MODEL PARTISIPATIF PENCEGAHAN DEMORALISASI PADA PESERTA DIDIK

Heryanto Heryanto(1*),


(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengevaluasi pencegahan demoralisasi pada peserta didik, sehingga diperoleh gambaran proses, pola dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dan snowball sampling, sedangkan ukuran sampel ditentukan berdasarkan kelengkapan informasi yang diperlukan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) keluarga adalah lembaga pendidikan pertama yang mengajarkan moralitas, semenjak anak dalam kandungan; (2) setiap anggota keluarga menghargai secara demokratis, untuk untuk membangun percaya diri anak; (3) kehidupan keluarga berlandaskan nilai moral agama dan adat istiadat; (4) membangun komunikasi yang produktif dengan sekolah; (5) mengawasi dan mengevaluasi pergaulannya di lingkungan masyarakat; (6) orang tua selalu memberikan bantuan kepada anaknya jika ia menghadapi kesulitan

Kata kunci: agamis, demokrasi, demoralisasi, keluarga.

 

Abstract

The purpose of this study was to analyze and evaluate prevention demoralized students, in order to obtain an overview of the process, patterns and factors that influence it. This study used a qualitative approach. The sampling method using purposive sampling, and snowball sampling, while the sample size is determined based on the completeness of the information required. Data were collected through observation, interviews, questionnaires and documentation. The results showed that: (1) The family is the first educational institution that teaches morality, since the child in the womb; (2) every member of the family appreciated the democratic way, for children to build self-confidence; (3) the family life based on moral values of religion and customs; (4) building productive communication with the school; (5) monitor and evaluate the interaction in society; (6) parents always provide assistance to the their child if he is facing difficulties.

Keywords: democratic, demoralization, families, religious.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anekasari, Rahmi. (2015). Paradigma Pendidikan Islam Multidimensional: Konsep dan Implikasinya dalam PAI di Sekolah/Madrasah. Jurnal Hikmatuna, Vol. No. 1: 99-130.http://e-journal.stainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/474/763 [diakses 02-08-2016].

Halimaking, Igo. (2015). Demoralisasi Pelajar, Refleksi Kelemahan Pendidikan. http://floringgo.blogspot.co.id/2015/04/ [diakses 06-08-2016].

Harsojo, A. (2013). Membangun Karakter Berkearifan Lokal Dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan Volume 4, Nomor 1: 19-28, Januari 2013. www.stkippgrismp.ac.id/backsite-content/uploads/2013/08/Ali-Harsojo.pdf [diakses 04-08-2016]

Jannah, Husnatul. (2012). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia di Kecamatan Ampek Angrek. Jurnal Pesona PAUD, Vol I, No 1: 1-10. http://ejournal.unp.ac.id/ [diakses 04-08-2016].

Judrah, M. (2016). Pembinaan Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak. Jurnal Al-Qalam Volume 8 Nomor 1: 65-76, Tahun 2016. www.iaim-sinjai.ac.id [diakses 20-08-2016]

Karendehi, CED dkk. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Dengan Kecerdasan Moral Pada Anak Usia 12-15 Tahun di SMP Negeri 1 Tabukan Selatan Kepulauan Sangihe. Ejournal Keperawatan (e-Kp) Volume 4 Nomor 1:1-6, Februari 2016. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/10795 [diakses 07-08-2016]

Kurnia, Ingridwati. Perkembangan Intelek, Bahasa, Moral dan Kepribadian Peserta didik. http://educloud.fkip.unila.ac.id/ [diakses 04-08-2016]

Mahlawi, PN dan Rachma, N. (2012). Permasalahan Remaja yang Tinggal di Area Lokalisasi Gambilangu Semarang. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/ psn12012010/article/viewFile/1282/1335 [diakses 20-07-2016]

Megawangi, R dan Sunarti, E. (2003). Peran Keluarga Dalam Membangun Bangsa Berkualitas: Penghargaan Kembali Terhadap Kiprah Wanita Dalam Mengasuh Anak. Makalah Seminar Nasional Peran dan Fungsi Wanita Dalam Perspektif Umat. Kesyukuran Setengah Abad Pondok Pesantren Al-Amien, Prenduan, Sumenep, Madura 24 Januari 2003. http://euissunarti.staff.ipb.ac.id (diakses 08-08-2016]

Na’imah, Tri. (2014) Internalisasi Karakter Sosial Melalui Budaya Sekolah. Prosiding Seminar Hasil Penelitian. LPPM UMP 2014 ISBN 978-602-14930-2-1 Purwokerto, 6 September 2014: 206-212. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6449 ?show=full [diakses 20-08-2016]

Nawawi, Ahmad. (2010). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus. Skripsi. Bandung. Jurusan PLB FKIP Universitas Pendidikan Bandung.

Nurrohman, M.F. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Moral Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VA SD Negeri 81 Bengkulu. Skripsi. Bengkulu. Program Studi PGSD FKIP Universitas Bengkulu.

Pertiwi, E. dkk (2016). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial (Percaya diri) Remaja di SMA Negeri 7 Manado. E-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 4 Nomor 2: 1-7, Juli 2016. http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/12911. [diakses 07-08-2016]

Pranoto, Y.K.S. (2011). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. http://journal.unnes.ac.id [diakses 01-08-2016]

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan. (2014). Buku Ajar Pendidikan dan Budaya Antikorupsi. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Kesehatan.

Qumi, Laila. (2011). Stimulasi Kecerdasan Spiritual Pada Periode Pendidikan Pranatal dalam Perspektif Islam. Skripsi. Salatiga: Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.

Rochendi, Moch. (2010). Pengaruh Keluarga Brokenhome terhadap Prestasi Belajar dan Akhlak Siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Kadipaten). Thesis. Cirebon: Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati. https://www.scribd.com/documen [diakses 07-08-2016]

Sari, D.P. (2013). Perbedaan Kecerdasan Moral antara Remaja yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Program “Gerakan Kembali ke Surau”. http:// ejournal.unp.ac.id /students/index.php/psi/article/view/596 [diakses 04-08-2016].

Solina, Emmy. (2013). Keluarga Broken Home di Tanjung Pinang. http://riset. umrah.ac.id/wp-content/uploads/2013/Emmy-Solina-BrokenHome-pdf [diakses 20-06-2016]

Susanto, E. (2006). Pendidikan Agama Berbasis Moderatisme (Melacak Kontribusi Nahdatul Ulama).Tadrîs. Volume 1. Nomor 2: 168-184.Tahun 2006. http://ejournal. stainpamekasan. ac.id/index.php/tadris/article/view/190 [diakses 20-06-2016]

Triana, Lely. (2011). Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati. Skripsi. Semarang: Jurusan Hukum dan Kewargaan Negara, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri.

Zubaedi, M. 92015). Pendidikan Karakter Melalui Pola Pembelajaran Integralistik. www.ispi.or.id/2015/04/11/pendidikan-karakter-melalui-pola-pembelajaran-integralistik/ [diakses 02-08-2016]




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.789

Article Metrics

Abstract view : 828 times
PDF - 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com