EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN DONGENG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK PADA JENJANG USIA SEKOLAH DASAR
(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Mendongeng merupakan batu loncatan penting dalam membentuk seorang jenius. Mendongeng memicu kekuatan berpikir yang super, yang melepaskan per-per imajinasi seorang jenius. menurut ahli psikologi anak, pertumbuhan mental seorang anak berjalan sangat cepat, terutama sampai anak berusia enam tahun, sampai umurnya enam tahun, kecepatan belajar anak bagai kuda yang berlomba dalam pacuan. Setelah melewati usia ini, kecepatan belajar anak akan menurun, dan lebih mendatar.
Guru yang telah terbiasa menggunakan metode mendongeng (berbeda dengan ceramah) pada saat proses KBM pada umumnya pasti memiliki siswa yang berkemampuan literasi yang baik dibandingkan dengan guru yang hanya mengajar dengan cara konvensional di dalam kelas.Kebiasaan yang di timbulkan dari aktivitas mendongeng mampu memberikan banyak dampak positif terhadap kemampuan literasi siswa baik kemampuan membaca, menulis dan berbicara.
Â
Kata Kunci : Dongeng, Psikologi Anak, Kemampuan LiterasFull Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
http://www.antaranews.com/berita/462239/psikolog-stimulasi-kemampuan-literasi-sejak-dini-penting
Mubarak, hasan. Integrasi kemampuan berbahasa dalam proses pengembangan kemampuan menulis. Jakarta. 2010
Shakuntala Devi. 2002. Bangunkan Kejeniusan Anak Anda. Jakarta: Gramedia
Shauqi, akhmad. “upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa melalui pendekatan whole language. Gorontalo.2015
Suci rahmadani. 2015. Upaya meningkatkankemampuan menceritakan kembali melalui metode mendongeng. Sekolah guru Indonesia. Gorontalo
Sukatmi.2009. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Media Gambar. Tidak Dipublikasikan. Skripsi Universitas Sebelas Maret.
Yunus Maulana. 2008. Mudahnya menulis, ayo menulis. Bumi Aksara. Yogyakarta
DOI: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.123
Article Metrics
Abstract view : 970 timesPDF - 3631 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AL IBTIDA Journal Indexed By:
Â
 Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Â
Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.
Editorial Office:
FITK Building, 5th Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Perjuangan Street of Sunyaragi, Cirebon City, West Java, Indonesia 45132 Phone. 0231-481264, Fax. 0231-489926, Email: alibtida@syekhnurjati.ac.id/ alibtida2@gmail.com