Faktor-faktor Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Â
Pembelajaran bahasa Arab sangat kompleks seiring dengan kompleksitas bahasa Arab itu sendiri. Keberhasilan proses pembelajaran bahasa Arab pun tidak ditentukan oleh satu faktor atau tunggal, melainkan ditentukan bermacam faktor. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab perlu memperhatikan dan pelibatan berbagai faktor efektivitas dan menjadikannya tolok ukur dalam proses pembelajaran. Perilaku abai terhadap faktor-faktor efektivitas, hanya menghantarkan pada proses pembelajaran bahasa Arab yang tidak optimal. Artikel ini menganalisis bahwa faktor-faktor efektivitas pembelajaran bahasa Arab meliputi profesionalitas guru; karakter pembelajar yang meliputi motivasi, kecerdasan dan kepribadian pembelajar; pemanfaatan varian metode pembelajaran; pemanfaatan media pembelajaran; kurikulum; dan lingkungan berbahasa.
Â
Learning Arabic is very complex, along with the complexity of the Arabic language itself. The success of the Arabic learning process is not determined by a single factor but by various factors. Therefore, to achieve success in learning Arabic, it is necessary to pay attention to and involve various effectiveness factors and make it a benchmark in the learning process. Neglecting behavior towards effectiveness factors only leads to a non-optimal Arabic learning process. This article argues that the factors affecting the effectiveness of learning Arabic include the professionalism of the teacher; the character of the learner, which includes the motivation, intelligence, and personality of the learner; the use of variants of learning methods; the use of learning media; the curriculum; and the language environment.Â
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Rais. “Teaching Media in the Teaching of Arabic Language to Non-Native Arabic Speakersâ€, Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 16, No. 1, 2016.
al-Andalusy, Abu Muhammad ‘Ali ibn Ahmad ibn Sa’id ibn Hazm. at-TaqrÄ«b li Hadd al-Manthiq wa al-Madkhal ilaih bi al-FÄzh al-‘Āmiyyah wa al-Amtsilah al-Fiqhiyyah. (Beirut: Dar Ibn Hazm, 2007).
al-‘ArabÄ«, á¹¢alah ‘Abd al-MajÄ«d. Ta’allum al-LugÄt al-Ḥayyah wa Ta’lÄ«muhÄ bain an-Naẓariyyah wa at-Taá¹bÄ«q. (Beirut: Maktabah Libnan, 1981).
al-AzÄ«zÄ«, Muḥammad Ḥusain. MadÄkhil ilÄ â€˜Ilm al-Lugah. (Kairo: Dar al-‘UlÅ«m, 1991).
Albantani, Azkia Muharom. Pembelajaran Bahasa Arab di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Teori dan Praktik. (Tangerang Selatan: Cinta Buku Media, 2018).
al-FauzÄn, ‘Abdur RaḥmÄn bin IbrÄhÄ«m. IdhÄ’Ät li Mu’allimÄ« al-Lugah al-‘Arabiyyah li gair an-NÄthiqÄ«n bihÄ. (Riyadh: Lisan al-‘Arab, 1431 H).
al-ḤudaibÄ«, ‘AlÄ« ‘Abd al-Muḥsin. DalÄ«l Mu’allim al-‘Arabiyyah li an-NÄá¹iqÄ«n bi GairihÄ. (Riyadh: Markaz al-Malik ‘Abdullah ibn ‘Abdul Aziz ad-Dawly, 2015).
al-JabburÄ«, ‘ImrÄn JÄsim. as-Sulá¹ÄnÄ«, Hamzah HÄsyim. al-ManÄhij wa ṬarÄ’iq TadrÄ«s al-Lugah al-‘Arabiyyah. (‘Amman: Muassasah DÄr al-á¹¢Ädiq aṡ-á¹ aqÄfiyyah, 2013).
al-KhalÄ«fah, Ḥasan Ja’far. al-Manhaj al-MadrasÄ« al-Mu’Äá¹£ir: al-MafhÅ«m, al-Usus, al-MukawwinÄt, at-TanẓīmÄt. (Riyadh: Maktabah al-Rusyd, 2003).
al-Khamis, ‘Abd ar-Rahman. ManÄhij Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah fÄ« al-Jami’Ät al-‘Arabiyyah ar-RÄidah: al-WÄqi’ wa FurÄsh at-Tathawwur. (Riyadh: Markaz al-Malik ‘Abd al-‘Aziz ad-Dawly, 2015).
al-KhÅ«lÄ«, Muḥammad ‘AlÄ«. Al-HayÄh ma’ Lugatain. (RiyÄdh: Al-Mamlakah al-‘Arabiyyah as-Su’ūdiyyah, 1988).
Alsayed, Mounawar. “Factors That Contribute to Success in Learning English as a Foreign Languageâ€, dalam Damascus University Journal, Vol. 19, No. 1-2, 2003
Aminudin. “Media Pembelajaran Bahasa Arabâ€, dalam Al-Munzir Vol. 7, No. 2, November 2014.
‘Amsyah, Khalid Husain Abu. Ad-DalÄ«l at-TadrÄ«bÄ« fÄ« TadrÄ«s MahÄrÄt al-Lugah al-‘Arabiyyah wa ‘AnÄshiruhÄ li an-NÄthiqÄ«n bi gairihÄ. (Riyadh: Markaz al-Malik ‘Abdullah bin ‘Abdul Aziz ad-Dawly li Khidmah al-Lughah al-‘Arabiyyah, 2018).
Arsyad, Azhar. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003).
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013).
Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian Teoritik. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009).
Chatib, Munif. Said, Alamsyah. Sekolah Anak-anak Juara. (Bandung: Kaifa, 2012).
Djamarah. Bahri, Syaiful. Zain, Aswan. Strategi Belajar-Mengajar. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006).
Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. (Malang: Misykat, 2005).
Eysenck, Hans. Dimensions of Personality. (Kegan Paul: Trench, Trubner & Co., Ltd., 1947).
Gardner, R.C. Social Psychology and Second Language Learning: The Role of Attitudes. (London: Edward Arnold, 1985).
G. Crookes. & dan W. Schmidt R. “Motivation: Reopening the Research Agendaâ€, dalam Language Learning, Vol. 41, No. 4, 1991.
Hady, Yazid. “Pembelajaran Maharat al-Kalam menurut Rusydi Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil an-Naqahâ€, dalam Al-Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 5, No. 1, Juni 2019.
Harlenn, Wynne & Crick, Ruth Deakin. Test and Motivation for Learning. (London: Routledge, 2003).
Henson. Kenneth T. Educational Psychology for Effective Teaching. (London: Wadsworh Pub, 1999).
Huda, Mualimul. “Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional: (Studi Komparasi di MTs. Al-Muttaqin Plemahan Kediri)â€, dalam Jurnal Penelitian, Vol. 10, No. 1, Februari 2016.
Indriani, Ketut Santi. “Factors Influencing Motivation in Learning English of Mangusada Badung General Hospital Staffâ€, dalam OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 14, No. 1, May 2020.
Irwan. Asrida, Deni. Fadli, Novria. “Contributing Factors to the Students’ Speaking Abilityâ€, dalam LANGKAWI, Vol. 3 No. 2, September 2017.
Jasmine, Julia. Mengajar Berbasis Multiple Intellingence. (Bandung: Nuansa, 2007).
Khasinah, Siti. “Factors Influencing Second Language Acquisitionâ€, dalam Englisia Vol. 1 No.2, May 2014.
Kholid, Idham. “Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Asingâ€, dalam English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, Vol. 10, No. 1, 2017.
Liando, Nihta V. F. “Factors Affecting A Successful Language Learnerâ€, dalam Indonesian Journal of English Language Teaching Volume 8, Number 1, May 2012.
Liuoliene, Alvyda & Metiuniene, Regina. “Second Language Learning Motivationâ€, dalam Santalka Filologija Edukologija, Vol. 14, No. 2.
Madkūr, ‘Alī Aḥmad Tadrīs Funūn al-Lugah al-‘Arabiyyah. (Jami’ah Kairo: Maktabah Dar al-Fikr al-‘Araby, 2002).
Masqon, Dihyatun. “Mu’assasah DÄrissalam Gontor wa DauruhÄ fÄ« Ta’lÄ«m al-Lugah al-‘Arabiyyah li an-NÄthiqÄ«n bi GairihÄ bi Ma’had Gontor Namudzajanâ€, dalam Jurnal Tsaqafah Vol. 10, No. 1, Mei 2014.
Masqon, Dihyatun. “Al-Lugah al-‘Arabiyyah: Ta’lÄ«muhÄ wa Ta’allumuhÄ fÄ« IndunÄ«siyyÄ al-HadÄ«tsah (QirÄ’ah WÄqi’iyyah Namudzajiyyah)â€, dalam Jurnal Tsaqafah, Vol. 8, No.1, April 2012.
Muḥammad, ‘Alī Isma’īl al-Manhaj fī al-Lugah al-‘Arabiyyah. (Kairo: Maktabah Wahbah, 1997).
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003).
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005).
Nurkholis. “Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Bahasa Arabâ€, dalam Al-Fathin Vol. 1 Edisi Januari-Juni 2018.
Purwanto, Edy. “Model Motivasi Trisula: Sintesis Baru Teori Motivasi Berprestasiâ€, dalam Jurnal Psikologi, Vol. 41, No. 2, Desember 2014.
Reddi, Usha V. Mishra, Sanjaya. Educational Multimedia: A Handbook for Teacher-Developers. (New Delhi: The Commonwealth Learning of Commonwealth Educational Media Centre for Asia, 2003).
Ridlo, Ubaid. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Multiple Intelligences. (Cirebon: Nusa Litera Inspirasi, 2018).
Rosyidi, Abdul Wahab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. (Malang : UIN Malang Press. 2009).
Roqib, Moh. & Nurfuadi. Kepribadian Guru: Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. (Yogyakarta: CV. Cinta Buku, 2020).
Sadiman, Arief S. dkk, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).
Sari, Pusvyta. “Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaranâ€, dalam Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. I No. 1, Januari 2019.
Shaaruddin, Jamila. Mohamad, Maslawati. “Identifying the Effectiveness of Active Learning Strategies and Benefits in Curriculum and Pedagogy Course for Undergraduate TESL Studentsâ€, dalam Scientific Research Publishing, Creative Education, 28 November 2017.
Shalah, Sumair Yunus & ar-Rusyyidy, Sa’ad Muhammad. At-Tadrīs al-‘Ām wa Tadrīs al-Lugah al-‘Arabiyyah. (Kuwait: Maktabah al-Falah, 1999).
Sifaurrohmah, Astuti & Arini, Din Rusyda. “Thará¿‘qatu Ta’lá¿‘mil-Lugah al-‘Arabiyyah fá¿‘ Ma’had Al-Iá¹£lÄh li Al-BanÄt Lamonganâ€, dalam Jurnal Lisanudhad, Vol. 05 No. 02, Desember 2018.
Sudsaard, Samanan. “The Learner Factors: Guide for Successful Language Learningâ€, dalam Thammasat Review, Vol. 16, No. 3, 2003.
Syahid, Ahmad Habibi. “Kepribadian Ekstrovert-Introvert dan Pemerolehan Bahasa Kedua Perspektif Psikolinguistik pada Santri Pondok Modernâ€, dalam Al-Qalam, Vol. 31, No. 2, Juli-Desember 2014.
Syuja’i. Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi dan Metode Pengembangan Kompetensi, (Semarang: Wali Songo Press, 2008). Hal. 4.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, 2006).
Ṭu’aimah, RusydÄ« Aḥmad. Ta’lÄ«m al-Arabiyyah li Gair al-NÄthiqÄ«na bihÄ ManÄhijuh wa AsÄlibuh. (Ribath: Isesco, 1989).
Ṭu’aimah, RusydÄ« Aḥmad. ManÄhij Tadris al-Lugah al-‘Arabiyyah bi al-Ta’lim al-Asasi. (Kairo: Dar al-Fikr al-‘Arabi, 2001).
Ulya, Nur Maziyah. “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Eksperimen Pada MAN 1 Semarang)â€, dalam Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 10, Nomor 1, April 2016.
Wahab, Muhbib Abdul. Epistemologi & Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (Tangerang Selatan: UIN Jakarta Press, 2008).
Wahab, Muhbib Abdul. “Pembelajaran Bahasa Arab di Era Posmetode,†Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 2, No. 1, 2015.
Wahab, Muhbib Abdul. “Quo Vadis Pendidikan Bahasa Arab di Era Globalisasiâ€, Makalah disampaikan dalam Seminar Sehari BEMJ PBA FITK UIN Jakarta, 29 Mei 2006;
Wahab, Muhbib Abdul Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2008).
Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran. (Yogyakarta: Media Abadi, 2005).
DOI: 10.24235/ibtikar.v11i2.11600
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pradi Khusufi Syamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â