Pengaruh Perkembangan Psikososial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV MIN Kota Cirebon

Latifah Latifah(1*), Dwi Anita Alfiani(2), Andini Andini(3),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(3) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


                                                    Abstrak

Perkembangan psikososial merupakan proses berkembangnya kemampuan anak untuk menyesuaikan diri terhadap dunia sosial yang lebih luas. Perkembangan psikososial seorang siswa yang baik dan terarah akan berdampak terhadap hasil belajar PPKn dari siswa itu sendiri. Karena bagaimanapun psikososial mempunyai peran penting dalam merangsang saraf dan otot untuk mencapai perkembangan psikososial siswa yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh data perkembangan psikososial, (2) memperoleh data hasil belajar PPKn di kelas IV B, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh perkembangan psikososial terhadap hasil belajar PPKn di kelas IV B MIN Kota Cirebon. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan desain penelitian Pre-eksperimental design. Bentuk Pre-eksperimental design dalam penelitian ini adalah desain One-Shot Case Study.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes, angket digunakan untuk memperoleh data perkembangan psikososial dan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar PPKn. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa terhadap perkembangan psikososial adalah 59%, skor tersebut tergolong cukup kuat yang berada di antara 41% - 60%. Sedangkan hasil belajar PPKn diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,5. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh thitung sebesar 11,029 lebih besar dari ttabel sebesar 2,10982 maka H0 ditolak, artinya bahwa ada pengaruh perkembangan psikososial terhadap hasil belajar PPKn. Besar pengaruhnya adalah 87,1% hasil belajar PPKn dipengaruhi oleh perkembangan psikososial sedangkan sisanya 12,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: perkembangan psikososial, hasil belajar, PPKn


Abstract

Psychosocial development is a process of developing a child's ability to adapt to the wider social world. The psychosocial development of a students who is good and directed will have an impact on the learning outcomes of PPKn from the students themselves. Because however psychosocial has an important role in stimulating nerves and muscles to achieve good psychosocial development of students. This study aims to: (1) obtain psychosocial development data, (2) obtain data of learning outcomes of PPKn in class IV B, (3) find out how big influence of psychosocial development on learning result of PPKn in class IV B MIN Kota Cirebon. The researcher uses a quantitative approach, and uses the Pre-experimental design research design. The Pre-experimental design in this research is the One-Shot Case Study design. Data collection techniques used in this study were questionnaires and tests, questionnaires were used to obtain psychosocial development data and tests used to obtain data on learning outcomes of PPKn. Data analysis using regression analysis. The results showed that students' responses to psychosocial development were 59%, the score was quite strong amongst 41% - 60%. While the results of learning PPKn obtained an average value of 62.5. Based on regression test results obtained tcount of 11.029 greater than ttable of 2.10982 then H0 rejected, meaning that there is influence psychosocial development on learning outcomes PPKn. The greatest effect is 87.1% of the learning outcomes of PPKn influenced by psychosocial development while the remaining 12.9% is influenced by other factors.

Keywords: psychosocial development, learning outcomes, PPKn.

                                                                                                


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Baidi. (2014). Pembelajaran PKn Berbasis Multikuluralisme Perspektif Psikologi Sosial Islam. Ulil Albab, 15(2), 169-187.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dudu, Y., Kusuma, F. H., & Widiani, E. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Psikososial Tahap Industry Vs Inferiority Anak Usia Sekolah (6 – 12 Tahun) Di Sdn Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang. Nursing News, 1(2), 180-189.

Hardiyana, S. (2014). Pengaruh Guru PPkn Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ilmiah PPKn Ikip Veteran Semarang, 2(1), 54-64.

Irmilia, E., Herlina, & Hasneli, Y. (2015). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah. JOM, 2(1), 551-557.

Kristianawati, E., & Jalali, M. A. (2014). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Percaya Diri. Persona; Jurnal Psikologi Indonesia, 3(3), 247-252.

Mulyanti, S., & Chundrayetti, E. (2017) Hubungan Stimulasi Psikososial dengan Anak Perkembangan. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 340-344

Murti, S., & Heryanto. (2016). Pengaruh Kualitas Interaksi Sosial Di Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 253-268.

Oktavia, N. S., & Yulius, O. Y. (2015). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan prestasi belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 47 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang Tahun 2014. Jurnal Ipteks Terapan, 8(3), 74-82

Prastowo, A. (2014). Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Peserta Didik SD/MI melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1-13.

Santrock, J. W. (2011). Masa Pekembangan Anak (Children). Jakarta: Salemba Humanika.

Setiawati, E., & Suparno. (2010). Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Pada Anak Homeschooling dan Anak Sekolah Reguler. Indigenous; Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12(1), 55-65.

Simanjutak, M. (2017). Pengaruh Sikap Sosial Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, (pp. 122-126).

Soetjiningsih, C. H. (2014). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wibowo, M. W., & Susanto, D. Y. (2014). Dinamika Dukungan Sosial pada Prestasi SiswaSekolah Dasar Berbasis Pendekatan Indigenous Psychology. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 30-36.

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3342

Article Metrics

Abstract view : 415 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com

Â