PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANTARA SISWA KELAS I MELALUI TK DENGAN TIDAK MELALUI TK DI MI PGM KOTA CIREBON

Ai Sabrina(1*), Idah Faridah laily(2),


(1) IAIN SYEKH NURJATI
(2) IAIN SYEKH NURJATI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Berdasarkan temuan penulis pada studi pendahuluan di MI Persatuan Guru Madrasah (PGM) Kota Cirebon ditemukan bahwa, dalam pelaksanaan proses belajar membaca permulaan terdapat perbedaan kemampuan membaca yang signifikan antara siswa yang sebelumnya menempuh pendidikan di Taman kana-Kanak (TK) dengan siswa siswi yang tidak menempuh Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK), baik dari kefasihan ataupun dari kelancaran membaca. Kemampuan membaca permulaan  merupakan proses  mengenal bacaan yang dilakukan secara terprogram yang diperuntukkan untuk anak usia dini.  Siswa melalui TK pada kemampuan membaca sudah mengenal simbol huruf, mengucapkan bunyi huruf, membedakan huruf, menyebutkan benda, memahami hubungan bunyi dan huruf   dan melafalkan kata dengan jelas. Sedangkan siswa tidak melalui TK secara keseluruhan belum mengenal kegiatan dan kurikulum yang diajarkan pada siswa yang melalui TK.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif kasual komparasi. Teknik pengumpulan  data meliputi tes dan observasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas I (satu) MI PGM Kota Cirebon. Dengan teknik  Boring Sampling, sampel yang diambil adalah siswa kelas I A dan I B yang jumlahnya adalah 64 siswa. Setelah data diperoleh, data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan uji T (Independent Sample test) data yang diperoleh berdistribusi normal.   Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa terdapat 98% siswa lulusan tk tuntas belajar dan yang belum tuntas 2%. Sedangkan pada non tk 10% yang tuntas dan yang belum tuntas terdapat 90%.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Melalui TK,  Tidak Melalui TK

 

                                                                         

ABSTRACT

            Based on researcher findings in introduction study at MI PGM Cirebon. The researcher found to apply process of reading learning in introduction, there is constrast difference in reading ability between kindergarden and non-kindergarden students., the difference is based on reading fluency. Ability in introduction reading is a process to know reading that happen programmed for children. In kindergarden, reading ability students have known alphabet symbol, how to say sounds of alphabet, how to distinguish alphabet, mention noun, how to understand the relation between sound and alphabet and pronounce word clearly. Meanwhile, students that non-kindergarden overall have not known activities and curriculum used in kindergarden.

            This research use quantitative casual comparation. Technic of collecting the data by using test and observation. Population in this research is all students in first grade MI PGM Cirebon. Researcher use boring sampling that take a sample from first grade A and B. Total of the students number is 64 students. After obtain the data, researcher analyze by using T  experiment (independent sample test), the data obtained normal distributed. The result showed that there is about 98% students graduation from kindergarden have achieved  minimal score, only 2% students are not achieved. Besides, non-kindergarden only about 10% students are achieved minimal score and there are 90% students are not achieved minimal score.

Keywords: Reading Skill, Kindergarden, Non-Kindergarden


Full Text:

PDF

References


Dalman. ( 2013) KeterampilanMembaca. Depok: Raja Grafindo Persada.

Emzir. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hasan, Iqbal. (2009) Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Istiarini, R. (2012). Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia.http://journal.uny.ac.id/ article/

viewfile.pdf. (Diakses pada tanggal 05 Agustus 2016 Pukul 20:10 WIB)

Jihad dan Haris.( 2013) Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Nazir, Mohammad. (2005) Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia Aksara

Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syamsu Yusuf & Nani M. Sugandhi. (2011) Perkembangan PesertaDidik. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Wulan, Ratna. 2013. Peranan Intelegensi, Penguasaan Kosakata,Sikap, dan

Minat terhadap Kemampuan Membaca padaAnak. http://jounral.uny.ac.id/ article/download. (Diakses pada tanggal 03 Agustus 2016 Pukul 11:35 WIB)




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.896

Article Metrics

Abstract view : 807 times
PDF - 470 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com