PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Tati Nurhayati(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Psikologi mempelajari tingkah laku dan pengalaman individu. Psikologi pendidikan bermaksud untuk menerapkan psikologi kedalam proses yang membawa pengubahan tingkah laku, dengan kata lain untuk mengajar. Sedangkan arti psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang belajar, pertumbuhan dan kematangan individu serta menerapkan prinsip-prinsip ilmiah terhadap reaksi individu yang nantinya mempengaruhi terhadap proses belajar mengajar. Psikologi pendidikan terutama berfokus pada proses, dimana informasi, keterampilan, nilai dan sikap diteruskan dari pendidik ke peserta didik di dalam kelas. Psikologi pendidikan juga mencoba untuk membantu peserta didik dengan menerapkan makna, metode psikologi untuk menyelesaikan masalah dalam situasi belajar mengajar.

Keyword : Psikologi, Pendidikan, Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, cet. ke-2, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Ambarjaya, Beni S., Psikologi Pendidikan & Pengajaran, cet. ke-1, Yogyakarta: Caps, 2012.

Chulsum, umi, Windy Novia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet.ke-1, Surabaya: Kashiko, 2006.

Dina Indriana, Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif, cet. ke-1, Jogjakarta:

Diva Press, 2011.

Djaali, Psikologi Pendidikan, cet.ke-2, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani, Psikologi Pendidikan, cet.ke-3, Jakarta:Grasindo, 2006.

Effendi, E.Usman, Juhaya S. Praja, Pengantar Psikologi, Bandung: Angkasa, 1984.

Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar dan Mengajar, cet. ke-3, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002.

H. Bahrudin, Esa Nur Wayuni, Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Isriani, Hardini, Dewi Puspitasari, Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep & Implementasi), cet.ke-1, Yogyakarta: Familia, 2012.

Jamaris, Martini, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, cet.ke-1, Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

Lukman, Saksono, Anharudin, Pengantar Psikologi Al-Qur’an, cet.ke-1, Jakarta: PT. Grafikatama Jaya, 1992.

Ormrod, Jeanne Ellis, Educational Psychology Developing Learners, terj. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, cet.ke-6, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2008.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, cet.ke-3, Bandung: Alfabeta, 2005.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, cet.ke-16, Bandung: Rosda Karya, 2010.

Tilaar. H.A.R, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, cet.ke-3, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.580

Article Metrics

Abstract view : 1648 times
PDF - 1898 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com