Telaah Kritis Buku Ajar Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah

Pradi Khusufi Syamsu(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Artikel sederhana ini menyimpulkan bahwa metode yang tercermin pada buku ajar MI kelas I berjudul Buku Ajar Bahasa Arab MI Kelas I dalam pengajaran baca tulis bahasa Arab menggunakan metode sintetis dan mentode analisis secara terpisah dalam pengajaran baca tulis kosa kata Arab. Sedang dalam tataran silabus, buku ajar bahasa Arab untuk kelas I MI ini cenderung pada silabus situasional. Hal ini dapat dilihat dari pembelajarannya dari tema-tema tertentu yang tidak terlepas dari tempat, keadaan, dan waktu bahasa Arab itu digunakan dalam pembelajarannya. Buku ini layak untuk menemani para pelajar yang duduk di kelas I Madrasah Ibtidaiyah dalam belajar berbahasa Arab sebagai bahasa kedua. Hanya bagaimana seorang guru, sebagai man behind the gun,  dalam mengajarkannya di hadapan para peserta didik.

Kata Kunci: Buku Ajar Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah, Silabus Situasional.

Abstract

This article concludes that the method is reflected in class I MI textbooks entitled Arabic Textbooks in Class I MI in Arabic reading and writing using synthetic methods and separate analysis methods in reading and writing Arabic vocabulary. While in the syllabus level, Arabic textbooks for class I MI tend to be in a situational syllabus. This can be seen from the learning of certain themes that are inseparable from the place, circumstances, and the time the Arabic language was used in the learning. This book is worthy to accompany students who sit in class I of the Islamic Elementary School in learning Arabic as a second language. Only how a teacher, as a man behind the gun, teaches the students.

Keywords: Arabic Language Textbook, Madrasa Ibtidaiya, Situational Syllabus.


Keywords


Arabic Language Textbook, Madrasa Ibtidaiya, Situational Syllabus

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al ‘Asqalani, Ibn Hajar. Fath al Bari, ix: 9.

Al Jundi, Anwar. Muqaddimat al ‘Ulum wa al Manahij; Muhawalah libina’i Manhajin Islamiyyin Mutakamil. (Kairo: Dar al Anshar).

Al Suyuthi, Jalaluddin. Al Mazhar. (Kairo: Dar Ihya al Kutub al ‘Arabiyah ‘Isa al Babi al Halabi wa Syuraka’uh).

Amin, Ali Al Jarim dan Mushthofa. Al Nahw al Wadhih; fi al Qawa’id al Lughah al ‘Arabiyyah. (Surabaya: Maktabah Salim Nabhan).

Anis, Ibrahim. Al Lughah bayna al Qaumiyyah wa al ‘Alamiyyah. (Kairo: Dar al Ma’arif).

Azra, Azyumardi. 2006. Renaisans Islam Asia Tenggara; Sejarah Wacana dan Kekuasaan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya).

Eccles. 1979. Human Psyche. (Berlin & New York: Springger-Verlag).

Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. (Malang: Misykat).

Ghanim, Karim Sayyid. Al Lughah al ’Arabiyyah wa al Shahwah al Ilmiyyah al Haditsah. (Kairo: Maktabah Ibn Sina).

Masqon, Dihyatun. 2000. Al Ittijahat al Haditsah fi Ta’lim al Lughah al Arabiyah lighair al Nathiqina biha fi Indonesia; Dirasah Thliliyyah Washfiyyah. (New Delhi: Risalah Dukturah fi al Jami’ah al Milliyah al Islamiyyah).

Rohim, M Hamid dan K. 1999. Cara Cepat Mengenal Bahasa Arab Untuk Anak-Anak TK/TPA. (Surabaya: CV. Pustaka Agung Harapan).

Thu’aimah, Rusydi Ahmad. 1410/1989. Ta’lim al Arabiyah lighair al Nathiqin biha; Manahijuhu wa Asalibuhu. (Jami’ah al Manshurah).

Wafi, Ali Abdulwahid. Al Muqaddimah; Ta’liq wa Tahqiq. (Kairo: Mathba’ah Lajnatilbayan al ‘Arabi).

Walcott, William H. 2006. Knowledge, Competence and Communication; Chomsky, Freire, Searle, and Communicative Language Teaching. (Montreal: Black Rose Books).

Intisari, Vol. II.

Islamia Thn. I No. 2.




DOI: 10.24235/ibtikar.v7i1.3070

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 557 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pradi Khusufi Syamsu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â