PENGARUH KUALITAS INTERAKSI SOSIAL DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA)

Siti Murti(1*), Heryanto Heryanto(2),


(1) SMA Negeri 5 Samarinda
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengevaluasi kualitas interaksi sosial di lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah metoda deskriptif atau sering disebut juga taxonomic research yaitu untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi suatu fenomena sosial dengan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah unit yang diteliti. Metode penentuan sampel sebagai unit analisis menggunakan teknik simple random sampling secara proporsional. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kualitas interaksi sosial di lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Semakin baik kualitas interaksi sosial orang tua dengan anak maka semakin baik prestasi belajar siswa.

Kata kunci: interaksi, keluarga, prestasi, siswa

 

Abstract

The purpose of this study was to uncover and evaluate the quality of social interaction in the family environment on student achievement. The approach used in this study is descriptive method or often called the taxonomic research is to explore and clarify a social phenomenon by describing a number of variables relating to issues under investigation unit. Determination of the sample as a unit of analysis used simple random sampling technique proportionally. The results showed that the quality of social interaction in the family environment have a significant effect on student achievement. The better quality of a social interaction between parent and child, then led to a better performance.

Keywords: interaction, family, achievement, students

Full Text:

PDF

References


Aditya, IG. dkk. 2013. Pengaruh Partisipasi Orang Tua Dalam Mendidik di Lingkungan Keluarga Terhadap Pretasi Belajar Siswa. Laporan Penelitian. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ganesha. Singaraja. Diakses dari http://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/JJPE/article/view/1270 pada tanggal 15 Agustus 2016.

Al-Muyassar. (2011). Al-Qur’an dan Terjemahannya Juz 1 s/d 30 (Transliterasi). Bandung. Sinar Baru Offset.

Amien, Mohammad. (1994). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: PPS IKIP Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi V), Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, D.A.P. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Pada Kelas X di SMK Muhammadyiah Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/ pada tanggal 14 Agustus 2016.

Dasmo, dkk. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Formatif Vol. 2 No. 2: 132-139. Diakeses dari http://journal.lppmunindra.ac.id/ tanggal 21 Agustus 2016.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriastuti. Febriani. 2013. Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Keluarga dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal OIKONOMIA Vol. 2 No. 3: 183-188 Tahun 2013. Diakses dari http://ejournal.umpwr.ac.id/ pada tanggal 19 September 2016.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Heryanto, 1996. Pengaruh Daya Dukung Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Laporan Penelitian. Samarinda: FKIP Unmul.

Nasruddin. 2009. Kerjasama Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Serambi Ilmu Vol. 7 No. 1 halaman 57-66.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Edisi ke 6. Bandung: Penerbit Tarsito.

Violita, F. 2013. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi. Fakultas Ekonomi Negeri Padang. Diakses dari http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php /pek/article/viewFile/391/218 pada tanggal 14 Agustus 2016.

Wahyudin, M.M. 2009. Pengaruh Perhatian Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP NU Karangampel Kabupaten Indramayu). Jurnal EduMa, Vol. 1, No. 2: 165-172, Desember 2009. Diakes dari https://edumajournal.files.wordpress.com/ pada tanggal 15 Agustus

Widana, N.N.W.S.S. 2016. Pengaruh Disipilin dan Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja.Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Volume: 7 Nomor: 2: 1-11 Tahun: 2016. Diakses dari http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/1270 pada tanggal 19 September 2016.

Widhirahmadi, Arsawan. 2015. Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah. Purworejo. Diakes dari http:// ejournal.umpwr.ac.id/ pada tanggal 19 September 2016.

Wirdhana dkk 2015. Buku Pegangan Kader Tentang Bimbingan dan Pembinaan Keluarga Remaja. Jakarta: BKKBN.

Zamroni. 1992. Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.898

Article Metrics

Abstract view : 917 times
PDF - 621 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com