Pengembangan Dodol Gedong Gincu Sebagai Produk Olahan Desa Sedong Lor
(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(3) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(4) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author
Abstract
Produk olahan mangga banyak diproduksi di Indonesia sebagai mata pencaharian baru bagi masyarakat indonesia khususnya olahan Mangga Gedong Gincu yang ada di Desa Sedong Lor, yaitu produk dodol gincu. Mangga Gedong Gincu merupakan buah mangga yang bersifat musiman yang memiliki kandungan nutrisi di dalamnya dan dapat di olah menjadi produk cemilan maupun minuman seperti dodol, keripik, manisan mangga, jus mangga dan masih banyak lainnya. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan bagaimana membuat kemasan yang menarik, menentukan harga jual serta strategi dalam memasarkan produk dodol gincu. Kegiatan yang sama pernah dilakukan penulis di Desa Penpen tentang pelatihan cara pembuatan arang sekam dari limbah padi secara sederhana, sehingga di harapkan mampu meningkatkan penghasilan masyarakat. Masyarakat Desa diberikan konsep dasar desain kemasan produk dodol gincu dengan bantuan teknologi, diberikan pendampingan mengenai penentuan harga jual produk serta bimbingan pemasaran prosuk dodol melalui website Desa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan sosialisasi. Dalam Kegiatan ini ditujukan kepada khususnya masyarakat Desa, PKK dan Karang Taruna Desa Sedonglor yang diharapkan membantu membangkitkan perekonomian masyarakat Desa Sedong Lor pasca pandemi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifudin, O., Rusmana, F. D., Tanjung, R., & Wahrudin, U. (2020). Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 408-417.
Ariningsih, E., Saliem, H. P., Maulana, M., & Septanti, K. S. (2021). Kinerja Agribisnis Mangga Gedong Gincu dan Potensinya sebagai Produk Ekspor Pertanian Unggulan. In Forum penelitian Agro Ekonomi (Vol. 39, No. 1, pp. 49-71).
Deliana, Y., Fatimah, S., & Charina, A. (2014). Persepsi dan perilaku produsen dan konsumen terhadap label asal daerah pada mangga gedong gincu. Sosiohumaniora, 16(1), 97-105.
Dewi Suhati, Diana Diana, Lisna Duwi Cahyani, Nurohim Nurohim, Rizal Eka Prastyo, Wahyudi Wahyudi, Puspa Dewi Yulianty dan Ali Jufri. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Desa Penpen: Pemanfaatan Limbah Padi Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dimasejati Vol. 3, No. 2 (2021). DOI: http://dx.doi.org/10.24235/dimasejati.v3i2.8745.
Fauziah, Y. D., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2021). ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK OLAHAN MANGGA. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 7(2), 1045-1055.(Hidayah & Rodhiah, 2020). Mengembangkan Mutu Dan Pendampingan Inovasi Produk Dodol Di Jasinga Tenjo Jawa Barat. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Gusman, T. A., & Kisworo, B, Badawi. 2017. KKN-PPM Pemanfaatan Limbah Kulit Dan Kernel Biji Mangga Gedong Gincu Menjadi Bahan Pangan Bernutrisi Untuk Peningkatan Ekonomi Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Kabupaten Cirebon. Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan IPTEKS dalam Membangun Ketahanan Pangan. ISBN: 978-602-6923-04-2.
Hidayat, Y. R., Dwirayani, D., & Saleh, I. (2019). Kajian penerapan teknologi terhadap pendapatan usahatani mangga gedong gincu (Mangifera indica L.)(Studi kasus di wilayah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Cirebon). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 3(1), 152-161.
Mutholib, A., Maman, U., & Zulmanery, Z. (2019). Analisis Usaha Umkm Dodol Mangga (Studi Kasus Di Kabupaten Indramayu). AGRIBUSINESS JOURNAL, 13(1), 75-81.
Prabowo, O. H., & Komara, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Mangga Gedong Gincu Melalui Media Sosial di Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 2(2), 77-87.
Rhani, Ashya Ravika Mahar, 2020. Mengenal Adobe Photoshop. https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/09/080000669/mengenal-adobe-photoshop?page=all. (Diakses 12 September 2022)
Sungkawa, I., & Sunaryo, Y. 2019. Analisis Kelayakan Usahatani Pada Pemeliharaan Mangga Gedong Gincu (Mangifera Indica L.) Di Kelompok Tani Sukamulya Desa Sedong Lor Kecamatan Sedong. Agrijati Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 32(2), 76-88.
Sutaryo, 2004. Dasar-Dasar Sosialisasi hlm. 230, Jakarta: Rajawali Press.
Yuliza, M., & Basri, S. (2018). Marketing Strategy of Dodol Singkong Malayan. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 6 (3), 253-261.
DOI: 10.24235/dimasejati.v4i2.12052
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Sundhea Hastuti, Wisnu Hardiansyah, Puspa Dewi Yulianty, Ali Jufri