EL-IBTIKAR adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Berfokus pada tema dan topik pendidikan bahasa Arab, linguistik dan sastra Arab, mencakup :
1) metodologi pendidikan bahasa Arab.
2) morfologi dan sintaks bahasa Arab.
3) pengajaran kompetensi bahasa Arab.
4) strategi pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab untuk non-penutur asli.
5) model pengajaran bahasa Arab untuk non-penutur asli.
6) linguistik Arab.
7) sastra Arab.
8) teknologi pengajaran bahasa Arab.
9) desain pengajaran bahasa Arab untuk non-penutur asli.
10) evaluasi pengajaran bahasa Arab untuk non-penutur asli.
P-ISSN: 2303-260X dan E-ISSN: 2579-8456 .
Vol 12, No 2 (2023)
Table of Contents
Articles
Analisis Semiotika Charles Morris pada Nilai-Nilai Dakwah dalam Lirik Mars Hai’ah Tahfizh Al-Qur’an UIN Maliki Malang | |
Dwi Anti Yuningrum, Abdul Muntaqim Al Anshory | 127-145 |
Pembelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Islam Berbasis Boarding School | |
Mirza Mahfud, Marsiah Marsiah, Nur Fuadi Rahman, Nurul Wahdah | 146-161 |
Perubahan Makna Kata Faricha dalam Al-Qur’an (Kajian Semantik Kontekstual) | |
Shabrina Farah Azizah, Khabibi Muhammad Luthfi | 162-174 |
Pengembangan Program Pembelajaran Kosakata dengan Media Buku Saku di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Murtadlo Cirebon | |
Husnul Khotimah, Nanin Sumiarni, Wawan Arwani | 175-188 |
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab | |
Lutvia Oktavia, Hasan Saefuloh, Wahyudin Wahyudin | 189-199 |
طرق تعليم اللغة العربية لغير الناطقينن بها في كتاب طرائق تدريس اللغة العربية بلغات أخرى للدكتور عبد العزيز بن إبراهيم العصيلي وتحليلها | |
Isyraq Suleiman Hasyim Rumanah | 200-214 |
الاتجهات التعليمية الحديثة لأهداف تعليم مهارات اللغة العربية في المدرسة التقليدية على ضوء النظرية النفسية واللغوية للتعلم (دراسة وصفية تحليلية في مدرسة باب الخيرات الدينية) | |
Muhammad Farih | 215-230 |