PENDIDIKAN DASAR DALAM ERA REFORMASI DAN OTONOMI

Aceng Jaelani(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Inovasi dalam dunia pendidikan tentunya akan selalu diperbarui terus-menerus baik dari segi administrasi hingga mutu peserta didik disekolah tersebut agar mampu bersaing dengan perkembangan yang terjadi di zaman teknologi. Perencanaan yang dilakukan terhadap sistem tentunya akan memberikan ekspektasi yang besar dan perubahan serta gejolak kebutuhan yang beragam, aspirasi dan kebutuhan itu sendiri yang nantinya dapat membentuk suatu gagasan dan ide baik secara otonomi dan reformasi yang akan dilakukan kaitannya dalam hal ini adalah sektor pendidikan yang nantinya membangun suatu citra dan karakter bangsa yang menjadikan warga masyarakatnya berkreatifitas dalam mengembangkan paradigma baru yang berlandaskan sistem otonomi yang disesuaikan oleh daerah itu sendiri dan tidak serta selalu bersifat adiktif terhadap keputuasan-keputusan atau kebijakan yang ditentukan oleh pusat (sentralisasi), kini kebijakan yang akan diambil dan dilaksanakan dapat dimiliki oleh setiap otonomi pendidikan yang menginginkan pembaruan yang sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dan tidak melanggar batasan-batasan yang telah ditentukan pula secara sentralisasi.

Isu-isu pendidikan yang paparkan ini memiliki kata kunci otonomi dan reformasi pendidikan yang akan kita bahas tentang bagaimana pemahaman baik itu otonomi dan reformasi serta memberikan contoh isu yang akan kita angkat dalam kajian ini tentunya berhubungan dengan otonomi dan reformasi yang akan dijalankan di dunia pendidikan.

Keyword : Otonomi, Reformasi pendidikan, Sentralisasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasbullah. 2007. Otonomi pendidikan kebijakan otonomi daerah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Kementrerian Pendidikan Nasional , Undang-undang Nomor 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Marlina, Leli. 2015. REFORMASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Nuh, Muhammad. 2010. Reformasi Pelaksanaan sistem Pendidikan Nasional.

Syam, M.Chan. 2010. Kebijakan pendidikan era otonomi daerah. Jakarta: rajawali perss.

http://mobelos.blogspot.co.id/2014/02/pengertian-dan-definisi-reformasi.html

http://Blogspot.com/2013/07/makalah-tentang-otonomi-pendidikan.html




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.581

Article Metrics

Abstract view : 569 times
PDF - 639 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com