi dan Cirebon dengan jumlah sampel sebanyak 107 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan observasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 68,52 dan kelas kontrol sebesar 53,70. Hal ini menunjukkan bahwa pembiasaan literasi melalui ekspresi emosi membaca puisi cocok untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa siswa, sehingga pembiasaan literasi dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan literasi bahasa siswa.
This research seeks to offer and present interesting Indonesian language learning through conveying emotions in writing poetry activities as an effort to improve literacy skills based on the language learning experiences of elementary school students in Indonesia. This type of research is quasi-experimental (Quasi Experimental). This research took samples from elementary schools in Jakarta, Bekasi and Cirebon with a total sample of 107 respondents. The data collection techniques used in this research were questionnaires, tests and observations. The research results showed that the average learning outcome for experimental class students was 68.52 and that of the control class was 53.70. This shows that literacy habituation through the emotional expression of reading poetry is suitable for improving students' language literacy skills, so that literacy habituation can be an alternative for teachers to improve students' language literacy skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, M. F. F., & Syaifullah, S. (2023). Investigasi Kebutuhan Pelajar English as a Foreign Language (EFL) dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan, 11(1), 10–20. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i1.3046
Abidin, Y., & Mulyati, T. H. Y. (2018). Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Bumi Aksara.
Anggawirya, A., & Floriani, R. (2023). Peningkatan Kompentensi Menulis Karya Sastra Cerita Bergambar Berbasis Literasi Finansial di Kabupaten Merauke. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 999–1006. https://doi.org/10.54082/jamsi.796
Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas IV A SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 2(2), 62–70. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/2147/1964
Aswan, & Amiruddin, M. Z. Bin. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pendidikan Karakter untuk Anak Pekerja Migran Indonesia di Sabah Malaysia. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 185–194. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v5i2
Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis pada Siswa SMP Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778
Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. SAGE Open.
Ernawati, E., Ghani, A. R. A., Trisnawati, R. D., & Malik, Z. A. (2023). Teacher’s Understanding of Minimum Competence Assessment and Its Impact on Assessment Conducted in Class. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 12(1), 86–92.
Indah, M. (2020). Learning To Write Poetry to Grow Student Character Education Through. Literasi Nusantara, 1(1), 61–72. http://journal.citradharma.org/index.php/literasinusantara/article/view/9%0Ahttp://journal.citradharma.org/index.php/literasinusantara/article/download/9/7
Kartika, Y. (2021). Pembelajaran Membaca Puisi dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Tsanawiyah Learning. JGI: Jurnal Guru Indonesia, 1(2), 70–74. https://doi.org/10.51817/jgi.v1i2.111
Latham, G., & Ewing, R. (2017). Conversation Around the Re-Imagined Learning Environment. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-60519-7_7
Mahdiyah, N. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikanagama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Ma’arifbatu. UIN Mualana Malik Ibrahim Malang.
Maruti, E. S. (2022). Ketahanan Literasi Anak-Anak di Masa Pandemi melalui Aplikasi Let’s Read. Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 247–260. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.9298
Misbahillah, A. K. N., Meylinda, L., Noris, S., & Octafia, Y. (2023). Meningkatkan Nilai Spiritual Siswa melalui Interpretasi Puisi pada Siswa SMP SAQUIN. ACITYA BHAKTI, 3(1), 65–76.
Mohd-Asraf, R., Abdullah, H., & Mat Zamin, A. A. (2016). Literacy among Malaysian primary schoolers: How do boys perform relative to girls? International Electronic Journal of Elementary Education, 9(1), 225–238.
Nisak, H. (2023). Transformation of Leadership Management by Building a Culture of Literacy in Increasing The Interest of Reading In Students. Proceeding of International Conference on Education, Society and Humanity, 1(1), 440–445.
Noveliana, J., & Ghani, A. R. (2022). Literasi Membaca dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 469–475. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.50750
OECD. (2020). Using Student Assessment To Appraise Teachers: Percentage Of Students In Schools Whose Principals Report That Student Assessment Results Are Used To Appraise Teachers. In Findings from PISA OECD. OECD Publishing.
Oktaviana, E., Yudha, C., & Ulfa, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Menggunakan Metode Picture and Picture di Kelas IV. Prosiding Sinamu, 1, 1–10. http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2126.g1306
Praheto, B. E., Andini, D. W., Susetyo, A. E., & Saputri, N. D. (2021). Pelatihan Menulis Puisi Untuk Anak-Anak di Dusun Sarekan Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2021, 312–316.
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4), 450–461. https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461
Razanah, M., & Solihati, N. (2022). Pentingnya Pembelajaran Menulis Puisi di Sekolah di Era Society 5.0. Jurnal LITERASI, 6(2), 244–250.
Rustandi, A. (2019). Pembelajaran Menulis Puisi Anak Berorientasi Karakter dengan Menggunakan Model Multisensori pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (SD) Negeri Rahayu 01 Kabupaten Bandung. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 9(1), 31–37. https://doi.org/10.23969/literasi.v9i1.1774
Şener, N., Türk, C., & Taş, E. (2015). Improving Science Attitude and Creative Thinking through Science Education Project: A Design, Implementation and Assessment. Journal of Education and Training Studies, 3(4), 57–67. https://doi.org/10.11114/jets.v3i4.771
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2019). Puisi Berbasis Hasil Karya Gambar: Upaya Penguatan Literasi Siswa SD Kelas Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 50–60. https://doi.org/10.33366/ilg.v2i1.1559
Setyarum, A., & Kustriyono, E. (2020). Menumbuhkan Gerakan Literasi Mahasiswa (GLM) dengan Metode Batik (Baca, Tulis, Karya) di Universitas Pekalongan. Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 2(1), 1–11. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1051
Sholikhah, U. A., Markhamah, M., Rahmawati, L. E., & Fauziati, E. (2023). Habituasi Literasi Baca Tulis Siswa di Sekolah Dasar. Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 245–258. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.11052
Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799
Siregar, R. S. (2022). Peningkatan Literasi Numerik Melalui Model Group Investigation pada Siswa Kelas V SD. Jpms, 8(2), 515–520. https://doi.org/10.36987/jpms.v8i2.3485
Sophia, G., Rustanti, H. D., & Arti, H. S. (2023). Pembelajaran Menulis Puisi sebagai Media Pengembangan Kreativitas Siswa di SMAN 1 Kersana Brebes. Bestari: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya, 1(2), 126–138.
Sukron. (2022). Majas dalam Puisi Senja di Pelabuhan Kecil Karya Chairil Anwar. JGI: Jurnal Guru Indonesia, 2(2), 69–81. https://doi.org/10.51817/jgi.v2i2.305
Sulasmono, B. S., & Dwikurnaningsih, Y. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Adaptif, Kooperatif, Aktif dan Reflektif (Pakar). Satya Widya, 28(1), 93–110. https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i1.p93-110
Suwandi, S. (2019). Mengadvokasi Siswa Menghasilkan “Karya Buku†Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra (Konnas Basastra) V, 1–10. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/knbs/article/view/12893
Triwidayati, K. R., & Utami, T. S. D. (2020). Kemampuan Penerapan Struktur Esai pada Tulisan Mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 237–251. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i2.5101
Ulfa, M. (2021). Peningkatan Literasi Menulis Puisi Melaui Metode Contextual Teaching and Learning. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021) Peningkatan, 284–293. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/download/205/171
Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan Ajar Bahasa Indonesia Ranah Sosial Budaya bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Sasindo, 2(1), 1–14.
USAID. (2021). USAID Education Strategy Progress Report 2018-2021.
Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Yantama, S. P., R, S., & Afnita. (2013). Penerapan Pembelajaran Berbasih Masalah dalam Pembelajaran Teks Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(3), 104–114.
Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Creative Thinking Skills of Students Through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a
DOI: 10.24235/ileal.v9i1.13631
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â