Teori Pembelajaran Bahasa Arab Integratif di Perguruan Tinggi
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan teori-teori terbarukan dalam pembelajaran bahasa Arab integratif di perguruan tinggi. Penelitian yang dilakukan dalam artikel ini bersifat kualitatif. Penggalian sumber penelitian salah satunya berupa sumber data bibliografi berupa buku-buku otoritatif dan artikel jurnal yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab integratif. Dari segi pendekatan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan filosofis. Pendekatan kualitatif berkaitan dengan kualitas, nilai, atau makna yang dijelaskan melalui bahasa atau kata-kata. Sedangkan pendekatan filosofis menjelaskan landasan ilmiah dan hakikat atau hikmah dari suatu objek formal. Kajian ini menegaskan bahwa pembelajaran bahasa Arab integratif adalah pembelajaran bahasa Arab yang memadukan empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis), unsur bahasa Arab, kompetensi kebahasaan (kompetensi linguistik, kompetensi komunikatif, dan kompetensi budaya) dan mengintegrasikan seluruh aspek pembelajaran baik akademik maupun non akademik sehingga semua program pembelajaran bahasa Arab dirancang dan dilaksanakan secara terpadu dan terprogram dalam kehidupan sehari-hari setiap siswa. Pembelajaran bahasa Arab integratif justru sesuai dengan karakter bahasa itu sendiri yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dimana keluasan bahasa harus diperlakukan secara utuh dan tidak sempit. Beberapa ulama yang mendukung pendapat di atas antara lain Ibnu Khaldun, Tamam Hassan, Ahmad Abduh Iwadh, Muhbib Abdul Wahab, Munther Younes, Farid Khalfawi, dan Balqasim Malikiyah. Kesimpulan penelitian ini berbeda dengan pendapat Noam Chomsky yang menyimpulkan bahwa kemampuan berbahasa merupakan bakat alami, tidak ditentukan oleh lingkungan alam karena bahasa bukanlah kebiasaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Zaenul Fitri, L. I. (2020). Model Pendekatan Multi-Inter-Transdisipliner dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum KKNI. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Ahmad, L. T. (2019). al-Qaá¸ÄyÄ al-BalÄgiyyah wa al-Adabiyyah wa al-Lugawiyyah ‘ind Ibnu Qutaibah. Kairo: Maktabah al-Ä€dÄb.
al-FauzÄn, ‘. a.-R. (1435). al-‘Arabiyyah bain Yadaika: KitÄb aá¹- ṬÄlib al-Awwal (Vols. 1-2). Riyadh: Maktabah al-Malik Fahd al-Wathaniyyah.
al-GhulÄyaini, M. b. (2019). Jami’ ad-Durus al-‘Arabiyyah: Masu’ah fi Tsalah Ajza. Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah.
Alioui, B. (n.d.). At-TakÄmul al-Ma’rifÄ« bain ‘UlÅ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah wa ‘UlÅ«m asy-Syarī’ah al-IslÄmiyyah. Al-Turath Journal, 11(2), 32.
al-Jurjani, A. Q. (1375). KitÄb DalÄil al-I’jÄz. Kairo: Maktabah al-Khanji.
al-JurjÄnÄ«, A. Q. (2009). Durj ad-Durar fÄ« TafsÄ«r al-Qur’Än al-Aẓīm (Vol. 1). Oman: Dar al-Fikr.
al-KhawÄrizmÄ«, M. b.-Z. (2009). TafsÄ«r al-KasysyÄf. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
al-KhawÄrizmÄ«, M. b.-Z. (2009). TafsÄ«r al-KasysyÄf. Beirut: Dar al-Ma’rifah.
AnbarÄ«, M. b. (1998). 'UlÅ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah wa á¹¢illatuhÄ bi ‘UlÅ«m asy-Syarī’ah al-IslÄmiyyah. Al-Ihya, 1(1), 211-212.
an-NÄqah, M. K. (1985). Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah li an-NÄá¹iqÄ«n bi Lugah UkhrÄ. Mekkah: Jami’ah Ummul Qurra.
as-Sakaki, A. Y. (1987). MiftÄh al-‘UlÅ«m. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
as-Saman, M. ‘. (1983). At-TaujÄ«h fÄ« TadrÄ«s al-Lugah al-‘Arabiyyah. Kairo: DÄr al-Ma‘arif.
aż-Żahabi, M. Ḥ. (2000). At-Tafsīr wa al-Mufassirūn (Vol. 1). Kairo: Maktabah Wahbah.
Banegas, D. L. (2012). Integrating Content and language in English Language Teaching in Secondary Education: Models, Benefits, and Challenges. Studies in Second Language Learning and Teaching, 2(1), 111.
Batmang. (2016, Juli-Desember). Pendekatan Transdisipliner (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 9(2), 47.
Butler, Y. G. (2005). Content-Base Instruction in EFL Contexts: Consideration for Effective Implementation. JALT Journal,, 27(2), 229.
Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. (Jakarta: Rajawali Press.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika dan Solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(2), 165-174.
FarÄ«d KhalfÄwÄ«, B. M. (2016, Juli). Aá¹-ṬarÄ«qah at-TakÄmuliyyah fÄ« Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah. Majallah ‘Ulum al-Lughah al-‘Arabiyyah wa Adabuha, 9.
Forgarty, R. (1991). The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine: Skylight Publishing Inc.
Gunawan, I. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ḥassan, T. (1973). Al-Lugah al-‘Arabiyyah Ma’nÄhÄ wa MabnÄhÄ. Kairo : al-Haiah al-Mishriyyah al-‘Ammah li al-Kitab.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Howard Brown, A. B. (2016). EMI, CLIL, & CBI: Differing Approaches and Goals. Jappan Assosoationon For Language Teaching (JALT) , 329.
Husaini, A. (2013). Filsafat Ilmu Perspektif Barat dan Islam. Jakarta: : Gema Insani Press.
IbrÄhÄ«m, A. a.-‘. (1968). Al-Muwajjih al-FannÄ« li Mudarris al-‘Arabiyyah. Makkah: Dar al-Ma‘arif.
Isytih, H. H. (2014, Maret). al-ManÄhij an-Nahwiyyah wa al-BalÄgiyyah bain al-IstiqlÄliyyah wa at-TakÄmuliyyah. ad-Dirasat al-Islamiyyah, 49(1), 161.
Iwaá¸, A. ‘. (2000). MadÄkhil Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah: DirÄsah Masḥiyyah Naqdiyyah. Mekkah: ami’ah Ummul Qurra,.
Kamil, S. (2013). Najib Mahfuz: Sastra, Islam dan Politik Studi Semiotik terhadap Novel Aulad Haratina. Jakarta: Dian Rakyat.
Kamil, S. (2019). Ensiklopedi Bahasa dan Sastra Arab. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Khaldūn, ‘. b. (2011). Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Krulatz, A. (2019). Content Based Instruction in Teacher Education: Reshaping Pre-Service Teachers’ Beliefs About Language Teaching. ELTED, 22, 9.
Kysilka, M. L. (1998). Understanding Integrated Curriculum. The Curriculum Journal,, 9(2), 199-200.
Mabrurrosi, A. M. (2022, March). Reflections on Ibn Jinni's Thought : Analysis of words and meanings in Arabic Semantics. Al-Irfan: Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(1), 1.
MÄlikiyah, F. K. (n.d.). Aá¹-ṬarÄ«qah at-TakÄmuliyyah fÄ« Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah. Majallah ‘Ulum al-Lughah wa Adabuha, 8(9).
Mas’ud, F. ( 2005). Rawai’ min Asy’ar aṣ-Ṣahabah. Kairo: Dar al-Hadis.
Masqon, D. (2014, April). Nahwa Mustaqbal Afá¸al Ta’ammulÄt fÄ« Taf’īl ‘Amaliyyah Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah li AbnÄ’ IndÅ«nisiyyÄ. Lisanu ad-Dhad, 1(1), 5-6.
Matthew B. Miles, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook. London: Sage Publications.
Mawardi, I. (2013). Pendidikan Islam Transdisipliner dan Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 255.
Mockler, N. (2018). Curriculum Integration in the 21st Century: Some Reflections in the Light of the Australian Curriculum. Springer Nature in Curriculum Perspectives, 2-3.
Nasution, K. (2017, Juni). Berpikir Rasional-Ilmiah dan Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner dalam Studi Hukum Keluarga Islam. Al-Ahwal, 10(1), 19-20.
Nata, A. ( 1999). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rosalinda. (2020). Sastra Agama dan Kuasa Sosial: Analisis Wacana Kritis atas Nahj al-Burdah Karya ‘Abd al-Hamid bin Ahmad al-Khatib al-Minangkabawi. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sarip, M. (2019, Juni). Model of Content and Language Integrated Learning (CLIL) Strategy in Arabic Speaking Subject. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 6(1).
Sudikan, S. Y. (2015, Maret). Pendekatan Interdisipliner, Multidisipliner, dan Transdisipliner dalam Studi Sastra. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1).
Sunhaji. (2014, Juli). Model Pembelajaran Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sainsâ€, . Jurnal Insania, 19(2), 341-342.
Susan M. Drake, R. C. (2004). Meeting Standards Through Integrated Curriculum. Virginia: ASCD.
Susan M. Drake, R. C. (2004). Meeting Standards Through Integrated Curriculum. Viginia: ASCD.
Syamsu, P. K. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Integratif di Perguruan Tinggi. Ciputat: Young Progressive Muslim.
Ṭu’aimah, R. A. (1989). Ta’lÄ«m al-‘Arabiyyah li gair an-NÄá¹iqÄ«n bihÄ: ManÄhijuh wa AsÄlibuh. Ribath: ISESCO.
Vera Pakharukova, O. T. (2019). Methodology of Integrated language Learning Projects for University Undergraduates. Revista Espacios, 40(5), 1.
Yoke Suryadarma, I. F. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Program Pemantapan Bahasa Arab dan Shahsiah (KEMBARA) Ke 4 Pelajar Kolej Universiti Islam Antar Bangsa Selangor (KUIS) Tahun 2018. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, (p. 360). Malang.
DOI: 10.24235/ibtikar.v12i1.14063
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Pradi Khusufi Syamsu, Darrotul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â