Pengaruh Pemahaman Persegi Panjang terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yangBerkaitan dengan Bidang Datar yang Lain

Alif Ringga Persada(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Matematika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang konse-konsep yang terstruktur dan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Matematika terdiri dari empat wawasan yang luas meliputi aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis. Berawal dari konsep-konsep ke konsep-konsep yang sederhana hingga berlanjut  lebih kompleks. Sama halnya dalam mempelajari tentang materi tentang bangun datar (selain persegi panjang) diharapkan siswa harus paham materi tentang persegi panjang. Karena dalam soal materi bidang datar didalamnya terdapat pemahaman konsep persegi panjang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi persegi panjang pada siswa kelas VII, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain (selain persegi panjang) pada kelas VII, serta untuk menentukan ada tidaknya pengaruh pemahaman materi persegi panjang terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain pada kelas VII.

Persegi panjang merupakan salah satu bagian dari bidang datar dalam materi pembelajaran di sekolah. Persegi panjang merupakan materi yang disampaikan pada tingkat SMP kelas VII, materi yang diberikan sebelum melangkah kepada materi bidang datar yang lainnya seperti segitiga, persegi, jajargenjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium dan lingkaran. Oleh karena itu, persegi panjang termasuk konsep dasar yang harus dikuasai oleh siswa sebelum mempelajari materi bidang datar yang lain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTs Siti Khadijah Kabupaten Majalengka pada tahun ajaran 2012/2013. Variabel penelitian yaitu pemahaman persegi panjang dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik cara cluster randomsampling, yaitu pada kelas VII B. Setelah data diperoleh kemudian dianalisa menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Untuk uji hipotesis, penulis menggunakan regresi linear dan korelasi.

Hasil analisa tersebut menunjukan bahwa koefesien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 52%. Ini berarti pengaruh pemahaman materi persegipanjang terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematikayang berkaitan dengan bidang datar yang lain sebesar 52%. Berdasarkan hasil pengujian statistik diperoleh persamaan regresi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agusyana, Yus dan Islanscript. 2011. Olah Data Skripsi dan Penelitian denganSPSS 18. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arifin, Zaenal. 1991. Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi III. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasanah, A (2004). Tersedia:https/www.Google.co.id=Pemecahan Matematika menurut Munir., diunduh 20 Oktober 2013.

Marhijanto, Bambang. 1995. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Popuker. Surabaya:Bintang Timur Surabaya.

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika dan Konsep Aplikasi. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Ghony, Djunaidi Ghony dan Fauzan Almanshur. 2009. Petunjuk Praktis Penelitian Pendidikan. Malang: UIN-Malang Press.

Marhijanto, Bambang. 1995. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Populer.Surabaya: Bintang Timur.

Riduwan. 2008.Dasar-dasar Statistika. Bnadung: Alfabeta.

Ruseffendi, E.T. 1990. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan PGSD D2 Seri Kedua. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. 1991. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA.Bandung:Tarsito.

Ruseffendi,E.T. 2005. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer Untuk Guru. Bandung: Tarsito.

Siregar ,Syofian. 2012. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suherman, Erman. 1990. Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.

Sulistianingsih. 2012. Hubungan Penguasaan Bidang Datar Terahadap Pemahaman Bangun Ruang Pada Sub Pokok Bahasan Geometri. Cirebon:IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sutrisno Hadi. 2000. Statistik jilid 2. Yogyakarta: Andi.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumarmo, U. 1987. Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi pada Pascasarjana IKIP Bandung: tidakditerbitkan.

Tatang, S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Usman , Purnomo Husaini. 2007. Pengantar Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. http://edukasi.kompas.com/read/2011/03/02/10234091/Rumit.Konsep.Matematika.Perlu.Diuah, diunduh pada 20 Oktober 2013, pukul 12:05 WIB http://edukasi.kompas.com/read/2012/12/14/09005434, diunduh pada 20 Oktober 2013 pukul 12:15 WIB




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.338

Article Metrics

Abstract view : 650 times
PDF - 861 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com