Analisis Soal Ujian Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 12 di Madrasah Aliyyah
(1) 
(2) 
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
ʿAbās, Muhammad Khalīl waakharūna. 2014. Madkhal ila manāhiju al-bahsi fī al-tarbiyyah wa ʿilmu al-nafsi. ʿAmān: Dār al-Muyassarah lil-Nasyri wal-Tauziʾi
ʿAbīdāt, waakharūna. 2015. Al-bahsu al-ʿilmiy mafhūmuhu waadawātuhu waasālībuhu. ʿAmān: Dār al-fikri
Ainin. 2010. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: Hilal Pustaka
Al-Diyār, Abu Masʾud. 2012. Al-Qiyās wal-tasykhīṣu lizawiy suʾūbāt al-taʾalum. Kuwait: Maktabah Kuwait al-watiniyyah asnā al-nasyri.
Al-fauzān, ʿAbdu al-Rahman Ibrāhīm. 2011. Iḍaāt limuʾalimiy al-lugah al-ʿarabiyyah ligairi al-naṭiqīna bihā. Al-Riyāḍ: Al-Mamlakatu al-ʿarabiyyah al-suʾudiyyah.
ʿAli, Usāmah Zakī al-Sayyid. 2016. Al-Ikhtibārāt al-lugawiyyah muqārabah manhajiyyah tatbiqiyyah. Al-Riyāḍ: Dār wujūh lil-nasyri wal-tawziʾi
Al-Jāgub, Muhammad. 2002. Al-manhaj al-taqwim fi mihnah al-taʾlim. ʿAman: Dar wail lil-nasyri wal-tauzʾi.
Al-Khuli, Muhammad ʿAli. 2000. Al-ikhtibarat al-lugawiyyah. Ardan: Dar al-falah lil-nasyri wal-tawziʾ
Al-Syarbīnī, Zakariyā waakharūna. 2013. Manāhiju al-bahsi fī al-ʿulūmi al-tarbawiyyah wal-nafsiyyah wal-ijtimāʾiyyah. Al-Riyāḍ: Maktabah al-Syarqawi.
Anetha. L. F, Tilaar dan H. 2019. Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. JP3I: Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia. 8 (1). 57-68.
Anis, Ibrāhīm waākharūna. 1979. Al-Muʾjam al-wasit. Turki: Dar Daʿwah
Dawidri, Raja Wahīd. Al-bahsu al-ʿilmi asasiyatuhu al-naẓariyatuhu wa mumarisatuhu al-ʿilmiyyah. Damaskus: Dar al-fikri
Depdiknas. 2008. Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta: Dirjen Menejamen Pendidikan Dasar dan Menengah..
Faridah, Ida. 2019. EVALUASI Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
———. 2021. Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Prinsip dan Operasional. Bandu: PT Remaja Rosda Karya.
Ibrāhīm, Majdī ʿAziz. 2009. Muʾjam Muṣṭālaḥāt wamafāhīmi al-taʾlim wa-taʾalum. Qahirah: ʿAlimul al-kutub.
Ibrahim, Nini dan Prima Gusti Yanti. 2017 . Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Perguruan Tinggi dan Umum. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Jabir, Walid Ahmad. 2002. Tadrisu al-lugah al-ʿarabiyyah mafāhīmu naẓariyyatuhu wataṭbiqāti ʿamaliyyah. ʿAman: Dar al-fikri.
Juhanda, Aa. 2016. Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Biologi SMA. Vol. 21. No. 1. 61-66.
Jumiati. 2016. IPA dan Pembelajaran Beripikir Tingkat Tinggi (telaah buku siswa MI/SD kelas VI Tema. Karya Afriki, dkk). Vol. 2. No. 1. 1-10.
Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam. 2021. Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Madrasah. Jakarta: Direktur Jendral Pendidikan Islam.
Labīd, Abī. 2009. Ṭuruqu al-tadrīs waasālību al-imtihān. Pakistan: Al-jāmiʾah al-fārūqiyyah
Madkūr, ʿAli waakhrarūna. 2010. Al-marjiʾ fī manāhiji al-lugah al-ʿarabiyyah lil-nāṭiqīna bilugātin ukhra. Al-qāhirah: Dār al-fikri al-ʿaraby
Modul Penyusunan Soal. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Bahasa dan Sastra Arab. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Muhammad, ʿĀbdu al-khāliq. 1089. Ikhtibār al-lugah. Al-riyāḍ: Jāmiʾatu al-muluk saʾūd.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-Yoryakarta.
Purnomo, Pajar. 2019. Penilaian Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill). Cilacap: Candradimuka Pers.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Qāsim, Ansā Muhammad Ahmad. 2003. Al-furūqu al-fardiyyah wal-taqwīm. ʿAmān: Dār al-fikri
Qazāmil, Sūniyā Hānim ʿAli. 2013. Al-muʾjam al-ʿasriy fī al-tarbiyyah. Al-qāhirah: ʿĀlimul al-kutub
Rahayu, Sri. dkk. 2020. Pengembangan Soal High Order Thinking Skill untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7. No. 2. Hal. 127-137.
Ruwaida, Hikmatu. “Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas.” AL-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019): 51–76.
Sudjana, Nana. 2019. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Pendiidkan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Syamsudin dan Vismaia S. Damaianti. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Thoha, M. Chabib. 1991. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan,. 2019. Panduan Penilaian Tes Tertulis. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Tuʾaimah, Rusydī Ahmad. 2000. Namāzuju al-ikhtibarātu al-mawduiyyah fī al-lugah lil-marhalati al-sānawiyyah. Al-Qāhirah: Dār Al-fikri al-ʿArabiy
-------------. 2004. Tahlīl al-muhtawā fī al-ʿulūmu al-insāniyyah mafhūmuhu ususuhu asikhdāmuhu. Al-Qāhirah: Dār Al-fikri al-ʿArabiy.
Umar, Jahja. 1996. Bahasa Penataran Pengujian Pendidikan. Jakarta: Balitbang Dikbud.
Umar, Mahmūd Ahmad waakharūna. 2010. Al-Qiyās al-nafsi wal-tarbawiyyi. Aman: Dār al-muyassarah lil-nasyri wal-tawziʾi
Umar, Saifu al-islām Saʾdun. 2009. Al-muwajiz fi manhaj al-bahsi al-ilmīy fī al-tarbiyyah wal-ʿulum al-insāniyyah. Dimasyqa: Dār al-fikri
DOI: 10.24235/ibtikar.v11i1.10521
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Iza Zainal Ambiya, Sopwan Mulyawan, Hasan Saefuloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.