Urgensi Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Arab
(1) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Artikel ini mengkaji tentang urgensi pengembangan media digital untuk pembelajaran bahasa Arab. Artikel ini merupakan hasil penelitian menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media berbasis digital dalam pembelajaran bahasa Arab terbukti memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran bahasa Arab, media berbasis digital meminimalisir keterbatasan (ruang, waktu, dan jarak), media berbasis digital dapat menambah pembendaharaan kosakata Arab bagi siswa, dan penggunaan media berbasis digital meningkatkan keterampilan berbahasa Arab serta motivasi belajar siswa. Oleh karenaya penting pengembangan media berbasis digital pada pembelajaran bahasa Arab di mana guru harus melakukan inovasi seperti pengembangan media berbasis digital. Sedikitnya terdapat lima model pengembangan media pembelajaran berbasis digital yang sesuai untuk pembelajaran bahasa Arab, yaitu: model Hannafin & Peck, model 4D, model Borg & Gall, model Dick & Carey, dan model ADDIE.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achyar, S. (2018). Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Fawa’id, 7(1).
Ade Arip Ardiansyah, N. K. (2022). The Use of Animated Videos in Increasing the Arabic Learning Interest. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1).
Adi Pratomo & Agus Irawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin dan Peck. Jurnal Positif, 1(1).
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. Ilmu Al-qur’an: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).
Agus Zaenul Fitri, L. I. (2020). Model Pendekatan Multi-Inter-Transdisipliner dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, S. A. (2022). Developing Teaching Aids For The Arabic Language Book In Reading Skill On PowerPoint Android. Ijaz Arabi: Journal Of Arabic Learning, 5(2).
Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, Siti Anne Barkah Nur Fauziah, Gita Hanina. (2022). Developing Teaching Aids For The Arabic Language Book In Reading Skill On PowerPoint Android. Ijaz Arabi, 5(2).
Ahmad Nur Mizan, M. A. (2022). The Development of Arabic Learning Media Based on Android for Senior High School Students. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 6(2).
Ahmad Zubaidi, S. A. (2022). Contextual-Based Qiroatul Kutub Learning Using The Plickers. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1).
Ahmad, L. T. (2019). al-Qaá¸ÄyÄ al-BalÄgiyyah wa al-Adabiyyah wa al-Lugawiyyah ‘ind Ibnu Qutaibah. Kairo: Maktabah al-Ä€dÄb.
Aisyah Cahyani, Kholisin. (2022). Developing ArVo: Augmented Reality-Based Application to Improve Arabic Vocabulary Mastery. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(2).
Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik dan Sastra, 1(2).
Akla Akla, Sri Handayana. (2022). Psychological Conditioning of Students in Arabic Learning through Online Game Models. Arabi : Journal of Arabic Studies, 7(2).
al-FauzÄn, ‘. a.-R. (1435). al-‘Arabiyyah bain Yadaika: KitÄb aá¹- ṬÄlib al-Awwal (Vols. 1-2). Riyadh: Maktabah al-Malik Fahd al-Wathaniyyah.
al-GhulÄyaini, M. b. (2019). Jami’ ad-Durus al-‘Arabiyyah: Masu’ah fi Tsalah Ajza. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah.
Alioui, B. (n.d.). At-TakÄmul al-Ma’rifÄ« bain ‘UlÅ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah wa ‘UlÅ«m asy-Syarī’ah al-IslÄmiyyah. Al-Turath Journal, 11(2), 32.
al-Jurjani, A. Q. (1375). KitÄb DalÄil al-I’jÄz. Kairo: Maktabah al-Khanji.
al-JurjÄnÄ«, A. Q. (2009). Durj ad-Durar fÄ« TafsÄ«r al-Qur’Än al-Aẓīm (Vol. 1). Oman: Dar al-Fikr.
al-KhawÄrizmÄ«, M. b.-Z. (2009). TafsÄ«r al-KasysyÄf. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
al-KhawÄrizmÄ«, M. b.-Z. (2009). TafsÄ«r al-KasysyÄf. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
AnbarÄ«, M. b. (1998). 'UlÅ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah wa á¹¢illatuhÄ bi ‘UlÅ«m asy-Syarī’ah al-IslÄmiyyah. Al-Ihya, 1(1), 211-212.
an-NÄqah, M. K. (1985). Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah li an-NÄá¹iqÄ«n bi Lugah UkhrÄ. Mekkah: Jami’ah Ummul Qurra.
Ari Khairurrijal Fahmia, Miatin Rachmawatia, Kamal Surong. (2022). Content Validity to Assess the LMS-Moodle-based Academic Writing Learning Model of Arabic. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2).
as-Sakaki, A. Y. (1987). MiftÄh al-‘UlÅ«m. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
as-Saman, M. ‘. (1983). At-TaujÄ«h fÄ« TadrÄ«s al-Lugah al-‘Arabiyyah. Kairo: DÄr al-Ma‘arif.
aż-Żahabi, M. Ḥ. (2000). At-Tafsīr wa al-Mufassirūn (Vol. 1). Kairo: Maktabah Wahbah.
Banegas, D. L. (2012). Integrating Content and language in English Language Teaching in Secondary Education: Models, Benefits, and Challenges. Studies in Second Language Learning and Teaching, 2(1), 111.
Batmang. (2016, Juli-Desember). Pendekatan Transdisipliner (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 9(2), 47.
Betty Mauli Rosa Bustam, Kharisma Noor Latifatul Mahmudah, Kun Hidayat. (2024). Arabic Language Learning Innovation Based on Technology Utilization. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 11(1).
Butler, Y. G. (2005). Content-Base Instruction in EFL Contexts: Consideration for Effective Implementation. JALT Journal,, 27(2), 229.
Damar Gemilang, Hastuti Listiana. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ATHLA: Journal of Arabic Teaching, Linguistic And Literature, 1(1).
Dila Rukmi, Octaviana, Moh Sutomo, Mashudi. (2022). Model Pembelajaran Dick and Carey serta Implementasinya dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Tawadhu, 6(2).
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. (Jakarta: Rajawali Press.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 165-174.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 1, No. 2, 161.
FarÄ«d KhalfÄwÄ«, B. M. (2016, Juli). Aá¹-ṬarÄ«qah at-TakÄmuliyyah fÄ« Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah. Majallah ‘Ulum al-Lughah al-‘Arabiyyah wa Adabuha, 9.
Fariz Krisna Syahputra, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android 3D Kelas XI Di SMKN 1 Driyorejo Gresi. ITEdu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2).
Fitria Hidayat & Muhamad Nizar. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1).
Forgarty, R. (1991). The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine: Skylight Publishing Inc.
Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ḥassan, T. (1973). Al-Lugah al-‘Arabiyyah Ma’nÄhÄ wa MabnÄhÄ. Kairo : al-Haiah al-Mishriyyah al-‘Ammah li al-Kitab.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Howard Brown, A. B. (2016). EMI, CLIL, & CBI: Differing Approaches and Goals. Jappan Assosoationon For Language Teaching (JALT) , 329.
Husaini, A. (2013). Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: : Gema Insani Press.
I Putu Gde Caesar Wicaksana, Renddy Anak Agung Gede Agung, I Nyoman Jampel. (2020). Pengembangan E-Komik Dengan Model Addie Untuk Meningkatkan Minat Belajar Tentang Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesi. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2).
IbrÄhÄ«m, A. a.-‘. (1968). Al-Muwajjih al-FannÄ« li Mudarris al-‘Arabiyyah. Makkah: Dar al-Ma‘arif.
Isytih, H. H. (2014, Maret). al-ManÄhij an-Nahwiyyah wa al-BalÄgiyyah bain al-IstiqlÄliyyah wa at-TakÄmuliyyah. ad-Dirasat al-Islamiyyah, 49(1), 161.
Iwaá¸, A. ‘. (2000). MadÄkhil Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah: DirÄsah Masḥiyyah Naqdiyyah. Mekkah: ami’ah Ummul Qurra,.
Kamil, S. (2013). Najib Mahfuz: Sastra, Islam dan Politik Studi Semiotik terhadap Novel Aulad Haratina. Jakarta: Dian Rakyat.
Kamil, S. (2019). Ensiklopedi Bahasa dan Sastra Arab. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Khaldūn, ‘. b. (2011). Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Kholisin, B. F. (2022). Developing Hiwaruna as Arabic Conversation Book for Speaking Skills in Islamic Boarding School. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2).
Krulatz, A. (2019). Content Based Instruction in Teacher Education: Reshaping Pre-Service Teachers’ Beliefs About Language Teaching. ELTED, 22, 9.
Kysilka, M. L. (1998). Understanding Integrated Curriculum. The Curriculum Journal,, 9(2), 199-200.
Mabrurrosi, A. M. (2022, March). Reflections on Ibn Jinni's Thought : Analysis of words and meanings in Arabic Semantics. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(1), 1.
Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(1).
Mahyudin Ritonga, Sobhan Sobhan, Bambang Bambang. (2022). Utilizing Technology to Improve the Quality of Learning in Indonesia: Challenges and Consequences for Arabic Teachers. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2.
Maisarah, Try Annisa Lestari, Sirikanda Sakulpimolrat. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1).
MÄlikiyah, F. K. (n.d.). Aá¹-ṬarÄ«qah at-TakÄmuliyyah fÄ« Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah. Majallah ‘Ulum al-Lughah wa Adabuha, 8(9).
Mas’ud, F. ( 2005). Rawai’ min Asy’ar aṣ-Ṣahabah. Kairo: Dar al-Hadis.
Masqon, D. (2014, April). Nahwa Mustaqbal Afá¸al Ta’ammulÄt fÄ« Taf’īl ‘Amaliyyah Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah li AbnÄ’ IndÅ«nisiyyÄ. Lisanu ad-Dhad, 1(1), 5-6.
Matthew B. Miles, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook. London: Sage Publications.
Mawardi, I. (2013). Pendidikan Islam Transdisipliner dan Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 255.
Miatin Rachmawati, A. R. (2022). The Quizizz Application is an Arabic Online Learning Evaluation Tool at The University Level. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(1).
Mockler, N. (2018). Curriculum Integration in the 21st Century: Some Reflections in the Light of the Australian Curriculum. Springer Nature in Curriculum Perspectives, 2-3.
Moh. Fauzana, M. A. (2022). Development of Electronic Book (ebook) based on Higher Order Thinking Skills (HOTs) for Learning Tathbiq Nahwi Ibtida'i in Higher Education. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2).
Mohammad Najib Jaffar, A. A. (2022). Arabic For Specific Purpose And Systematic Literature Review On The Design Of Islamic Tourism Mobile Application. Ijaz Arabi: Journal Of Arabic Learning, 5(1).
Muhammad Infithar Al Ahqaf, K. E.-A. (2022). IstikhdÄm Kahoot! FÄ« Al-TaqwÄ«m Al-YaumÄ« li-MÄdah Al-Lughah Al-‘ArÄbÄ«yah: Al-Bahts Al-TajrÄ«bÄ« fÄ« Al-Madrasah Al-TsÄnawÄ«yah Al-IslÄmÄ«yah Al-HukumÄ«yah bi-InduÌ„nÄ«sÄ«yÄ. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(2).
Muhammad Zahid ‘Afafarrasyihab Rahimadinullaha, M. A. (2022). Development of Word Root-Based Digital Dictionary for Shorof Mastery. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3).
Nadzir, H. (2023). E-Modul Menggunakan Model Hannafin and Peck pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 3(1).
Naifah Naifah, Fikrotul Khusnia, Rosidi. (2022). Taá¹wÄ«r WasÄ«lat VÄ«diyÅ« al-RusÅ«m al-Mutaḥarrikah li-Tarqiyat InjÄz TaÊ¿lÄ«m al-MufradÄt ladá at-ṬullÄb fÄ« al-Madrasah al-IbtidÄ’īyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 6(2).
Nasution, K. (2017, Juni). Berpikir Rasional-Ilmiah dan Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner dalam Studi Hukum Keluarga Islam. Al-Ahwal, 10(1), 19-20.
Nata, A. ( 1999). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nilna Ulfatul Farida, Mochammad Firdaus. (2022). Developing an Android Application ‘Amiyah’ of Arabic Conversation for Hajj And Umrah with Kodular. Arabi: Journal of Arabic Studies, 7(1).
Norbutaevich, J. T. (2020). Use of Digital Learning Technologies in Education on the Example of Smart Education. LA EDUSCI, 01(03).
Nur Azizah Bana Tussifa, Fikriyah, Prabawati Nurhabibah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Kartun Pada Materi Cerita Fabel Kelas II SDN 1 Grogol Kabupaten Cirebon. Jurnal Education and development,, 9(3).
Nur Fadilah Amin, A. F. (2022). The Development of Basic Arabic E-Module Using Fliphtml5 as Alternative Teaching Material. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 14(1).
Nurbayan, Y. (2020). Analisis Kebijakan Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia. Bandung: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pendidikan Indonesia.
Nurhadi, Danial Hilmi. (2022). Reform of theDevelopment of Digital Arabic Language Teaching Materials Based on Constructivism Learning Theory. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3).
Nurul Hamidaha, Abdul Harisa, Lailatul Mauludiyah. (2022). The Impact of Using Digital Books as A Media in Online Arabic Learning,. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(3).
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1).
Qurrotul A’yuni, D. H. (2022). Creative Arabic Learning Based on Quizizz: Model and Impact. AN NABIGHOH, 24(1).
Rifda Amalia, M. A. (2022). Development of Kosbarab Learning Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Elementary Level Students Based on Android Construct 2. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(2).
Rosalinda. (2020). Sastra Agama dan Kuasa Sosial: Analisis Wacana Kritis atas Nahj al-Burdah Karya ‘Abd al-Hamid bin Ahmad al-Khatib al-Minangkabawi. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Salahuddin Mohd Shamsuddin dan Siti Sara binti Hj. Ahmad. (2019). Problems of Teaching Arabic Language to Non-Native Speakers and its Methological Solutions. Advances in Social Sciences Research Journal, Vol. 6, No. 6.
Sarip, M. (2019, Juni). Model of Content and Language Integrated Learning (CLIL) Strategy in Arabic Speaking Subject. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(1).
Siti Jubaidah, Ihwan Rahman Bahtiar, Faqiha Nibros Salamah. (2022). Tathwîr Namûdzaj al-Ta’allum al-Iliktrûnî li Mâdah al-Lughah al-‘Arabiyah al-Qâim ‘ala al-Web fî al-Madrasah al-Mutawasithah al-Islâmiyah bi Jakarta. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 9(2).
Sitti Hardiyanti Arhas, Mirdayani , Risma Niswaty, Suprianto. (2023). The Influence of Using Learning Media on the Understanding of Office Administration Education Students at Universitas Negeri Makassar. Pinisi Journal of Education and Management, 2(3).
Sudikan, S. Y. (2015, Maret). Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sunhaji. (2014, Juli). Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sainsâ€, . Jurnal Insania, 19(2), 341-342.
Susan M. Drake, R. C. (2004). Meeting Standards Through Integrated Curriculum. Virginia: ASCD.
Susan M. Drake, R. C. (2004). Meeting Standards Through Integrated Curriculum. Viginia: ASCD.
Syamsu, P. K. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Integratif di Perguruan Tinggi. Ciputat: Young Progressive Muslim.
Taufik Nurrohman, Yunita Yunita, Moh Paris Fauzi Sawedi, Cahya Adi Prabowo. (2022). Improving Students’ Motivation and Psychology in Speaking Arabic through Dubbing Japanese Anime to Arabic. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 6(2).
Thoriq Aji Silmi, Abdulloh Hamid. (2023). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 12(1).
Ṭu’aimah, R. A. (1989). Ta’lÄ«m al-‘Arabiyyah li gair an-NÄá¹iqÄ«n bihÄ: ManÄhijuh wa AsÄlibuh. Ribath: ISESCO.
Ṭu’aimah, R. A. (2004). Al-MahÄrÄt al-Lugawiyyah; MustawayÄtuhÄ, TadrÄ«suhÄ, Shu’ūbatuhÄ. Kairo: Dar al-Fikr al-‘Araby.
Umi Hijriyah, Koderi, Erlina, Irwandani, Muhammad Aridan. (2022). Arabic Learning Media Based on Smart Apps Creator for Students of Islamic Junior High School. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 9(2).
Umi Hijriyah, M. A. (2022). Development of Digital Comic Media for Learning Qira'ah for Fifth Grade Students of Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(2).
Umi Hijriyah, Muhammad Aridan, Ahmad Nur Mizan, Aldio Dealintang, Lita Yuniarti. (2022). Developing Digital Comic Media for Learning Qira'ah for the Fifth Grade Students of Madrasah Ibtidaiyah. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 6(2).
Vera Pakharukova, O. T. (2019). Methodology of Integrated language Learning Projects for University Undergraduates. Revista Espacios, 40(5), 1.
Wahab, M. A. (2013). Standardisasi Kompetensi Bahasa Arab bagi Calon Sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1).
Yoke Suryadarma, I. F. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Program Pemantapan Bahasa Arab dan Shahsiah (KEMBARA) Ke 4 Pelajar Kolej Universiti Islam Antar Bangsa Selangor (KUIS) Tahun 2018. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, (p. 360). Malang.
DOI: 10.24235/ibtikar.v13i2.18700
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Pradi Khusufi Syamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â