Metode mengajar Fikih berbahasa Arab menurut Imam Zarkasyi

Djamaluddin Perawironegoro(1*), Nur Fitri Hidayanti(2),


(1) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(2) Madrasah Aliyah Negeri 2 Lombok Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Fikih merupakan mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh santri di Pesantren. Pembelajaran Fikih di Pesantren menggunakan buku ajar atau sumber belajar berbahasa Arab. Namun, para guru memiliki keterbatasan pengetahuan tentang metode pembelajaran Fikih berbahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis metode pembelajaran Fikih berbahasa Arab menurut Imam Zarkasyi. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, dengan mengumpulkan data-data dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, pengelompokan data, analisis data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar Fikih berbahasa Arab sebagaimana ditulis oleh Imam Zarkasyi dilakukan dengan lima tahapan yaitu perkenalan, pembukaan, penyampaian dan penghubungan materi, evaluasi, dan penutup. Guru Fikih diharuskan memiliki kompetensi pedagogi, profesional, dan kepribadian. Pengetahuan tentang metode dan kompetensi yang dimiliki oleh Guru Fikih membantu dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar dapat dicapai secara efektif. Hasil belajar yang baik dapat diwujudkan dengan metode yang baik.

Keywords


Bahasa Arab, mengajar, metode pembelajaran, pembelajaran Fikih, kompetensi guru Fikih

Full Text:

PDF

References


Adib, A. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Journal Mubtadiin, 7(1).

Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1).

Ali, N., & Faisol, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Nurul Wajid Jember. ’Ibadatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 315–329.

Arifin, Z., & Muttaqin, C. (2020). Bahtsul Masail sebagai Problem Solving Method dalam Pembelajaran Fikih Kontekstual. At-Taqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(1).

As’ad, M. (2015). Tajdīd al-Tarbīyah al-Islāmīyah ‘inda al-Shaykh al-Ḥājj Imam Zarkasyi. Studia Islamika, 22(2), 333–368. https://doi.org/10.15408/sdi.v22i2.1922

Assiroji, D. B. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut K.H. Imam Zarkasyi. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 1(01), 33–46. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v1i01.17

Ato’ilah, I., Nasih, A. M., & Rodafi, D. (2022). Pengajaran Fikih Lintas Mazhab di Pondok Pesantren Lirboyo. Intizar, 28(2), 111–123. https://doi.org/10.19109/intizar.v28i2.13870

Balliu, V. (2017). Modern Teaching Versus Traditional Teaching- Albanian Teachers Between Challenges and Choices. European Journal of Multidisciplinary Studies, 4(4), 20. https://doi.org/10.26417/ejms.v4i4.p20-26

Bashori, B., Novebri, N., & Salabi, A. S. (2022). Budaya Pesantren: Pengembangan Pembelajaran Turats. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 7(1), 67–83. https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.911

Batubara, N. K. I., Sinaga, A. I., & Haidir, H. (2024). Analisis kompetensi pedagogik guru fikih dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di madrasah aliyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 300. https://doi.org/10.29210/1202424138

Bruinessen, M. Van. (1999). Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat; Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia. Mizan.

Bungin, B. (2015). Analisis Data Penelitian Kualitatif; Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Rajawali Press.

Casmudi, C. (2019). Memahami manajemen dan manajemen pembelajaran . Penerbit Alfabeta.

Chikita, D., Sari, D. P., & Puspitasari, R. (2023). Penerapan Perencanaan Model Pembelajaran Teacher Center Di MTs Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). SAGE.

Fajar Alfinur, M. (2024). Kitab Kuning dan Tradisinya di Indonesia. Siwayang Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 3(1), 13–20. https://doi.org/10.54443/siwayang.v3i1.2277

Ganyaupfu, E. M. (2013). Teaching Methods and Students’ Academic Performance . International Journal of Humanities and Social Science Invention, 2(9), 29–35.

Hidayat, R., Mumin, U. A., & Faqih, U. (2023). Penerapan Metode Hafalan pada Matan Kitab Safinatun Najah dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih di Pondok Pesantren At-Ta’awun Sawarna Bayah Kabupaten Lebak. Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 1(2), 119–131. https://doi.org/10.51729/murid.12224

Hidayati, O., Fitri, A., & Dewi, E. (2024). Pembaharuan Pendidikan Pesantren menurut KH. Imam Zarkasyi dan Syekh Sulaiman Ar-Rasuli. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 297–307. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.544

Ifendi, M. (2021). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 85. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i2.8898

Irsyad, M. A., & Makhromi, M. (2021). Metode Musyawarah dalam Pembelajaran Ilmu Fikih di Ma’had Aly Lirboyo Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(3), 295–303. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i3.2461

Jabir, M., & Wahyu, W. (2020). Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat. Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.24239/albariq.v1i1.2

Jasmani, J., Luviadi, A., & Khoironi, K. (2023). Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Safinatun Najah di Pondok Pesantren Sunanul Huda Natar Lampung Selatan. Ta’lim: Jurnal Ilmu Agama Islam , 5(1).

Juhra, A. (2023). Proses Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Student Centered Approach. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 68–75. https://doi.org/10.58835/ijtte.v4i2.414

Khaq, M. B. (2024). Efektivitas metode pengajaran kitab kuning fathul qarib dalam pembelajaran fiqih di ponpes agro nuur el falah. Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS), 4(2), 78–84. https://doi.org/10.62289/ijmus.v4i2.335

Mufidah, Z. (2021). Contribution of Imam Zarkshi to the teaching of the Arabic language. Journal of Arabic Teaching, Linguistic and Literature, 1(1), 89–102.

Munfarida, I., & Sunardi, S. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 73–88. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.422

Muqoyyidin, A. W. (2014). Kitab Kuning dan Tradisi Riset Pesantren di Nusantara. IBDA’, 12(2), 119–136. http://222.124.162.99/index.php/ibda/article/view/441%5Cnhttp://222.124.162.99/index.php/ibda/article/viewFile/441/396

Musri, N. A., & Adiyono, A. (2023). Kompetensi Guru Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Keunikan Belajar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 33–42. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2203

Nafis, M. H., & Laila, A. N. (2025). Penguatan Literasi Materi Fikih Melalui Metode Sorogan Dan Bandongan Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Tarbiyatul Aitam Karangrandu. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 7(1), 8–19.

Namitha, C. (2018). Modern methods of teaching. Journal of Applied and Advanced Research, 3(1).

Nurjanah, S. T. (2024). Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Santri Terhadap Kitab Fath Al- Qarib. Sosaintek: Jurnal Ilmu Sosial Sains Dan Teknologi , 1(2).

Rahma, S. M., & Setiawan, H. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Akhlak dengan Pendekatan Teacher Centered Learning di Tadika Bijak Lestari Georgetown Malaysia. Journal on Teacher Education, 5(2).

Ramayulis, H., & Nizar, S. (2009). Filsafat pendidikan Islam : telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokohnya. Kalam Mulia.

Rasyid, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru dan Self Directed Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Pada Siswa Kelas VIII MTsN 17 Jakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 89. https://doi.org/10.32678/geneologipai.v6i2.2333

Rasyid, H., Saepudin, A., & Asikin, I. (2024). Corak Tradisi Kitab Klasik di Pesantren Tradisional dan Modern di Tasikmalaya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).

Renau, M. L. R. (2016). A Review of the Traditional and Current Language Teaching Methods. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences, 3(2), 82–88.

Rochmat, C. S., Maulaya, R. D., & Avilya, A. (2022). The Concept And Role Of The Student Centered Learning Model In Adolescent Akhlaq Education. At-Ta’dib, 17(2), 232. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i2.8285

Rodgers, T. S. (2001). Language Teaching Methodology.

Sabila, A. M., Susanto, H., & Saputro, A. D. (2020). Education Thought Imam Zarkasyi and Relevance to the Development of Islamic Education in Indonesia. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 19. https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2271

Solong, N. P., & Husin, L. (2020). Penerapan Kompetensi Kepribadian Guru PAI . TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 57. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.57-74

Steenbrink, K. A. (1986). Pesantren, Madrasah, dan Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. LP3ES.

Sufa, A. F. (2017). Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 5(2), 169. https://doi.org/10.21927/literasi.2014.5(2).169-186

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suhariami, Y., Hariani, L. S., & Firdaus, R. M. (2019). Berpikir Kritis: Student Centered Learning (SCL) dan Reciprocal Teaching. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1). https://doi.org/10.21067/jrpe.v4i1.3775

Sukardi, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Syirva, A. N., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Tingkat Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyah. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 14(3), 467–478. https://doi.org/10.33367/ji.v14i3.6285

Wang, Y. (2022). A Comparative Study on the Effectiveness of Traditional and Modern Teaching Methods (pp. 270–277). https://doi.org/10.2991/978-2-494069-89-3_32

Zaim, M. (2020). Pemikiran pendidikan KH. Hasyim Asy’ari (Studi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Kitab Adab al-‘alim wa al-muta’allim). Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 151–170. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i2.238

Zarkasyi, I. (2014). At-Tarbiyah al-Amaliyah. Darussalam.




DOI: 10.24235/ibtikar.v14i1.20184

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Djamaluddin Perawironegoro, Nur Fitri Hidayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Daftar Indeks: