Foreign Students’ Difficulties in Understanding Indonesian Reading Text (Kesulitan Mahasiswa Asing dalam Memahami Teks Bacaan Bahasa Indonesia)

Nida Mufidah(1*), Nor Latifah(2), Fathchul Mu'in(3),


(1) Antasari State Islamic University
(2) Antasari State Islamic University
(3) Lambung Mangkurat University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa asing dalam memahami teks bacaan pada program pengajaran bahasa Indonesia untuk mahasiswa asing (BIPA) UIN Antasari Banjarmasin. Subyek penelitian adalah 14 mahasiswa yang berasal dari Sarawak, Malaysia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi selama kegiatan di Program BIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menemukan kesulitan dalam memahami teks bahasa Indonesia karena kurangnya pengetahuan tentang topik pelajaran, kurangnya kosa kata, dan masalah dalam mengolah informasi setelah membaca dan penggunaan strategi membaca yang tidak memadai dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini, isi mata pelajaran BIPA bahasa Indonesia perlu diperluas secara terus-menerus dalam pengembangan kurikulum BIPA berdasarkan kesulitan siswa dan budaya lokal.

This research aims to determine the difficulties of foreign students in understanding reading texts in the Indonesian language teaching program for foreign students (BIPA) at UIN Antasari Banjarmasin. The research subjects were 14 students from Sarawak, Malaysia. The data collection techniques used were tests, observations, interviews and documentation during activities in the BIPA Program. The research results show that students find difficulties in understanding Indonesian texts due to lack of knowledge about lesson topics, lack of vocabulary, and problems in processing information after reading and inadequate use of reading strategies in the learning process. The implication of this research is that the content of BIPA Indonesian subjects needs to be continuously expanded in the development of the BIPA curriculum based on student difficulties and local culture.


Keywords


BIPA teaching materials; BIPA curriculum; reading text

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Qualitative Research Methods. Jakarta: Rajawali Pers.

Agustiana, M., Mayrita, H., & Muchti, A. (2018). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(1), 26–35. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i01.203

Arifin, & Tasai. (2004). Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Akademia Press Indi.

Arono, A., Yunita, W., & Kurniawan, I. (2021). Kemampuan Mengajar Pengajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dalam Pelatihan Tingkat Dasar se-Kota Bengkulu melalui Model Induktif Partisipatif. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(1), 107–121. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1248

Azharin, B. P. (2021). Strategi Pembelajaran Efektif BIPA. Jourmal Fascho : Jurnal Penelitian dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31.

Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 36–51. https://doi.org/10.24235/ileal.v4i1.3012

Defina, Rasyid, Y., & Ridwan, S. (2019). Assessment of Students on BIPA Teaching Materials Special Materials of Agriculture. Litera, 18(1), 150–163.

Fatimah, S., & Rahmawati, Z. N. (2022). Rekognisi Aspek-Aspek Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). SINDA, 2(3), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.28926/sinda.v2 .i3.658

Handayani, L., & Isnaniah, S. (2020). Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Sahabatku Indonesia dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 25–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/j.8.1.25-35

Hasanah, D. U., Kurniasih, D., & Agustina, T. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Keterampilan Membaca pada Mahasiswa BIPA Tingkat Dasar di IAIN Surakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 114–125. https://doi.org/10.15408/dialektika.v6i2.10559

HB, Z. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Model Pembelajaran Tutorial. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 4(2), 600–609.

Hidayat, R. (2022). Implementasi Lingkungan Pembelajaran Virtual (LPV) dalam Pelatihan BIPA Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 86–95. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpbsi.v11i2.49710

Inderasari, E., & Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Asing dalam Program Bipa IAIN Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 6–14. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpbsi.v6i2.20192

Kemendikbud. (2021). Capaian Keberhasilan BIPA Tingkatkan Fungsi Bahasa Indonesia di Kancah Dunia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog. /capaian-keberhasilan-bipa-tingkatkan-fungsi-bahasa-indonesia-di-kancah-dunia.

Kurniawan, Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA “ Sahabatku Indonesia †untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1 ( Conformity of BIPA Textbook Contents “ Sahabatku Indonesia †for Level 1 English Speakers ). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279–293. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10052

Kusmiatun, A. (2019). Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Pemelajar BIPA Bertujuan Akademik. Diksi, 27(1), 8–13. https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140

Kusmiatun, A., & Suyitno, I. (2017). Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 197–207. https://doi.org/10.23918/ijsses.v3i4p197

Masitoh, S., & Degaf, A. (2023). Language Engagement Program in the Indonesian Language for Foreign Speakers Course ( Prinsip Keterlibatan Bahasa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ). Indonesian Language Education and Literature, 8(2), 229–244. https://doi.org/10.24235/ileal.v8i2.10152

Murtianis, Andayani, & Rohmadi, M. (2017). Kendala Transfer Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Bahasa dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 1(1), 55–70.

Nadia, I., Tiawati, R. L., & Nisja, I. (2022). Validitas Modul Pembelajaran BIPA 1 Materi Pekerjaan Berbasis Pendekatan Komunikatif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9502–9510. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3919

Ningrum, R. K., Waluyo, H. J., & Winarni, R. (2017). BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Sebagai Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center, 726–732.

Ningsih, S. A., Rasyid, Y., & Muliastuti, L. (2018). Analisis Kebutuhan Materi Ajar Membaca BIPA A1 dengan Pendekatan Deduktif di SD D’Royal Moroco. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2), 85–91. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.5974

Nisa, C. A. D. K., Pangesti, F., & Asrini, H. W. (2022). The Use of Affixed Words in BIPA Student Writing Beginner Class. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 12(2), 217–230. https://doi.org/10.26714/lensa.12.2.2022.217-230

Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya melalui Pendekatan Kontekstual Komunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342–353. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1015

Pramono, S. (2014). Panduan Evaluasi kegiatan Belajar-Mengajar: Teknik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal. Diva Press.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Kencana Prenadamedia Group.

Primasanti, W. (2016). Analisa Penilaian Membaca dan Menulis dalam Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Implementasi Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP Negeri 4 Malang. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Rahardjo, M. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. GEMA media Informasi & Kebijakan Kampus.

Rahman, A. S., Sujiarto, H., & Arifin, D. (2022). Manajemen Pembelajaran bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Asing. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 12(1), 66–82. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.4896

Ratna, S. (2016). Jenis-jenis Bilangan dan Contohnya dalam Kalimat. https://dosenbahasa.com/jenis-jenis-kata-bilangan

Sari, D. E., Jianshi, H., & Mulyati, Y. (2023). Perencanaan Topik Pembelajaran BIPA Berdasarkan pada Minat Para Penutur Asing sebagai Komponen Strategi Diplomasi. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 153–162. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6787

Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Pengembangan Buku Ajar BIPA untuk Tingkat Pemula Berbasis Kebutuhan Pembelajar. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 448–455. https://doi.org/10.31002/ijel.v4i1.3398

Setyaningrum, L. W., Andayani, & Saddhono, K. (2019). Pembelajaran Afiks Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 49–61. https://doi.org/10.22236/imajeri.v1i2.5067

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu.

Suharsono. (2015). Pemerolehan Klausa Relatif pada Pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA): Kajian Bahasa Antara. Litera, 14(1), 57–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4407

Sutanto, F., K, A. P., & Sutanto, R. P. (2012). Perancangan Media Pendukung Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(16), 1–9.

Tiawati, R. L. (2018). Indonesian Language Learning Planning for Foreigners (BIPA) for Beginners Level. Jurnal Gramatika, 4(2), 393–402. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2732

Veselova, I., Khimich, G., & Terentieva, E. (2021). Heliyon The role of foreign language internships in cultural enrichment and increasing motivation for Russian students to learn Spanish. Heliyon, 7(9), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08006

Wicaksana, S., & Basuki, I. A. (2019). Analisis Soal Latihan Keterampilan Membaca Dalam Bahan Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Basindo, 3(2), 261–270. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i22019p261-270

Widianto, E., & Zuleha, I. (2016). Pilihan Bahasa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 124–135. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/seloka.v5i2.13074

Yuniatin, A., & Asteria, P. V. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Berbasis Kompetensi Plurilingual dan Plurikultural Terintegrasi Kearifan Lokal. Bapala, 9(2), 142–152.

Zaenuri, M., & Yuniawan, T. (2018). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpbsi.v7i1.20637

Zahra, A. M., & Khaerunnisa, K. (2022). Implementasi Penggunaan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing dalam Pembelajaran BIPA Level 1 melalui Daring. Sarasvati, 4(2), 125–129.




DOI: 10.24235/ileal.v9i1.12807

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indonesian Language Education and Literature

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ILEaL Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lihat Statistik Jurnal

View MyStat

Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com

 

Â