PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAPEL IPA DI MIN KROYA CIREBON
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di MI Negeri Kroya Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon”. Serta untuk mengetahui respon siswa berkaitan dengan penggunaan video dalam proses belajar mengajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penyebaran angket, dengan populasi berjumlah 27 orang siswa sebagai responden. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik dengan perhitungan prosentase dan korelasi Product Moment.
Penggunaan video pembelajaran IPA umumnya sangat diminati oleh semua siswa MIN Kroya, sebagaimana hasil penelitian yang dilakukan terhadap 27 responden yang menjadi sampel penelitian ternyata didapat 79,634% yang mengatakan sangat setuju bila pembelajaran alat pencernaan manusia dilakukan dengan menggunakan video pembelajaran, Hasil belajar siswa dengan menggunakan video pembelajaran pada materi alat pencernaan manusia di kelas V A MIN Kroya Panguragan Cirebon terhadap 27 responden yang dijadikan sampel penelitian ternyata diperoleh rata-rata hasil belajarnya mencapai 80,63.
Berdasarkan perhitungan data yang dihubungkan dengan angka indeks korelasi (r) product moment yakini berada diantara 0,800-1 yang berarti dalam kategori korelasi yang sangat tinggi, sedangkan hasil perhitungan korelasi antara penggunaan video dengan hasil belajar siswa adalah 1,03 yang berarti memiliki hubungan yang sangat tinggi.
Keyword : Video Pembelajaran, Respon siswa, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amir Hamzah Suleiman, Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta : PT Gramedia. 1985.
Arif. S. Sadiman, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 1996.
Asep Saefudin dan Rina Rindanah .Bimbingan dan Konseling. Cirebon : STAIN Perss, 2003.
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara, 1996.
M. Basyirudin Usman dan Asnawir, Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Pers. 2002.
Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 1997.
Ngalim Purwanto, Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004.
Rudi Hartono, Ragam Model Mengajar. Yogyakarta : Diva Press. 2013
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. 2019.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. 2002
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi V), Jakarta : Rineka Cipta, 2009.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 1998.
Sulistyorini, Evaluasi Pendidikan. Cet 1. Yogyakarta : Penerbit TERAS. 2009
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2002.
Syeful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. 2010
Toto Syatori Nasehuddien, Metodologi Penelitian: Sebuah Pengantar. Cirebon: STAIN Cirebon Press. 2008.
Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
Winkel. W. S. Psikologi Pengajaran, Cet 4, Jakarta : PT. Gramedia. 1989
Yatim Riyanto. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC. 2001.
Yudhi Munadi, Media Pembelajaran. Jakarta : Gaung Persada (GP) Press. 2010
http://cholidahtav.blogspot.com/2012/03/manfaat-audio-video-dalam pendidikan.html).
http://dilihatnya.com2236/pengertian-pengaruh-menurut-para-ahli
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Article Metrics
Abstract view : 1024 timesPDF - 2280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com