PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SDN RAJAGALUH KIDUL KEC. RAJAGALUH KAB. MAJALENGKA

H.S. Bunyamin(1*), Diah Faujiah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Motivasi guru sangat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa dalam belajar di sekolah. Hal ini merupakan salah satu ciri bahwa proses pendidikan dikatakan tercapai apabila siswa mampu membuktikannya dengan sebuah prestasi yang cukup baik. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh motivasi guru dalam belajar baik disekolah maupun dirumah. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik penggunaan motivasi guru pada pembelajaran IPS, untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi guru terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di SDN Rajagaluh Kidul II, Jalan Cakra Ningrat Desa Rajagaluh Kidul, Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka.

Motivasi guru merupakan salah satu faktor yang menentukan prestasi belajar siswa. Karena dengan adanya motivasi dari guru maka tumbuhlah minat seorang siswa untuk terus belajar demi tercapainya cita-cita sesuai dengan apa yang diinginkannya. Motivasi jika dikombinasikan dengan proses belajar serta ditunjang oleh gaya belajar, metode, media maupun sarana dan prasarana yang lainnya yang cukup memadai tentu akan menghasilkan output yang berkualitas. Profesionalisme guru dalam mengajar dan mendidik juga menjadi faktor pendukung keberhasilan siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena hasil dari penelitian yang telah dilakukan berupa angka-angka. Penelitian kuantitaif adalah metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti pengaruh antar variabel. Variabel-variabel ini diukur (biasanya dengan instrument penelitian) sehingga data yang terdiri dari angka-angka dapat dianalisis berdasarkan prosedur statistik serta prosesnya diteliti secara detail. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas V SDN Rajagalu Kidul II yang berjumlah 31 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi guru berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa, hal ini dibuktikan dari perhitungan uji korelasi 0,679 yang artinya terdapat hubungan antara motivasi guru terhadap prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa motivasi guru mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar  44,1%  sementara sisanya 55,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci : Motivasi Guru, Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abin, Syamsudin. 1990. Kurikulum dan Pembelajaran, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD. Bandung.

Anas, Sudijono. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

_______ . 2005. Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginting, Abdorrakhman. 2008. Belajar & Pembelajaran Edisi Revisi. Bandung: Humaniora.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

_______ . 2003. Pokok-pokok materi Statistik 1. Jakarta: Grafika Offset.

_______ . 2009. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmud. 2006. Psikologi Pendidikan Mutakhir. Bandung: sahifa

Mulyasa, E. 2006.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyanto, Duwi. 2011. Buku Saku SPSS: Analisa Statistik Lebih Cepat, Mudah, dan Akurat. Yogyakarta: MediaKom.

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Pendidikan Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2012. Dasar-dasar Statistik. Bandung Alfabeta.

Rudi, Gunawan. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: RajaGrafindo Persada.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Soetjipto, Raflis Kosasi. 2009. Profesi Kegurun. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana.2005. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Para Peneliti. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suteja. 2009. Pendidikan Berbasis Al-Quran. Cirebon: Pangger Press.

Sutikno, M. Sobry. 2008. Belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surapranata, Sumarna. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis, Implimentasi Kurikulum 2004. Bandung: Rosdakarya.

Syah, Muhibin. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2011. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.349

Article Metrics

Abstract view : 2435 times
PDF - 1145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com

Â