Daur al-Ma'had fi Tanmiyah Dafi'iyah Muta'allimin al-Lughah al-'Arabiyyah Hasba Namudzaj Ta'allumihim

Aulia Rahman(1*),


(1) STAIN Mandailing Natal
(*) Corresponding Author

Abstract


Motivasi belajar dan gaya belajar merupakan bagian dari proses belajar. Dengan meningkatkan motivasi belajar, seorang pelajar akan selalu semangat dalam belajar. Setiap orang ketika belajar juga pasti memiliki gaya belajar yang khas dan berbeda-beda. Motivasi belajar dan gaya belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan mencapai tujuan belajar. Untuk itu peran sekolah sangat diperlukan dan menjadi sangat penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan memperhatikan gaya belajar mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa motivasi eksternal dan internal mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang dan mentipologi gaya belajar bahasa Arab mereka, serta untuk mendeskripsikan dan menganalisa peran Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang dalam menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang berdasarkan gaya belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik wawancara, angket, dokumentasi dan observasi.. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan motivasi ekstrinsik dan intrinsik dalam belajar bahasa Arab pada mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang. Adapun gaya belajar mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang memiliki tipe: 1) Visual, 2) Audiovisual, dan 3) Kinestetik. Sedangkan peran Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang dalam menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang berdasarkan gaya belajar mahasiswa adalah melalui program dan kegiatan di Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang

Keywords


Motivasi Belajar Bahasa Arab, Gaya Belajar Bahasa Arab, Peran Ma’had

Full Text:

PDF

References


ثائر أحمد غباري، وأصحابه، البحث النوعي ÙÙŠ التربية وعلم النÙسي. عمان: مكتبة المجتمع العربي، 2011.

حسن عمر منسي، سيكولوجيا التعلم والتعليم .اربد: دار الكندى، 2001.

عصام نور سرية، سيكولوجية التعلم. إسكندارية: كلية الادب جامعة الزقازيق، 2004.

Ùتحى مصطÙÙ‰ الزيات، سيكولوجية التعلم بين المنظر الأرتباطى والمنظور المعرÙÙ‰. القاهرة: دار النشر للجامعات، 1996.

محمد علي الخولي، الحياة مع لغتين: الثنائية اللغوية، الرياض: جامعة الملك سعود، 1988.

Ahmad fauzi, Psikologi Umum: Untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Fakultas Tarbiyah, Komponen MKDK, Bandung: Pustaka Setia, 1999.

Abu Bakar Muhammad, Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab, Surabaya: Usaha Nasional, 1981.

Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Aziz Fakhrurrozi dan Erta Mahyudin, Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, 2012.

Angkowo, R, Fungsi Media: Optimalisasi Media Pembelajaran, Jakarta: Grafindo, 2007.

Bobbi DePorter, Quantum Teaching. terjemah: Ary Nilandary, Bandung: Kaifa, 2000.

Robert E. Slavin, Educational Psychology: Theory and Practice, Massachusetts: Paramount Publishing, 1994.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Nasution, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.




DOI: 10.24235/ibtikar.v9i1.6168

Article Metrics

Abstract view : 44 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aulia Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â