MENGATASI STRES AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGUATAN SELF ESTEEM PESERTA DIDIK

Widodo Winarso(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Sebagian besar peserta didik dalam menjalani kegiatan pembelajaran matematika di sekolah, seringkali merasakan stres. Stres yang dialami peserta didik cenderung disebabkan oleh perasaan tidak mampu yang dimiliki peserta didik itu sendiri dalam menghadapi berbagai situasi, kejadian dan tantangan yang ada selama kegiatan pembelajaran matematika berlangsung. kondisi tersebut membuat peserta didik  merasa tidak nyaman dalam menerima materi ajar. Pencapaian tujuan pembelajaran  tidak dapat mencapai hasil maksimal, jika pendidik memaksakan pada situasi tersebut. hal yang perlu diperhatika oleh pendidik yakni kemampuan peserta didik untuk membangun dan mempertahankan kondisi fisik maupun psikis selama pembelajaran matematika berlangsung. Berdasarkan konsekuensi tersebut, self esteem yang tinggi dalam diri peserta didik dapat menghilangkan atau mengurangi stres yang dirasakan peserta didik akibat berbagai tekanan yang dialami peserta didik berkaitan dengan pembelajaran matematika di sekolah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Awlawi, Addahri Hafidz. 2013. Teknik Bermain Peran Pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Esteem. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2

Branden, Nathaniel. 2005. Kekuatan Harga Diri. Batam: Interaksara

Busari. 2012. Identifying Difference in Perceptions of Academic Stress and Reaction to Stressors Based on Gender among First Year University Students. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 2

Clemes, H, dkk. 1995. Bagaimana Meningkatkan Harga Diri Remaja. Jakarta: Binarupa Aksara

Chomaria, Nurul. 2009. Tips Jitu dan Praktis Mengusir Stress. Jogjakarta: DIVA Press

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lubis, N. L. 2009. Depresi: Tinjauan Psikologi. Jakarta: Kencana

Mumpuni, Yekti dan Ari Wulandari. 2010. Cara Jitu Mengatasi Stres. Yogyakarta: Andi

Powell, Jillian. 2004. Self Eseem. London: Franklin Watts

Rasmun. 2004. Stres, Koping dan Adaptasi. Jakarta: Sagung Seto

Santrock, John W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Santrock , John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Tracy, Brian. 2007. Change Your Thinking, Change Your Life: Bebaskan Potensi Dahsyat Anda Untuk Kesuksesan Yang Tak Terbatas. Bandung: Kaifa

Wilks, Scott E. 2008. Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work. Vol.9

Wheeler, Claire Michaels. 2007. 10 Simple Solutions To Stress. Oakland: New Harbinger




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.343

Article Metrics

Abstract view : 716 times
PDF - 1588 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com