Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga (Studi Kasus Pengembangan Karakter Kepribadian Anak di MI Al-Wasliyah Sumber Kabupaten Cirebon)
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Pendidikan yang diberikan secara sadar oleh orang tua kepada anak-anaknya ini ditujukan agar anak-anak memiliki sikap dan tingkah laku yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Keberagaman seseorang terwujud di dalam bentuk tingkah laku/akhlak dan perbuatannya sehari-hari yang akhirnya menjadi sifat atau kepribadian yang dapat melahirkan perbuatan baik dan buruk. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang sejauhmana implementasi Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan keluarga siswa, mengetahui data tentang akhlak/perilaku keseharian siswa dan untuk memperoleh data tentang impliksi pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap akhlak anak di MI Al-Washliyah Sumber Kab. Cirebon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket yang berisi sejumlah pernyataan tentang implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga dan karakter anak MI Al-Washliyah Sumber Kab. Cirebon. Jawaban angket tersebut dihitung dengan rumus prosentase kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif. Selain itu, peneliti memperoleh data penunjang lainnya melalui dokumentasi, wawancara kepada wali kelas dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap pembentukan karakter anak MI Al-Washliyah Sumber Kab. Cirebon. Hal ini terlihat dari pelaksanaan sholat lima waktu anak sudah membiasakan tepat diawal waktu, kesadaran membaca al-quran dan membantu orang tua dalam mengerjakan tugas keseharian di Rumah.
Kata kunci: pendidikan agama Islam, keluarga, karakter
Â
Abstract
Education in the family is the first and primary education for children. Â Education provided consciously by parent to their children, the goal is that children have a good attitude and behavior in accordance with the teachings of Islam. The diversity of a person manifests in the form of behavior / morals and daily deeds that eventually become the nature or personality that can give birth to good and bad deeds. This study aims to obtain data on the extent to which the implementation of Islamic Religious Education in the family environment of students, know the data about morals / student's daily behavior and to obtain data about the implication of Islamic religious education in the family against morality of children in MI Al-Washliyah Sumber Kab. Cirebon. Data collection technique in this study is distributing a questionnaire containing a number of statements about the implementation of Islamic religious education in the family and about the character of MI Al-Washliyah Sumbre Kab. Cirebon. The answer of questionnaire is calculated by the percentage formula then processed and explained descriptively. In addition, researcher get other supporting data through documentation, interviews to teacher and parents of students. The result of study showed that there is a positive and significant influence between the implementation of Islamic religious education in the family against the formation of children character MI Al-Washliyah Sumber, Cirebon regency, like the five-time prayers the children are getting used to in the beginning of time, awareness of reading the Qur'an and helping parents in doing daily chores at Home.
Keywords: islamic education, family, character.Full Text:
PDFReferences
Al-Abrasy, A. (1993). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang
Alwasilah, A. C.(2008). Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Jaya.
Daradjat, Z. (1991). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Daradjat, Z. (1995). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: CV Ruhama.
Daradjat, Z., dkk. (2006). Ilmu Pendidikan Islam: Jakarta: Bumi Aksara dan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama.
Hurlock, E., B. (2000). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Nasution, H. (1995). Islam Rasional. Jakarta : Mizan.
NoerAly, H. (1999). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1677
Article Metrics
Abstract view : 571 timesPDF - 38 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com