Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri
(1) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(2) Universitas Nusantara PGRI Kediri
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar saat ini belum memanfaatkan teknologi secara maksimal, sehingga proses pembelajaran kurang inovatif dan menarik. Hal ini salah satunya dikarenakan ketersediaan bahan ajar tematik berbasis teknologi seperti multimedia interaktif yang ada di sekolah dasar masih kurang, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar DELIKAN (Dengar, Lihat, Kerjakan) tematik berbasis multimedia interaktif yang valid, praktis, dan efektif untuk siswa sekolah dasar. Bahan ajar DELIKAN tematik berbasis multimedia interaktif dipilih untuk memaksimalkan fasilitas teknologi yang sudah tersedia dan memberikan inovasi pembelajaran yang efektif untuk siswa. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah modifikasi model Borg & Gall dan Lee & Owen dengan tahapan penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil uji coba produk, bahan ajar DELIKAN tematik berbasis multimedia interaktif menurut ahli materi memperoleh skor prosentase validitas sebesar 94%, ahli multimedia 83%, dan ahli bahasa 80% dengan kategori valid. Berdasarkan respon kepraktisan siswa, produk ini memperoleh skor 95% dan 96% berdasarkan respon kepraktisan guru. Sedangkan untuk keefektifan produk ini mencapai 85% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar DELIKAN tematik berbasis multimedia interaktif valid, praktis, dan efektif.
Kata kunci: pengembangan bahan ajar, delikan, tematik, multimedia interaktif
                                                                  Â
Abstract
The learning process that carried out in elementary schools at this time has not utilized technology optimally, so the learning process is less innovative and interesting. This is partly because the availability of technology-based thematic teaching materials such as interactive multimedia in elementary schools is still lacking, which has an impact on student learning outcomes that are still low. This research aims to develop teaching materials of DELIKAN (Dengar, Lihat, Kerjakan) for thematic learning that are based on interactive multimedia on valid, practical, and effective for elementary students. Thematic teaching material of DELIKAN based on interactive multimedia is choosen to maximises available technology facilities and provides innovation of effective learning for students. Model used in this development research is modifying model from Borg & Gall and Lee & Owen which stages are research and data collection, planning, product development, design validation, design revision, product trials, product revision, and usage trials. Based on the product test result, the thematic teaching material of DELIKAN based on interactive multimedia obtained a score 94% of percent validity according to material expert, 83% from multimedia expert, and 80% from language expert with quite valid category. Based on students' practicality, this product got a score 95% and 96% based on teacher practicality. Whereas for the effectiveness, this product reaches 85% with very effective category. Based on those data, it can be conclude that thematic teaching material of DELIKAN based on interactive multimedia is valid, practical, and effective.
Keywords: development of teaching materials, delikan, thematic, interactive multimedia
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi: Elektro, 5(1), 11–18.
Arief, F. (2013). Globalisasi Pendidikan, (Online), (http://edukasikompasiana. com/2011/06/08/ globalisasi-pendidikan-371426. html).
Borg, W. R. & Gall, M.D. (1987). Educational Research. An Introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.
Darmawan, D. (2012). Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hardianto, D. (2013). Telaah Kritis Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran, (Online),(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Deni/Hardianto/M.Pd./Telaah/Kritis/Pemanfaatan/Teknologi/Komputer/Dalam/Pembelajaran.pdf)
Juanda, E. A. (2012). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Dasar-Dasar Mikrokontroler. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6),
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kotekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San Francisco: Pleiffer
Maharani, Y. S. (2015). Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(1), 31-40
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran,Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Nieveen, N., Mc Kenney, S., & Akker , J.V.D. (2006). Educational Design Research: The Value of Variety. Dalam Akker, J.V.D., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational Design Research (hlm. 144-184). Enchede: Axis Media-ontwerpens.
Nopriyanti & Sudira, P. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajran Interaktif Kopetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222 - 235.
Smaldino, S. E. dkk. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (edisi 9). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russel, J.D. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta: KENCANA.
Smith, S. M. & Woody, P. C. (2000). Interactive Effect of Multimedia Instruction and Learning Styles. Teaching of Psychology, 27(3), 220-223
Surjono, H.K. & Susila, H.R. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45 – 52.
Tüzün, H., Yılmaz-Soylu, M., Karakuş, T., İnal Y., & Kizilkaya, G. (2009). The Effects of Computer Games on Primary School Students’ Achievement and Motivation in Geography Learning. Computers & Education, 52(1), 68-77
Zhang, D. & Zhou, L. (2003). Enhancing E-Learning with Interactive Multimedia," Information Resources Management Journal (IRMJ), 16(4), 1-14.
Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O. & Nunamaker Jr, J. F. (2006). Instructional Video in E-Learning: Assessing the Impact of Interactive Video on Learning Effectiveness. Information & Management, 43(1), 15-27.
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2788
Article Metrics
Abstract view : 481 timesPDF - 127 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com