Pengembangan Multimedia Matematika Interaktif untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Penalaran Matematik (Mathematical Resasoning) Siswa Sekolah Dasar

Hadi Kusmanto(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pendidikan matematika di sekolah sebagai bagian integral dari kurikulum nasional memiliki peranan yang strategis dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan umum diberikannya maten.matematika pada tingkat pendidikan dasar, yaitu melalui matematika siswa diharapkan akan mampu berpikir dan bertindak atas dasar pemikiran yang logis, sistematis, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efesien dalam kehidupannya. Oleh karena itu upaya meningkatkan kualitas SDM Indonesia dapat dimulai melalui peningkatan kemampuan penalaran matematik (mathematical reasoning) siswa sekolah dasar, seperti yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan studi pengembangan multimedia matematika interaktif yang didesain untuk menumbuhkembangkan kemampuan penalaran matematik siswa SD. Studi pengembangan ini dilakukan dalam dua tahap (satu tahun per tahap), mencakup: identifikasi dan pengembangan struktur model multimedia, pengembangan dan penerapan multimedia matematika interaktif, serta evaluasi dan diseminasi model yang dihasilkan. Instrumen yang dikembangkan dalam penalitian ini adalah bervariasi sesuai dengan keperluan penelitian pengembangan (developmental research). Pada tahap pertama dilakukan pengkajian mendalam secara teoritis dan empiris materi matematika sekolah dasar yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan penalaran matematik, sehingpa diperoleh wacana pembelajaran matematika yang berdasarkan pedagogi materi subjek yang siap dipresentasikan melalui komputer. Pada tahap kedua didesain multimedia interaktif berupa perangkat lunak (software) untuk belajar matematika dan dilakukan ujicoba penerapan multimedia ini, menentukan efektivitas model yang telah dikembangkan dan penyebarluasan produk.

Kata kunci : Multimedia Interaktif, Kemampuan Penalaran Matematik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bell, F.H. (1978). Teaching and Learning Mathematics. Iowa. WCB.

Bitter, G.G dan Hatflied, M.M. (1993). Integration of the math exploler calculation into the mathematics curriculum: The calculators projec repport. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 12 (1) 59-81.

Dzazuli, Ahmad, (1999). Kebijakan strategi Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan kebudayaan Propinsi Jawa Barat dalam upaya meningkatkan kualitas guru matematika. Makalah disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA IKIP Bandung, 6-7 Agustus 1999.

Fischer, K.W. (1980). A theory of cognitive development: The control and construction of hierarcies of skills. Psycology Review, 87, 447-531.

Gaffar, M. F. (1996). High tech and high touch dalam pengembangan sumber daya manusia untuk tahun 2020. Mimbar Pendidikan, 4, 10-15.

Haigh, W. (1993). Using Computer to solve problems by the Guess-and-test method. School Science and Mathematics, 93(2), 92-95.

Lestari, Tita (1999). Kondisi Objektif Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Makalah disajikan dalam Seminar dan Lokakarya Kurikulum dan Pembelajaran




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.340

Article Metrics

Abstract view : 1023 times
PDF - 922 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com