Studi Implementasi Ujian Online Menggunakan LMS Moodle pada Mahasiswa PGMI UNISKA MAB Banjarmasin

Hamdan Husein Batubara(1*),


(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan ujian online menggunakan kuis LMS Moodle. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan instrumen kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Guru Pendidikan Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Hasil penelitian ini menemukan prosedur implementasi ujian online yang terdiri dari: mempersiapkan item soal yang akan diujikan, membuat kategori soal, membuat dan mengunggah soal ke bank soal, membuat kategori nilai, menambahkan fitur kuis, melaksanakan ujian online, mengoreksi, dan mengunduh nilai. Tingkat kepuasan responden terhadap pelaksanaan ujian online berada pada kategori baik sebesar 45%, sangat baik 18%, kurang baik 25%, dan tidak baik 12%. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pelaksanaan ujian online adalah: kondisi jaringan internet, jumlah komputer yang siap pakai, dan sosialisasi standar penyelenggaraan ujian online.

Kata kunci: ujian online, moodle, e-learning.

Abstract

This study aims to examine the implementation of online exams using quiz of LMS Moodle. This study uses a mixed method using questionnaire, interview, and documentation. The subjects of the study were students of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Training Department of Kalimantan Islamic University MAB Banjarmasin. The results of this study found that procedure of the online exam implementation consists of: preparing items to be tested, creating question category, creating and uploading questions to question bank, creating grade category, adding quiz feature, executing online exam, correcting and downloading grades. The level of respondent satisfaction to implementation online exam is in good category of 45%, very good 18%, less good 25%, and not good 12%. Things to be considered before online exam implementation are: the condition of internet network, the number of computers ready for use, and the socialization of online exam implementation standards.

Keywords: online exam, moodle, e-learning

Full Text:

PDF

References


Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan_Kuantitatif & Kualitatif (Korelasional, Eksperimen, Ex Post Facto, Etnografi, Grounded Theory, Action Research. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fauzi, M. R. (2017). Penggunaan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu. [23-02-2017].

Kompas. (2008). Moodle: Portal E-Learning. Kompas Tekno. http://tekno.kompas.com/read/2008/07/31/0719116/moodle.portal.e-learning. [08-05-2017] .

Prismanata, Y. (2016). E-Learning (Bagian 8): Membuat Quiz dan Import Soal Secara Cepat di Moodle. http://www.eduprisma.web.id /2016/12/e-learning-bagian-8-membuat-quiz-dan.html. [12-05-2017]

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1770

Article Metrics

Abstract view : 695 times
PDF - 184 times

Refbacks





Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com