An-Nazahriyyah as-Sulukiyyah wa Istikhdamuha fi Ta'lim al-Lughah
(1) Universitas Darussalam Gontor
(*) Corresponding Author
Abstract
Teori belajar behavioristik merupakan teori belajar yang menekankan pada perubahan tingkah laku, dimana perubahan tersebut dilahirkan dari proses karena adanya stimulus, respons dan pengkodisian. Teori belajar behavioristik merupakan teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku siswa sebagai akibat adanya stimulus dan respon. Dengan kata lain, belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya yang bertujuan merubah tingkah laku dengan cara berinteraksi antara stimulus dan respon. Dengan demikian, teori belajar behavioristik lebih memfokuskan untuk mengembangkan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik.
Kata Kunci: Behavioristik, Respon, Stimulus, Pembelajaran Bahasa Arab
Abstact
Behavioristic learning theory is a learning theory that emphasizes behavioral change, where the change is born from the process because of the stimulus, response, and coding. Behavioristic learning theory is a learning theory that prioritizes changes in student behavior as a result of the stimulus and response. In other words, learning is a form of change experienced by students in terms of their abilities aimed at changing behavior by interacting between stimulus and response. Thus, the behavioristic learning theory focuses more on developing student behavior in a better direction.
Keywords: Behavioristic, Response, Stimulus, Arabic Learning
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atkinson, Rita L. 1999. Pengantar Psikologi Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hill, Winfred F. 2009. Theories of Learning (Teori-Teori Belajar). Jakarta: Nusa Media.
Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Omrod and Jeanne Allis. 2003. Educational Psychology: Developing Learners. New Jersey: Prentice Hall.
Pranowo. 2017. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustak Pelajar.
Santrock, JW. 2001. Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.
Sobur, Alex. 2009. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
DOI: 10.24235/ibtikar.v9i1.6207
Article Metrics
Abstract view : 34 timesPDF - 12 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mabruroh Mabruroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â