PENGARUH PRESEPSI MASYARAKAT DESA PEJAGAN TENTANGPERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENJADI NASABAHBANK SYARIAH

Nining Wahyuningsih(1*), Eva Nur'ana(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini menjadikan masyarakat desa Pejagan sebagai subyek penelitian , dimana data yang diperoleh adalah data primer dari kuesioner yang dibagikan kepada 100 orang warga desa Pejagan yang diambil secara random. Sample yang di ambil dari populasi dengan menggunakan rumus pengambilan sample Profortionate stratifield Random sampling yakni rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang dari 5026 warga desa Pejagan.selain data primer, juga digunakan data sekunder berupa data jumlah bank syariah yang ada di Brebes. Yang mana hasil dari pengumpulan data tersebut diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic 20, yang selanjutnya akan digunakan metode deskriptif kuantitatif dari hasil pengolahan tersebut.Dari hasil penelitian dan olah data yang dilakukan, dihasilkan bahwa memang ada pengaruh yang signifikan antara persepsi masyarakat desa Pejagan tentang  perbankan syariah terhadap minat menjadi nasabah perbankan syariah yakni sebesar 0,249. Dengan persentase sumbangan pengaruh variabel persepsi masyarakat  tentang perbankan syariah terhadap minat sebesar 7,5% sedangkan sisanya sebesar 92,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini Selain itu diperoleh hasil bahwa Nilai t hitung > t tabel (2,818> 1,984467404) maka Ho ditolak.

 

Kata kunci:  Bank Syariah, Persepsi, Minat Menjadi Nasabah, Desa Pejagan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Abstract

 

This research were Pejagan rural communitiesas subjects in this study, where the data obtained is the primary data from questionnaires distributed to 100 villagers Pejagan taken at random. Sample taken from the population using the formula Profortionate stratifield sampling Random sampling the Slovin formula, in order to obtain a sample of 100 people from 5026 villagers Pejagan.selain primary data, also used secondary data existing number of Islamic banks in Bradford. Which results from the collection of the data is processed using IBM SPSS statistical applications 20, which would then be used quantitative descriptive method of the processing results.From the research and data processing are carried out, resulting that there is a significant relationship between the perception of villagers Pejagan on Islamic banking to become customers of Islamic banking interests which amounted to 0,249. With the contribution percentage of variables influence the public perception of Islamic banking to interest of 7.5%, while the remaining 92.5% is influenced by other variables not included in this study showed that addition value t> t table (2.818> 1, 984467404), then Ho is rejected.

 

Keywords: Islamic Bank, Perception, Interests Being customer, Desa Pejagan

 

 

 

 

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al- Qur’an Tajwid dan Terjemahannya, Departemen Agama RI. Bandung: CV. Diponegoro 2010

Alwaasilah , A. Chaedar. Pokoknya Kualitatif. 2008 . Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya Amani, Intan. Skripsi “Presepsi Santri Al Munawwir Krapyak Yogyakarta Terhadap

Perbankan Syari’ah†. Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2010

Anis, Ibrahim, et. al. Al mu,jam Al Wasith, Juz- , cet. II 1, Kairo : Dar Ihya’ At Turats Al‘Arabiy.. 1992

Anton, M. Moeliono, et. el. Kamus Besar Bahasa Indonesia cet.II. Jakarta: Balai Pustaka.. 1989

Ariani , Dian. “persepsi Masyarakat umum terhadap Bank Syariahdi Medan.†Tesis: Pasca

Sarjana Universitas Sumatera Utara Medan. 2007

Arif, Muhammad, .“Islamic Bankingâ€. dalam Asian-Pacific Economic Literature Vol. 2, No. 2. 1988

Arifin, Zainul. Dasar-dasar Manajemen Bank Syari’ah. Jakarta: Pustaka Alvabet. 2005

Arikunto , Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta. 2007

Ascarya, 2006. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Perss

Bushler, Patricia. management skill dalam 24 jam. Jakarta: Prenada Media Group. 2007

Chaplin, J. P. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2005

Daft, Ricard. Manajemen. Jakarta:Erlangga. 2002

Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Rosdakarya. 2013

Djaali. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2008

Fauzi , Ahmad. Pisikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia. 2004

Hamka, Tafsir Al Azhar Jilid 2. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD. 2003

Haryadi. “Persepsi masyarakat Terhadap Perbankan Syariahâ€. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol. 1, no.2 tahun 2007 Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. 2007

Hasan, M.Iqbal. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia. 2002

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial Jakarta: Salemba Humanika. 2010

Hosen , M. Nadratuzzaman. Kamus Populer Keuangan dan Ekonomi Syariah. Jakarta: pkes publishing. 2008

Hosen, M. Nadratuzzaman. Kamus Popular Keuangan Dan Ekonomi Syariah. Jakarta: PKES Publishing. 2008

Huda , Nurul dan Mohamad Haykal. Lembaga Keuangan Islam.Jakarta: Kencana, 2010

Judisseno, Rimky K. Sistem Moneter dan Perbankan di Indonesi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2005

Kamarni ,Neng. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Berhubungan Dengan Bank Syariah Di Kota Padang. 2012.Padang: JurnalManajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 1, Januari 2012

Kasmir, Manajemen Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2000

Khasanah, Wiwin. Skripsi “Presepsi Santri Al Munawwir Krapyak Yogyakarta Terhadap Perbankan Syari’ah†, 2015.Yogyakarta: Jurusan kotler, Philip. Manajeme Pemasaran. Jakarta: prenlindo. 2002

Lewis, Mervin K. dan Latifa M. Algaoud, “Perbankan Syariah; Prinsip, Praktik dan Prospekâ€,Edisi terjemah, Jakarta: Serambi, 2003

Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Muslich , Ahmad Wardi. fiqh Muamalat. Jakarta: Amazah. 2013

Nugraha, Stiadi, J..perilaku konsumen . Jakarta: pernada media. 2003

Puspita, Ira . dkk. Psikologi Faal. Bandung: Rosdakarya. 2012 Rachmat, Jalaludin. pisikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya. 2005

Ramadhani, Indah. Skripsi “Analisis Persepsi Masyarakat terhadap perbankan Syariah: Studi Komperatif antara Masyarakat perkotaan dan Masyarakat pinggiranâ€(Studi kasus kota Padang)â€, skripsi: Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, , 2010

Rizki Agil Kurniawan, Skripsi “ Persepsi Masyarakat terhadap Perbankan Syariahâ€,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, 2014

Robbins, Stephen, Prilaku Organisasi, Jakarta: PT Indeks, 2003

Rustam, Bambang Rianto, Manajemen Resiko Perbankan Syariah di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat, 2013

Saleh, Abdul Rahmat. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Persepektif Islam. Jakarta: Kencana. 2004

Sarwono dan Jonathan. Analisis Data Penelitian .Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2006

Setiawan, Aziz Budi. Perbankan Syariah; Challenges dan Opportunity Untuk Pengembangan di Indonesia, paper. Jurnal Kordinat, Edisi: Vol.VIII No.1. 2006

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an Volume 3. Tangerang: Lentera Hati, 2007

Soemitra , Andri. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana. 2009

Sugiyono. Metode penelitian Bisnis.Bandung: Alfabeta. 2007

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013

Surakhmad, Winarno. Pengantar penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.1990

Suryana. metodologi Penelitian. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesi. 2010

Sutedi, Adrian. Perbankan Syari’ah Tinjauan dan Beberapa Segi Hukum. Jakarta :Ghalia Indonesia. 2009

Thoha, Miftah. Prilaku organisasi konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: PT Rajagrafindo persada. 2008

Umam, Khaerul. Prilaku Organisasi. Bandung: pustaka Setia. 2010

Yama, Lina Nurul. Skripsi “Respon Guru Madrasah AliyahNegeri (MAN) 4 jakarta terhadap bank Syariahâ€, Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri SyarifHidayatullah Jakarta. 2010

Zainab. skripsi “Pengaruh Citra Merek, Periklanan, Dan Persepsi Terhadap Minat Menabung Nasabah (studi kasus pada masyarakat Ciputat dan Pamulang yang menjadi nasabah di Bank Muamalat)†, 2012.Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Zainul, Arifin. Dasar-dasar Manajemen Bank Syari’ah. Jakarta: Pustaka Alfabet, 2005

Zuhaili, Wahbah. Al Islamy Wa adillatuh. juz 4, , cet. III, Damaskus: Dar Al Fiqr, 1989 Zusuf, Muchamad. “Pengaruh Persepsi,motivasi dan sikap nasabah terhadap keputusan pengajuan pembiayaan musyarakah pada nasabah BMT Al Falah Sumber Cirebonâ€.

Skripsi: Fakultas Syariah Jurusan Muamalah Ekonomi Perbankan Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon . 2012

Sumber Lain:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pejagan,_Tanjung,_Brebes Wikipedia Indonesia




DOI: 10.24235/jm.v4i1.758

Article Metrics

Abstract view : 1553 times
PDF - 1102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al Mustashfa Indexed by:


Reference Management Tool


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats