Analisis Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 12 di Madrasah Aliyyah
(1) 
(2) 
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ê¿AbÄs, Muhammad KhalÄ«l waakharÅ«na. 2014. Madkhal ila manÄhiju al-bahsi fÄ« al-tarbiyyah wa Ê¿ilmu al-nafsi. Ê¿AmÄn: DÄr al-Muyassarah lil-Nasyri wal-Tauziʾi
Ê¿AbÄ«dÄt, waakharÅ«na. 2015. Al-bahsu al-Ê¿ilmiy mafhÅ«muhu waadawÄtuhu waasÄlÄ«buhu. Ê¿AmÄn: DÄr al-fikri
Ainin. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka
Al-DiyÄr, Abu Masʾud. 2012. Al-QiyÄs wal-tasykhÄ«á¹£u lizawiy suʾūbÄt al-taʾalum. Kuwait: Maktabah Kuwait al-watiniyyah asnÄ al-nasyri.
Al-fauzÄn, Ê¿Abdu al-Rahman IbrÄhÄ«m. 2011. Iá¸aÄt limuʾalimiy al-lugah al-Ê¿arabiyyah ligairi al-naá¹iqÄ«na bihÄ. Al-RiyÄá¸: Al-Mamlakatu al-Ê¿arabiyyah al-suʾudiyyah.
Ê¿Ali, UsÄmah ZakÄ« al-Sayyid. 2016. Al-IkhtibÄrÄt al-lugawiyyah muqÄrabah manhajiyyah tatbiqiyyah. Al-RiyÄá¸: DÄr wujÅ«h lil-nasyri wal-tawziʾi
Al-JÄgub, Muhammad. 2002. Al-manhaj al-taqwim fi mihnah al-taʾlim. Ê¿Aman: Dar wail lil-nasyri wal-tauzʾi.
Al-Khuli, Muhammad ʿAli. 2000. Al-ikhtibarat al-lugawiyyah. Ardan: Dar al-falah lil-nasyri wal-tawziʾ
Al-SyarbÄ«nÄ«, ZakariyÄ waakharÅ«na. 2013. ManÄhiju al-bahsi fÄ« al-Ê¿ulÅ«mi al-tarbawiyyah wal-nafsiyyah wal-ijtimÄʾiyyah. Al-RiyÄá¸: Maktabah al-Syarqawi.
Anetha. L. F, Tilaar dan H. 2019. Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. JP3I: Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia. 8 (1). 57-68.
Anis, IbrÄhÄ«m waÄkharÅ«na. 1979. Al-Muʾjam al-wasit. Turki: Dar DaÊ¿wah
Dawidri, Raja Wahīd. Al-bahsu al-ʿilmi asasiyatuhu al-naẓariyatuhu wa mumarisatuhu al-ʿilmiyyah. Damaskus: Dar al-fikri
Depdiknas. 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Dirjen Menejamen Pendidikan Dasar dan Menengah..
Faridah, Ida. 2019. EVALUASI Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
———. 2021. Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Prinsip dan Operasional. Bandu: PT Remaja Rosda Karya.
IbrÄhÄ«m, MajdÄ« Ê¿Aziz. 2009. Muʾjam Muá¹£á¹ÄlaḥÄt wamafÄhÄ«mi al-taʾlim wa-taʾalum. Qahirah: Ê¿Alimul al-kutub.
Ibrahim, Nini dan Prima Gusti Yanti. 2017 . Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Perguruan Tinggi dan Umum. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Jabir, Walid Ahmad. 2002. Tadrisu al-lugah al-Ê¿arabiyyah mafÄhÄ«mu naẓariyyatuhu wataá¹biqÄti Ê¿amaliyyah. Ê¿Aman: Dar al-fikri.
Juhanda, Aa. 2016. Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi SMA. Vol. 21. No. 1. 61-66.
Jumiati. 2016. IPA dan Pembelajaran Beripikir Tingkat Tinggi (telaah buku siswa MI/SD kelas VI Tema. Karya Afriki, dkk). Vol. 2. No. 1. 1-10.
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam. 2021. Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Madrasah. Jakarta: Direktur Jendral Pendidikan Islam.
LabÄ«d, AbÄ«. 2009. Ṭuruqu al-tadrÄ«s waasÄlÄ«bu al-imtihÄn. Pakistan: Al-jÄmiʾah al-fÄrÅ«qiyyah
MadkÅ«r, Ê¿Ali waakhrarÅ«na. 2010. Al-marjiʾ fÄ« manÄhiji al-lugah al-Ê¿arabiyyah lil-nÄá¹iqÄ«na bilugÄtin ukhra. Al-qÄhirah: DÄr al-fikri al-Ê¿araby
Modul Penyusunan Soal. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Bahasa dan Sastra Arab. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhammad, Ê¿Ä€bdu al-khÄliq. 1089. IkhtibÄr al-lugah. Al-riyÄá¸: JÄmiʾatu al-muluk saʾūd.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yoryakarta.
Purnomo, Pajar. 2019. Penilaian Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill). Cilacap: Candradimuka Pers.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
QÄsim, AnsÄ Muhammad Ahmad. 2003. Al-furÅ«qu al-fardiyyah wal-taqwÄ«m. Ê¿AmÄn: DÄr al-fikri
QazÄmil, SÅ«niyÄ HÄnim Ê¿Ali. 2013. Al-muʾjam al-Ê¿asriy fÄ« al-tarbiyyah. Al-qÄhirah: Ê¿Ä€limul al-kutub
Rahayu, Sri. dkk. 2020. Pengembangan Soal High Order Thinking Skill untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7. No. 2. Hal. 127-137.
Ruwaida, Hikmatu. “Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas.†AL-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019): 51–76.
Sudjana, Nana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendiidkan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Thoha, M. Chabib. 1991. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan,. 2019. Panduan Penilaian Tes Tertulis. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Tuʾaimah, RusydÄ« Ahmad. 2000. NamÄzuju al-ikhtibarÄtu al-mawduiyyah fÄ« al-lugah lil-marhalati al-sÄnawiyyah. Al-QÄhirah: DÄr Al-fikri al-Ê¿Arabiy
-------------. 2004. TahlÄ«l al-muhtawÄ fÄ« al-Ê¿ulÅ«mu al-insÄniyyah mafhÅ«muhu ususuhu asikhdÄmuhu. Al-QÄhirah: DÄr Al-fikri al-Ê¿Arabiy.
Umar, Jahja. 1996. Bahasa Penataran Pengujian Pendidikan. Jakarta: Balitbang Dikbud.
Umar, MahmÅ«d Ahmad waakharÅ«na. 2010. Al-QiyÄs al-nafsi wal-tarbawiyyi. Aman: DÄr al-muyassarah lil-nasyri wal-tawziʾi
Umar, Saifu al-islÄm Saʾdun. 2009. Al-muwajiz fi manhaj al-bahsi al-ilmÄ«y fÄ« al-tarbiyyah wal-Ê¿ulum al-insÄniyyah. Dimasyqa: DÄr al-fikri
DOI: 10.24235/ibtikar.v11i1.10521
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Iza Zainal Ambiya, Sopwan Mulyawan, Hasan Saefuloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 Â