Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk Meningkatkan Maharah Al-Kitabah

Muhammad Fauzi(1*), Muhammad Thohir(2),


(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Problematika yang terjadi di kalangan peserta didik sering mengalami kesulitan Ketika menulis huruf huruf arab yang baik dan benar ini terjadi dikarenakan Ketika proses menulis tidak ada penekanan dari pengajar kepada peserta didik dan juga karena didalam menulis memilki hubungan antara proses berfikir dan proses expesif keindahan, Materi keterampilan menulis (maharah al-kitabah) diberikan agar siswa dapat membentuk alphabet dan mengeja. Selain itu, juga dapat membantu siswa dalam menyalurkan fikiran dan perasaan melalui tulisan. Meningkatkan maharah al-kitabah terdapat beberapa macam teknik salah satu adalah khat (kaligrafi). Khat merupakan proses menulis rapi,  keindahan, sehingga dalam pembelajaran khat peserta didik tidak hanya menulis menulis huruf dan membentuk kata serta kalimat saja, tetapi juga menyentuh aspek estetika atau keindahan, sehingga membuat mereka nyama dan betah untuk terus menulis Oleh karena itu, tujuan pembelajaran khat adalah agar para peserta didik terampil menulis huruf-huruf dan kalimat bahasa Arab dengan benar dan indah. Metode pembelajaran yang cocok untuk kaligrafi yautu metode demonstrasi, metode menjiplak, metode ceramah, metode penugasan dan metode drill.


Keywords


Kaligrafi, Keterampilan Menulis, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2015. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Renika Cipta.

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Rosda Karya.

Afifi, Fauzi Salim. 1989. Pedoman Bagi Guru Kaligrafi, Terj. D.Sirojuddin AR, Jakarta: Depbinkat Lemka.

Afifi. Fauzi Salim, 2002. Cara Mengajar Kaligrafi (Pedoman Guru), Penerjemah D.Sirojuddin, Jakarta : Darul Ulum Press.

al-Rahman, Abd. Abd Latif al-Dihan, Mamduh Nur al-Din, Abd Rabb Al-Nabiy. t.t. Mudzakkirah fi Tadris al-Kitabah. Jakarta: Ma‟had al-Ulum al-Islamiyah wa al-Arabiyah bi Indunisiya.

AR, Didin Sirojuddin. 1983. Dinamika Kaligrafi Al-Quran, Terj. Ruh AlKhattul ‘Arobi oleh Kamil Al-baba, Jakarta: Darul ‘Ulum Press

AR, Sirojuddin. 1992. Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: Multi Kreasi Singgasana.

AR, Sirojuddin. 2014. Peta Perkembangan Kaligrafi Islam di Indonesia. Jurnal Al-Turas Vol. XX No. 1, Januari.

Ni‟mah, Khoirotun. Implementasi Media Papan Mahir Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Maharoh Kitabah. Jurnal Dar el-ilmi Vol.5 No.2 Oktober 2018, http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/1321

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suaedy, Sholeh. 2011. Penerapan Berbagai Metode Pembeajaran Dalam Kegiatan Diklat. Surabaya : Artikel bdk surabaya. Kemenag.go.id.

Syahatah, Hasan. 2002. Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah Baina an-Nazhariyyah wa at-Tathbiq, al-Qahirah: al-Dar al-Mashriyah al-Lubnaniyah.

Ulyan, Ahmad Fuad Mahmud. 1992. al-Maharah al-Lughowiyah, Mahiyatuha wa Turuqu Tadrisuha. Riyadh: Darul Muslim.




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i2.6554

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Fauzi, Muhammad Thohir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks: