Penerapan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran Bahasa Arab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Yanti Kusnawati(1*), Diwiacita Azzahra(2), Maman Rusman(3),


(1) Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon
(2) UIN Siber Syekh Nurjati
(3) UIN Siber Syekh Nurjati
(*) Corresponding Author

Abstract


Jika siswa menunjukkan motivasi belajar yang tinggi, maka proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih efektif dan efisien. Motivasi yang tinggi mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar-mengajar, meningkatkan pemahaman terhadap materi, dan mempermudah pencapaian hasil belajar yang optimal. Namun, motivasi siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab di MTs Pembangunan Mandirancan tergolong rendah, yang mungkin disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif, terutama ketergantungan pada buku teks yang cenderung monoton. Kondisi ini dapat menimbulkan kejenuhan terhadap metode pembelajaran yang diterapkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menggunakan buku pop-up sebagai media alternatif dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mengevaluasi tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan buku pop-up, (2) untuk membandingkan tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelompok yang menggunakan buku pop-up dengan kelompok yang tidak menggunakan buku pop-up, dan (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku pop-up terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan buku pop-up memiliki nilai rata-rata 103,59 yang menunjukkan tingkat motivasi yang rendah, (2) motivasi belajar siswa yang menggunakan buku pop-up mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 112,86, dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan, dan (3) penggunaan buku pop-up di MTs Pembangunan Mandirancan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Temuan ini didukung oleh hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t untuk dua sampel independen, dengan nilai signifikansi (dua sisi) sebesar 0,000. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Keywords


Arabic Language Education

Full Text:

PDF

References


Albab, U. (2019). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 19(1), 32–48.

Alviolita, N., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49.

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56.

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66.

Kasiram. (2008). Metodologi penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Studia Philosophica et Theologica, 16(2), 197–210.

Lintang, D. (2023). Bahasa Arab sebagai Identitas Budaya Islam dan Pemersatu Keberagaman Suku. Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 2(1), 73–86.

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Melinda, I. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV A SDN Merak I pada Mata Pelajaran IPS. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81.

Najahah, I., & Oemar, E. A. B. (2016). Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran TENTANG RUMAH DAN PAKAIAN ADAT NUSANTARA DI JAWA. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 04, 494–501.

Najib, M., Munir, M., & Prasetyo, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 16–33.

Piyungan, S. M. A. N., Mata, P., Ekonomi, P., & Ajaran, T. (2016). Motivasi belajar, fasilitas belajar, lingkungan keluarga dan faktor-faktor lain. 326–336.

Rahman, N. F. (2018). Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa Pba Iain Palangka Raya 2017/2018). Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 10(01), 22–

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, 53(9), 1689–1699.

Sugiyono. (2021). Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Google Books, April 2016, 110.

Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122.

Syukur, H., & Mulyawan, S. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa dalam Memahami Teks-Teks Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(1), 53.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1.

آمل. (2007). الداÙعية ÙÙ‰ التعليم. October.

أحمد Ùائز, ص. (2021). Ùعلية بطاقة (pop up) ÙÙŠ ترقية الداÙع إلى مهارة الكلام ÙÙŠ مدرسة الإبتدائية الروضة. 7(2), 254–268.

أيمنة, ز., & إسنوتي, ز. (2019). وسائل الإعلام ÙÙŠ تعليمية اللغة العربية. Arabia, 11(1), 28.

الÙاروق, ع. (2014). أهمية استخدام الوسائل التعليمية ÙÙŠ تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها. Jurnal Lisanu Ad-Dhad, 1(2), 79–90.

Ùطيمة, س. (2002). الداÙعية وأثرها ÙÙ‰ تعلم اللغات. Allughah, Language Journal, 90–94.




DOI: 10.24235/ibtikar.v13i1.17936

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yanti Kusnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Daftar Indeks:

    

  

Â