PENGARUH METODE DEDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU DALAM MEMAHAMI “JUMLAH FI’LIYAH†(Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan Kemampuan mahasantri dalam memahami kaidah Nahwu pada materi “Jumlah Fi’liyah†dengan menerapkanmetode deduktif menggunakan media kartu terhadap mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekhnurjati Cirebon.Adapun Metode penelitian yang digunakan Dalam penelitian ini adalah eksperimen (Quasi Experimental) dengan pendekatan Kuantitatif dan desainnya yaitu(Nonequivalent Control Group Design). Populasi Penelitian ini yaitu mahasiswi tingkat pertama IAIN Syekh Nurjati Cirebon 2017.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling.Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes. hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : hasil tes pemahaman bahasa Arab “jumlah Fi’liyah†sebelum pembelajaran menggunakan metode Deduktif dengan media Kartu dikelas eksperimen menunjukan (Rata-rata) 44, nilai (minimum) 32 dan nilai (maksimum) 72 . sedangkan tes sesudah pembelajaran menunjukan (rata-rata) 78, nilai (minimum) 56 dan nilai(maksimum) 100. adapun hasil tes pemahaman bahasa Arab “jumlah Fi’liyah†sebelum pembelajaran dengan tanpa menggunakan metode Deduktif dan media Kartu dikelas kontrol menunjukan (Rata-rata) 41, nilai (minimum) 28 dan nilai (maksimum) 68.Sedangkan tes sesudah pembelajaran menunjukan (rata-rata) 64, nilai (minimum) 48 dan nilai (maksimum) 92. Berdasarkan data dari Hasil T-Test Independent menunjukan nilai t= 4,641dengan (df)= 78, Sig.(2-Tailed)= 0,000 < 0,05. Ini artinya  Ho ditolak dan Ha diterima yang menunjukan bahwa adanya pengaruh metode deduktif dengan menggunakan media kartu dalam memahami “jumlah Fi’liyahâ€Â di kelas eksperimen ma’had al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon tahun ajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Øسان، تمام. 2005.الخلاصة النØوية. القاهرة: عالم الكتب.
الخولي، Ù…Øمد علي. 1986. (الطبعة الثتنية). أساليب تدريس اللّغة العربيّة. مملكة العربيّةالسعودية.
Ø´Øاتة، Øسن. 1996Ù‡. تعليم اللغة العربية بين النظرية Ùˆ التطبيق. القاهرة: دار المصرية البنانية.
معروÙØŒ ناي٠مØمود. 1985Ù…. (الطبعة الأولى). خصائص العربيّة وطرائق تدريسها.بيروت: دار النÙائس.
الهاشيمي، عابد توÙيق. 1414Ù‡. الموجه العملي لمدرس اللغة العربية. بيروت: مؤسسة الرسالة الطبعة الرابعة.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar –Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Hermawan, Acep.2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Bandung : Remaja Rosdakarya
Mustofa, Bisri dan Abdul Hamid.2012.Metode dan strategi pembelajaran Bahasa Arab.Malang : UIN-Maliki Press
Mustofa, Syaiful.2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif.Malang : UIN-Maliki press
Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Rosyidi, Abdul Wahab.2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab Cetakan1. Malang: UIN Maliki Press
Sudijono, A. 2007.Pengantar Statistika Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Tarigan, Henry Guntur.2009. Metodologi Pengajaran Bahasa 1,Bandung: Angkasa
Zaenuddin, Radliyah.2013. Penggunaan media sederhana dalam pembelajaran bahasa Arab. Cirebon: Syekh Nurjati Press
DOI: 10.24235/ibtikar.v7i2.3335
Article Metrics
Abstract view : 286 timesPDF - 328 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Neli Sa'adah, Khasan Aedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â