Penyimpangan Etika Berbahasa dalam Interaksi Siswa Berstatus Santri dengan Guru antara di Sekolah dan Pesantren
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati CIrebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Alika, S. D. (2017). Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (The Violation Of Language Politeness Principles In The Interaction Of Indonesian Language Teaching And Learning). Jalabahasa, 13(1), 39–49. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v13i1.51
Anam, A. (2011). Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul: untuk SMK dan MAK Kelas XII Karangan Yustinah dan Ahmad Iskak. Universitas Negeri Yogyakarta.
Azizah. (2021). Realisasi Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa dalam Pembiasaan Karakter Komunikatif di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia., 1(1).
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Istighna, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Hermawan, M. A., dkk. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Sintaksis Pada Rubrik “Keluarga†Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Edisi 16 Februari 2020. Piktorial l Journal of Humanties I., 2(2).
Indihadi, D. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa. BBM 8, 1(5), 1–94.
Jannah, M. (2016). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), 243–256. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493
Kusmana, A. (2012). Perilaku Bahasa Menyimpang Pada Peserta Didik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 69–84. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a6
Mayrita, H. (2017). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Objek Langsung. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1).
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda Karya.
Musaba, Z. (2012). Terampil Berbicara; Teori dan Pedoman Penerapannya. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo.
Rahayu, E. E. (2013). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Antarsantri Putri Pondok Pesantren Al-Muayyad Surakarta: Kajian Pragmatik. In Naskah Publik Ilmiah (Issue June). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423
Replita. (2014). Pemberdayaan Pendidikan Karakter dan Bahasa Pada Remaja Dalam Keluarga. Jurnal Darul ‘ Ilmi, 02(02), 13–25.
Rohma, A. F. N. (2010). Analisis Penggunaan dan Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa di Terminal Giwangan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Saidah, U. N. dkk. (2018). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Perkembangan Afektif pada Anak Remaja di Kabupaten Pekalongan. 441, 441–448.
Sari, B. P. (2015). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalngan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB. Universitas Bengkulu.
Sari, S. Y. (2017). Tinjauan perkembangan psikologi manusia pada usia kanak-kanak dan remaja. Primary Education, 1(1), 46–50. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index
Susylowati, E., & Wisudawanto, R. (2021). Kesantunan Berbahasa Santri Wanita Dalam Komunikasi Di Pesantren. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 16(2), 153. https://doi.org/10.26499/loa.v16i2.3494
Yulianti, W. (2020). Penyiar Santun Itu Keren. Surakarta: Oase Pustaka.
DOI: 10.24235/ibtikar.v11i1.10745
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times PDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ilman Nafi'a, Masrukhin Masrukhin, Septi Gumiandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â