Keefektifan Model Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Negeri Babalan
(1) PGRI University Semarang
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran; 2) belum diterapkannya model dan metode yang bervariatif; 3) pembelajaran masih bersifat teacher center; 4) kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran; 5) masih rendahnya keterampilan berkomunikasi pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Babalan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaran Show and Tell untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi pada materi proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri Babalan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Exprimental Design dengan Design Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V SDN Babalan. Sampel yang diambil adalah 23 siswa Kelas Eksperimen dan 23 siswa Kelas Kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian dokumentasi, tes, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis akhir yang telah dilakukan terlihat dari persentase keterampilan berkomunikasi siswa yang menunjukkan pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran show and tell tuntas dengan persentase 17,39% dan belum tuntas dengan persentase 82,61%. Sedangkan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran show and tell tuntas dengan persentase 86,96% dan belum tuntas dengan persentase 13,04%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan thitung =5,347 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel = 2,015 pada taraf signifikan α = 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,347 > 2,015. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model show and tell efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi kelas V SD Negeri Babalan.
Kata kunci: keefektifan, model show and tell, keterampilan berkomunikasi
Abstract
The background that encourages this research is 1) the teacher still uses the lecturing method in learning; 2) not yet applied varied models and methods; 3) the learning is still the teacher center; 4) the lack of student activity in the learning; 5) the low communication skills in the IPS learning class V SD Negeri Babalan. The purpose of this research is to know the effectiveness of Show and Tell learning model to improve communication skill in material of proclamation of independence of V class student of SD Negeri Babalan. This type of research is quantitative research in the form of True Experimental Design with Posttest-Only Control Design. The population in this study is the overall students in grade V SDN Babalan. Samples taken were 23 students of Experiment Class and 23 Class Control students by using Cluster Random Sampling technique. This research data is obtained through instrument of research of documentation, test, and observation sheet. Based on result of final analysis which have been done seen from percentage of communication skill of student which show lesson without using show and tell model complete with percentage 17,39% and not yet complete with percentage 82,61%. While the treated classes using show and tell learning model complete with 86.96% percentage and not yet completed with the percentage of 13.04%. This is reinforced with the result of t calculation = 5.347 then compared with t table = 2.015 at significant level α = 5%. This result indicates that t hitung> t table is 5,347> 2,015. So it can be concluded that the show and tell model is effective for improving communication skills class V SD Negeri Babalan.
Keywords: effectiveness, learning model show and tell, communication skillsFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara
Mahrita dan Muzakir, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Role Playing yang Divariasikan dengan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas V SDN Kelayan Selatan 9 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 9(2), 1-6
Maufur, Syibli. (2014). Konsep Pembelajaran Berbicara di MI (Suatu Pendekatan dan Praktik Dalam Pembelajaran). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), t.h
Musfiroh, T. (2011). Show and Tell Edukatif untuk Pengembangan Empati, Afiliasi-resolusi Konflik, dan Kebiasaan Usia Positif Anak Dini. Jurnal Kependidikan, 41(2), 129-143
Nejawati, A. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menerapkan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang, 3(2), t.h
Nupus, M.H., dan Parmiti, D.P,. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Show And Tell Siswa SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (4), 198-203.
Pangestuti, L. (2016). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(9).952-962
Saputra, H.J., dkk. (2015). Suplemen Pengembangan Pendidikan IPA SD. Semarang: PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
Sokhipah, W.L., Subyantoro, dan Mardikantoro, H.B. (2015). Keefektifan Model Show Not Tell dan Mind Map Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berdasarkan Minat Peserta Didik Kelas X SMK. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). 72-77
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Suyanto, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketegagaan Perguruan Tinggi.
Trislijayanti, L. E., Sriasih, S. A. P., dan Sutresna, I. B. (2015). Penggunaan Metode Show And Tell dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII.C di SMP Negeri 1 Seririt Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1), t.h
Widiani, K., Arcana, I.N. dan Margunayasa, I.G. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Show and Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Negeri 1 Sangsit. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), t.h
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.1877
Article Metrics
Abstract view : 321 timesPDF - 40 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com