Sumber Imajinasi Kreatif Ahmad Tohari dalam Menulis Karya Sastra (Source of Ahmad Tohari's Creative Imagination in Writing Literary Works)
(1) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, Indonesia
(2) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of this writing is to describe Ahmad Tohari's creative imagination in composing literary works. Data was collected through interviews and document studies. The validity of the data is carried out through a Focus Group Discussion (FGD). The results of the study show Islamic ideology, and family as Ahmad Tohari's creative imagination in composing literary works. The beginning of Ahmad Tohari's writing journey was of course also heavily influenced by the family environment which had instilled the traits and character of a santri, even though Ahmad Tohari did not study at a pesantren. It was this background that made him close to the Nahdlatul Ulama and the big kiai with strong friendships. Ahmad Tohari also tries to continue to search for the meaning of life which is represented in the characters in the short stories. Islam is used as a source of life guidelines for ethics and aesthetics in the texts written by Ahmad Tohari.
Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan imajinasi kreatif Ahmad Tohari dalam menyusun karya sastra. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Keabsahan data dilakukan melaluiFocus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ideologi Islam, keluarga sebagai imajinasi kreatif Ahmad Tohari dalam menyusun karya sastra. Kebermulaan dari perjalanan menulis Ahmad Tohari tentunya juga banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga yang telah menanamkan sifat dan karakter seperti halnya seorang santri, walaupun Ahmad Tohari tidak belajar di pesantren. Latar belakang itulah yang membuat ia dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama dan kiai besar dengan hubungan silaturahmi yang kuat. Ahmad Tohari juga berupaya terus melakukan pencarian makna hidup yang diwakilkan ke dalam tokoh-tokoh di dalam cerpen. Agama Islam dijadikan sebagai sumber pedoman hidup bagi etika dan estetika di dalam teks-teks yang ditulis oleh Ahmad Tohari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abshar, U. (2016). Pengemis dan Shalawat Badar: Hubungan antara Pengarang, Media, dan Karya. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 201–215. https://doi.org/10.15408/dialektika.v3i2.5302
Adittian, F. (2018). Pendidikan Karakter dalam Buku Puisi “Hyang†Karya Abdul Wachid B.S. (Analisis Profetisme Kuntowijoyo). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 386–397. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3630
Adiyatno, S. D., Lembah, G., & Kangiden, N. (2016). Hegemoni dalam Novel Trilogi Karya Ahmad Tohari: Kajian Sosiologi Sastra. BAHASANTODEA, 4(4), 56–66. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/13201
Afifah, M. (2018). Pendidikan Akhlak Masyarakat Perspektif Hadist. AL-IMAN: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 266–281. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3284
Al-Zastrouw, N. (2017). Mengenal Sepintas Islam Nusantara. HAYULA: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.21009/hayula.001.1.01
Aminah, O. N., & Albar, M. K. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 117–128. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.862
Arman, L. (2019). Analisis Struktur Wacana Novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia. IMLAH: Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 1(2), 53–69. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/imlah/article/view/1207
Aryani, T., Widayati, S., & Ratnaningsih, D. (2022). Analisis Deiksis dalam Novel “Di Kaki Bukit Cibalak†Karya Ahmad Tohari sebagai Alternatif Bahan Ajar di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Griya Cendikia, 7(2), 761–770. https://juma.umko.ac.id/index.php/griya-cendikia/article/view/297
Aulia, C. (2020). Kualitas Hadis-Hadis Komunikasi dalam Fatwa MUI No. 18 Tentang Pedoman Mengurus Jenazah yang Terinfeksi Covid-19. KOMUNIKAS ISLAMIKA: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 7(1), 230–237. https://doi.org/10.37064/jki.v7i1.7907
Basid, A., & As Sulthoni, Z. N. R. (2020). Potret Masyarakat Pegaten dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari Berdasarkan Teori Kritik Sastra Marxis. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 16(2), 127–137. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/13867
Dewanta. (2021). Proses Kreatif Dee Lestari dalam Penciptaan Karya Sastra. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(1).
Ekayati, R. (2017). Optimalisasi Aplikasi Edmodo dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa pada Mata Kuliah Literary Criticism di FKIP UMSU. Jurnal EduTech, 3(1), 148–165. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/992
Habsy, B. A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100. https://doi.org/10.235678/25271987
Handayani, M. A., & Ali, M. (2020). Antara Agama dan Imajinasi: Identitas Simbol Ibadah dalam Perspektif Postkomunikasi, Postspiritualitas, dan Hiperspiritualitas. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v4i2.8592
Haryanti, E. (2019). Penggunaan Bahasa dalam Perspektif Tindak Tutur dan Implikasinya bagi Pendidikan Literasi. TAMBORA, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.36761/jt.v3i1.179
Manggarrani, M. D., Nababan, M. R., & Santosa, R. (2019). Analisis Perbandingan Terjemahan Ungkapan yang Mengandung Sikap Seksis antara Tokoh Laki-Laki dan Perempuan dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk. Linguistik Indonesia: Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia, 37(2), 145–158. http://ojs.linguistik-indonesia.org/index.php/linguistik_indonesia/article/view/105
Mantovani, I., Wildan, & Yusuf, Y. (2018). Representasi Budaya dalam Novel “Putroe Neng†Karya Ayi Jufridar. JIM PBSI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(3), 203–218. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbsi/article/view/9816
Munandar, S. A., & Sofa, F. N. (2020). Maqamat Tokoh Midah dalam Novel “Mekkah: Memoar Luka Seorang TKW†Karya Aguk Irawan. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3), 146–158. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.388
Puspita, N., & Maiza, S. (2021). Developing of The Text Book Fictional Prose Mind Mapping-Based of STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 305–317. https://doi.org/10.21009/AKSIS
Ratnaningsih, D. (2017). Kemiskinan dalam Novel “Di Kaki Bukit Cibalak†Karya Ahmad Tohari. Jurnal Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 55–62. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/67
Safari, D. M. (2018). Novel Belantik Karya Ahmad Tohari: Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 183–187. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.928
Saihu. (2019). Rintisan Peradaban Profetik Umat Manusia Melalui Peristiwa Turunnya Adam As. ke Dunia. MUMTAZ: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 3(2), 268–279. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v3i2.44
Sasongko, S. D. (2018). Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Novel Kubah Karya Ahmad Tohari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(2), 36–43. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/8
Savira, A. T. D., & Isnaniah, S. (2022). Representasi Nilai Kenabian dalam Antologi Puisi Rumah-Mu Tumbuh di Hati Kami Karya Sosiawan Leak: Tinjauan Sastra Profetik. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 147–167. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v3i2.4705
Sayuti, S. A. (2022). Lokalitas Karya Sastra, antara Realitas dan Sejarah. Nura: Jurnal Nusantara Raya, 1(2), 103–115. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/numera/article/view/6899
Sodiman. (2018). Mengkaji Islam Empirik: Model Studi Hermeneutika Antropologis Clifford Geertz. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 23–40. https://doi.org/10.31332/zjpi.v4i1.993
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 39–54. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8293
Sugianto, I., & Huda, N. (2017). Strukturalisme Genetik dalam Cerpen “Slum†Karya Hanif Nashrullah. FONEMA: Jurnal Edukasi Bahasa & Sastra Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.413
Sultoni, A., & Leksono, M. L. (2021). Problematika Masyarakat Modern dalam Kumpulan Cerpen “Tawa Gadis Padang Sampah†Karya Ahmad Tohari. Jurnal KIBASP: Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 4(2), 147–159. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1701
Sungaidi, Muh. (2017). Pesantren, Dakwah Islam dan Sastra. Jurnal Nasional Faculty of Dakwah and Communication UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 21(1), 43–66. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/52357
Sunhaji. (2015). Sastra dalam Tradisi Pendidikan Islam. Ibda’: Jurnal Kebudayaan Islam, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.24090/ibda.v13i1.490
Taha, N. (2021). Implementasi Nilai Moral Novel Kubah Karya Ahmad Tohari dalam Pembelajaran. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 43–48. https://unisa-palu.e-journal.id/gurutua/article/view/73
Trianton, T. (2013). Estetika Profetik Ahmad Tohari dalam Khazanah Budaya Cablaka. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 11(2).
Trianton, T. (2016). Ethics Values As The Portrayal Of Banyumas Local Wisdoms In The Novels Of Ahmad Tohari. International Journal of Languages Education and Teaching, 4(3).
Turaeni, N. N. T. (2016). Orientasi Kritik Sastra “Puisi†dalam Rubrik Budaya Surabaya Post. MEDAN MAKNA, 14(2), 181–196. https://doi.org/10.26499/mm.v14i2.1200
Tussa’diah, H., & Hadiningrum, T. (2018). Analisa Novel Ronggeng Dukuh Paruk dengan Menggunakan Kritik Sastra Biografi. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1–13. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/2368
Ulummudin, & Khikmatiar, A. (2019). Kisah Nabi Nuh dalam Alquran: Pendekatan Intertekstual Julia Kristeva. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 4(2), 209–226. https://doi.org/10.32505/tibyan.v4i2.1144
Wahyuningsih, S. (2014). Kearifan Budaya Lokal Madura sebagai Media Persuasif (Analisis Semiotika Komunikasi Roland Barthes dalam Iklan Samsung Galaxy Versi Gading dan Giselle di Pulau Madura). Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2), 171–180. https://doi.org/doi.org/10.15408/sd.v1i2.1259
Youpika, F., & Zuchdi, D. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu dan Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 48–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10731
Zaluchu, S. E. (2019). Pola Hermenetik Sastra Hikmat Orang Ibrani. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 21–29. https://core.ac.uk/download/pdf/231150608.pdf
DOI: 10.24235/ileal.v8i1.10590
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indonesian Language Education and Literature
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ILEaL Indexed by:
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati
Jalan Perjuangan By Pass Sunyaragi Cirebon 45132, Telp. 089667890219
Email: literatureindonesian@gmail.com
Â
Â