Peran Taman Bacaan Masyarakat dalam Pengembangan Masyarakat di Yogyakarta: Pendekatan, Pelibatan, dan Pelaksanaan

Istiqomah Istiqomah(1*),


(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon. SINTA ID: 6718259
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Pendidikan non formal merupakan salah satu alternative penyebaran ilmu pengetahun ditengah maraknya isu ketimpangan sosial, ketidak merataan pembangunan infrastruktur pendidikan, hingga minimnya tenaga pendidikan formal di Indonesia. Bahkan beberapa regualsi mendorong agar terciptanya pemerataan penyebaran pengetahuan melalui pendidikan non formal salah satunya adalah pendirian taman bacaan masyarakat(TBM). Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran TBM Delima dalam pengembangan masyarakat, secara spesifik akan melihat pendekatannya, pelibatannya, dan pelaksanaannya. Metode penelitian ini menggunakan deksriptif kualitatfi dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Temuan lapangan menunjukan bahwa pendekatan dalam proses pemberdayaan yang disingkat dengan istilah 5P yaitu pemungkiman, penguatan, pelindungan, penyokongan, dan pemeliraan. Selanjutnya Selanjutnya pelibatan masyarakat dengan melakukan berabagai kegiatan secara partisipatif. Bentuk kegiatannya antara lain adalah: mengdakan forum dan dengan mendongengkan kisah-kisah nabi, membuat paguyuban ibu-ibu, dan juga melaksanakan kegiatan pada hari bersejarah. Sedangkan pelaksanaan atau implementasi program ini memiliki tiga unsur yaitu unsur pelaksana, program yang dilaksanakan, dan kelompok sasaran.

Keywords


Peran, Taman Bacaan Masyarakat, Pengembangan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


References

Aditya, R. et al. (2022) ‘PENGEMBANGAN PENDIDIKAN NON-FORMAL: PELAKSANAAN PROGRAM PUSTAKA KAMPUNG IMPIAN DI ACEH’, Edueksos: The Journal of Social and Economics Education, XI(1), pp. 124–135. doi: 10.24235/edueksos.v11i1.10172.

Agustana, P. (2020) ‘Pentingnya Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Strategi Dalam Pembangunan Sosial’, Locus Majalah Ilmiah FISIP, 12(1), pp. 60–69. Available at: https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/LOCUS/article/view/288.

Aldha, N. et al. (2020) ‘Melawan Stigma Diskriminatif: Strategi Pemberdayaan Penyandang Disabilitas di Desa Panggungharjo’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 4(1), pp. 27–50. doi: 10.14421/JPM.2020.041-02.

angrayni, afrita (2019) ‘Problematika Pendidikan di Indonesia’, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, pp. 1–10.

Bungin, B. (2015) Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cabello, V. M. et al. (2021) ‘Disaster risk reduction education: Tensions and connections with sustainable development goals’, Sustainability (Switzerland), 13(19). doi: 10.3390/SU131910933.

Fatwa, A. N. (2021) ‘Penyelenggaraan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pustaka Keliling Adil Dalam Pemberdayaan Literasi Dan Ekonomi Masyarakat’, Jurnal El-Pustaka, 02(1), pp. 14–25. doi: 10.24042/el-pustaka.v2i1.8666.

Handoyo, A. D. and Zulkarnaen (2019) ‘Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia’, Prosiding Seminar Nasional, 1(1), pp. 21–24. Available at: https://bimawa.uad.ac.id/wp-content/uploads/Paper-Seminar-Nasional-2.pdf.

Iriani, D. and Mahendra, W. (2014) ‘The Unsuccessful Poverty Reduction Strategies in Indonesia and the Alternatives Solutions (The Study on BLT and Jamkesmas)’, Indonesia Law Review, 4(1), p. 67. doi: 10.15742/ilrev.v4n1.75.

Julianto, D. and Utari, P. A. (2019) ‘ANALISA PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN INDIVIDU DI SUMATERA BARAT’, IKRAITH-EKONOMIKA, 2(2), pp. 122–131. Available at: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/413 (Accessed: 12 September 2022).

Kohler, F. et al. (2022) ‘Digital Education for Sustainable Development in Non-Formal Education in Germany and COVID-19-Induced Changes’, Sustainability (Switzerland), 14(4). doi: 10.3390/SU14042114.

Lyapuntsova, E. V. et al. (2022) ‘Digital Educational Environment for Business: Risks and Trends of Sustainable Development’, pp. 726–730. doi: 10.1007/978-3-030-94245-8_99.

Miles and Huberman (1994) Qualitative Data Analisys. USA: Saga Publication.

Młynarczuk-Sokołowska, A. (2022) ‘Intercultural non-formal education: what the children think’, Intercultural Education, 33(1), pp. 82–98. doi: 10.1080/14675986.2021.2018171.

Nurhuda, H. (2022) ‘MASALAH-MASALAH PENDIDIKAN NASIONAL; FAKTOR- FAKTOR DAN SOLUSI YANG DITAWARKAN’, DIRASAH, 5(2), pp. 127–137. doi: https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.406.

Oyigbo, D. N., Ngwu, P. N. C. and Nwachukwu, R. U. (2021) ‘Non-formal education and economic growth in Nigeria: The need for a system-wide programme development framework’, International Review of Education, 67(5), pp. 687–709. doi: 10.1007/S11159-021-09920-Y.

Riyadi and Ghuzini, D. (2021) ‘Ketimpangan Pendidikan dan Pendapatan serta Pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T)’, Jurnal Kependudukan Indonesia, 16(2), pp. 139–152. doi: 10.14203/jki.v16i2.593.

Siregar, N. A. and Ritonga, Z. (2019) ‘Analisis Tingkat Pendidikan Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Kesejahteraan Sosial Di Kabupaten Labuhanbatu’, Jurnal Informatika, 6(1), pp. 1–10. doi: 10.36987/informatika.v6i1.736.

Suharto, E. (2009) Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Susanti, S. (2014) ‘Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Nonformal Dalam Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia’, jurnal Handayani, 1(2), pp. 9–19.

Syarifuddin, L. (2010) ‘Konsep Dasar Desentralisasi Pendidikan Non-Formal Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional ( Basic Concept of Non-Formal Education Decentralization Based on Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidika’, Risalah hukum, 6(1), pp. 44–52. Available at: https://e-journal.fh.unmul.ac.id/index.php/risalah/article/view/250.

Tachjan (2006) Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Utami, E. F., Aditya, R. and Sugianto, A. (2020) ‘SINERGI STAKEHOLDE UNTUK KESEJAHTERAAN: Studi Kelompok Wanita Tani Sumber Pathedan Program CSR PT Pertamina (Persero) Integreted Terminal Cilacap’, Welfare: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 9(1), pp. 53–77. doi: https://doi.org/10.14421/welfare.2020.091-04.

Winoto, Y. and Sukaesih (2019) ‘Empowerment of Communities Through Operation of Village Library dan Community Reading Garden’, 9(1), pp. 79–94. doi: 10.17509/edulib.v9i1.16170.

Yuliyanto, Y. and Irhandayaningsih, A. (2019) ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang’, Anuva, 3(4), pp. 377–386. doi: 10.14710/anuva.3.4.377-386.




DOI: 10.24235/empower.v7i2.11461

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Empower : Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam

      

 

  

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.