Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III MIN Kota Cirebon

Aceng Jaelani(1*), Siti Aisyah(2),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(2) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Matematika adalah pelajaran yang dianggap sangat sulit dan membosankan. Dalam proses pembelajaran matematika di MIN Kota Cirebon, peneliti menemukan bahwa hasil belajar matematika masih rendah. Nilai rata-ratanya adalah 51,  lebih rendah dari KKM sebesar 65. Hal ini dimungkinkan karena proses pembelajaran yang dilakukan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang bagaimana hasil belajar matematika materi perkalian kelas III MIN Kota Cirebon sebelum menggunakan metode drill, untuk memperoleh data tentang bagaimana penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika materi perkalian kelas III MIN Kota Cirebon, untuk memperoleh seberapa besar pengaruh metode drill terhadap  hasil belajar matematika  materi perkalian siswa kelas III MIN Kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain one-group pre-test - post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan uji regresi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan Metode Drill dalam pembelajaran matematika menurut responden yang memilih jawaban selalu sebesar 16 responden (67%). Hasil belajar Matematika pada kelas III melalui penggunaan Metode Drill menunjukan kategori baik (diperoleh hasil rata-rata sebesar 85,8 %). Sedangkan besarnya angka pengaruh penggunaan metoda Drill terhadap hasil belajar Matematika sebesar 56%. Artinya, 56 % hasil belajar matematika di kelas ini dipengaruhi oleh Metode Drill. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (5,295) lebih besar dari t tabel (1.72074) maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh metode drill (X) terhadap hasil belajar (Y) matematika materi perkalian siswa kelas III MIN Kota Cirebon.

Kata kunci: metode drill, hasil belajar.

 

Abstract

Mathematics is a lesson that is considered very difficult and boring. In the process of learning mathematics in MIN Cirebon City, researchers found that the results of learning mathematics is still low. The average score is 51, lower than the KKM of 65. This is possible because the learning process is still conventional. The purpose of this research is to get data about how the result of learning mathematics of material of grade III MIN of Cirebon City before using drill method, to get data about how the application of drill method in learning mathematics material grade III MIN Cirebon City, to obtain how much influence drill method Toward the result of learning mathematics material of student of grade III MIN of Cirebon City. The method used in this research is an experimental method using one-group pre-test - post-test design. Data collection techniques used were questionnaires and tests, and data analysis using regression test. From the results of this study, we know that the use of Drill Method in mathematics learning according to respondents who choose the answer is always for 16 respondents (67%). Mathematics learning outcomes in grade III through the use of Drill Method showed good category (obtained an average result of 85.8%). While the magnitude of the influence of the use of Drill method of learning achievement of Math is 56%. That is, 56% of mathematics learning outcomes in this class is influenced by Drill Method. Because the significant value is smaller than 0.05 and t arithmetic (5.295) is greater than t table (1.72074) then H0 is rejected and Ha accepted, it means there is influence of drill method (X) on the learning outcome (Y) MIN Kota Cirebon

Key words: drill methods, learning outcomes.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar .Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ruseffendi,E.T. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1472

Article Metrics

Abstract view : 1226 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com