Studi Terapi Bioreligy Pal Apalan Peserta Ngaji Al-Quran Kelompok Belajar SD/MI Di Langgar Kiai Kampung Madura

Zaitur Rahem(1*),


(1) Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pergerakan dunia sekolah di negeri ini terus meningkat. Namun, sejumput masalah menghadirkan warna setiap tahap perkembangan. Korbannnya adalah pesera didik. Peserta didik di setiap kelompok memiliki karakter yang berbeda. Studi ini mengungkapkan realitas kelompok belajar untuk mempelajari kelompok usia anak. Karena itu, usia anak sering menjadi masalah orang dewasa. Entah karena disengaja atau tidak disengaja (tidak tahu). Berkaitan dengan kenyataan yang terungkap hari ini, dunia belajar di masa depan persekolahan tanah air bisa bercermin dari kelompok belajar perkampungan di pulau Madura. Karena itu, ada fakta humanis, tanpa dipaksa. Yakni, melalui teknik Pal Apalan. Pal apalan mencakup pengetahuan, tindakan, dan pemahaman praktis yang bisa dikategorikan bioreligy. Studi dalam makalah ini mencoba untuk memilih fakta fenomenologis, strategi belajar mengajar di sebuah institusi pendidikan tradisional, dan telah mampu menghasilkan (siswa) yang berkualitas. Melalui metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data snawball sampling, sumber data dapat dilacak dengan mudah. Faktanya dapat ditemukan, metode pembelajaran yang diimplementasikan Pal Apalan di langgar Kiai Kampung di Madura mampu memberi manfaat kepada siswa untuk menerima bahan ajar.

 Kata kunci: bioreligy, pal apalan, kiai kampung


Abstract

The movement of the world's schooling in the country continue to rise. However, a pinch of problems present color every stage of development. The victim, learners. Learners in each group studied different. These studies reveal the reality of learning groups to learn the child's age group. Therefore, the child's age is often a matter of trial adults. Either due to accidental or deliberate (do not know). Relating of reality are revealed today, the world learned study groups in the township could to be Madura island mirror the world's future homeland  school. Therefore, There are facts humanist, you know without being forced. Namely, through techniques apalan pal. Pal apalan manifested knowledge, action, and practical understanding that can be categorized bioreligy. Studies in this paper tries to pick a phenomenological facts, teaching and learning strategies in a traditional educational institution, and have been able to produce (students) qualified. Through qualitative methods, and data collection techniques snawball sampling, data sources can be tracked easily. The fact can be found, the learning method implemented pal apalan violated kijaji village dimensional Madura able to provide benefits to the students to receive teaching materials.

Keyword: bioreligy, pal apalan, madura

Full Text:

PDF

References


Aziz, Iwan Jaya, Ilmu Ekonomi Regional dan Beberapa Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI, 1994.

Elhasany, Imam Sibawaih, Kitab Al-Hikam. Jakarta: Zaman, 2105

Fukuyama, Francis, Memperkuat Negara:Tata Pemerintahan dan Tata Dunia Abad 21. Jakarta: PT. Gramedia, 2005.

Hamzah, Fahri, Negara, Pasar, dan Rakyat. Jakarta: Yayasan Faham Indonesia, 2011.

Hasbullah, Jousairi, Social Capital. Jakarta: MR-United Press, 2006.

Hatta, Moh, Ekonomi Indonesia di Masa Mendatang, dalam Sri Edi

Swasono (editor), Sistem Ekonomi dan Demokrasi Indonesia. Jakarta: UI Press, 1985.

Hazlitt, Henry, Dasar-Dasar Moralitas (terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Helena Bouvier, Lebur, Seni Musik dan Pertunjukan Masyarakat Madura, (Jakarta: Yayasan Obor, 2002,)

Hitty, Philip K, History of Arabs. Jakarta: Zaman, 2015

Hikam, Muhammad AS, Demokrasi dan Civil Society. Jakarta: LP3ES, 1999.

Ibn Khaldun, al-Muqaddimah. Beirut: Dar al-Fikr, 2004.

Joon Chang, Ha, Ilene Grabel, Membongkar Mitos Neolib: Upaya Merebut Kembali Makna Pembangunan. Jogjakarta: Insist Press, 2008.

Kuntowijoyo, Budaya Dan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana Yogya, 2000

Lickona T, Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991

Masyhuri, KH. Agoes Ali, Belajarlah kepada Lebah dan lalat. Jakarta: Zaman, 2015.

Munir Amin, Samsul, Karomah Para Kiai, (Yogyakarta: LKiS, 2008

M.C. Ricklefs, Sejarah Indonesia Modern 1200-2008 (terj.), Jakarta: Serambi, 2008

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda, 2007

Nasution, Metode Researh. Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Rendra, Mempertimbangkan Tradisi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia, 2010.

Rifai, Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan Dan Pandangan Hidupnya. Yogyakarta: Pilar Media, 2007.

Shaver, James P. Dan Strong. William. Facing Value Decisions: Rational Building for Teachers. Amsterdam Avenue, New York: Teacher College Express, Columbia University, 1982.

Stern, Frederick Martin. Capitalisme in America. USA: Richard and CO, 1980.

Sindhunata, Dilema Usaha Manusia Rasional. Jakarta: PT. Gramedia, 1982.

Said Abdullah, MH, Pendidikan Multikultural. Jakarta: SaiPress, 2008.

Wiyata, A. L., Carok: Konflik Kekerasan Dan Harga Diri Orang Madura. Yogyakarta: LKiS, 2002.

Zulkarnain, Iskandar, dkk., Sejarah Sumenep. Sumenep, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, 2003




DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1469

Article Metrics

Abstract view : 743 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AL IBTIDA Journal Indexed By:

        

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com

Â