PENGARUH PENGETAHUAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AR-RIDWAN

Syaeful Bakhri(1*),


(1) Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, ( SINTA ID : 6156347 )
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran perbankan syariah memperkuat peran dalam pembangunan perekonomian Indonesia dan menjaga stabilitas keuangan Nasional, maka diperlukan manajemen yang baik dalam upaya pengembangan perbankan syariah demi membangun bank syariah yang kuat dan sehat. Santri pondok pesantren sebagai salah satu komponen masyarakat yang merupakan pangsa pasar yang layak untuk diperhatikan dalam hal peningkatan jumlah nasabah bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan promosi terhadap minat menabung santri pndok pesantren Ar-Ridwan di bank syariah dengan metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel didapat sebanyak 113 responden dan data dikumpulkan dengan cara wawancara, kuesioner, dokumentasi dan dianalisis melalui pengujian statistic. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah, promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah, artinya secara bersama-sama pengetahuan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di bank syariah.

 


Keywords


Pengetahuan; Promosi; Minat Menabung

Full Text:

PDF

References


Al Arif. M. Nur Rianto. (2019). Dasar – Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Al-Syarif, Bader Mustafa dkk. (2017). The Effect of Promotion Strategy in the Jordanian Islamic Banks on a Number of Customers. International Journal of Economics and Finance; 9(2); ISSN 1916-971X E-ISSN 1916-9728 Published by Canadian Center of Science and Education.

Bakhri, Syaeful., Aziz, Abdul., Sarinah, Ririn. (2020). Pengetahuan dan Motivasi untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi pada Mahasiswa. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2). Juli-Desember. 60-73

Firmansyah, M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: CV. Budi Utama.

Hidayat., Aisah, Siti. (2013). Read Interest Co-Relational With Student Study Performance In IPS Subject Grade IV (Four) In State Elementary School 1 Pagerwangi Lembang. International Journal Of Scientific & Technology Research 2(1), January 2013 Issn 2277-8616.

Imaniyati, NS. (2009). Perkembangan Regulasi Perbankan Syariah Di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmu Hukum Syiar Madani 9(1). Maret 2009. 21.

Makhmudah, Siti. (2018). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Prespektif Modern dan Islam. Al-Murabbi, 4(2), Januari 2018 ISSN 2406-775X

Miftahur, R. S. Wahyuni, S. (2016). Pengaruh Presepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung di Perbankan. Skripsi. Jember. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syariah, Edisi Revisi ke 2. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Nisak, Arifatun., dkk. (2013). Pengaruh Kelompok Acuan dan Pengetahuan Jurusan Ilmu Administrasi tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Perbankan Syariah. 1(1).

Riyanto dan Aglis Andhita Hatmawan. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bandung Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Sleman: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabet.

Sulhan, M., Siswanto, Ely. (2008). Manajemen Bank: Konvensional dan Syariah. Malang: UIN-Malang Press.

Sumarwan, Ujang., Fachrodji, Achmad., Nursal, Adman. (2011). Pemasaran Strategik Perspektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor: IPB Press.

Suryani, Tatik. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Priansa. (2017). Perilaku Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Rianto, Nur. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Yuniarti, Vinna Sri. (2015). Perilaku Konsumen. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: 10.24235/inklusif.v6i2.8886

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

viev my staat