Media Puzzle as an Interactive Strategy to Enhance Arabic Vocabulary Mastery among Students: A Study in Class IV of MIN 1 Probolinggo.

Nur Asiah Jamilah(1*), Mualim Wijaya(2),


(1) Universitas Nurul Jadid
(2) Universitas Nurul Jadid, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang menarik dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media puzzle dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab pada siswa kelas IV MIN 1 Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan mudah memahami serta mengingat kosa kata baru karena proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Selain itu, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan kolaboratif, sehingga mendorong siswa untuk bertanya dan berdiskusi. Dengan demikian, media puzzle terbukti efektif sebagai alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab di tingkat sekolah dasar.


Keywords


media puzzle, penguasaan kosakata, bahasa arab.

Full Text:

PDF

References


Akbar, G. F., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif, Motorik Halus dan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Labuhan Haji. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1042

Anak, J. P. (2014). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk.

Arrochmah, S., & Taufik. (2024). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua. Siyaqiy: Jurnal Pendidikan Dan Bahasa Arab, 1(2), 80–87. https://doi.org/10.61341/siyaqy/v1i2.009

Dwi Permata, R. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.29407/pn.v5i2.14230

Fransiska, S. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD. Jurnal Pusdikra, 1(November), 38–43.

Hidayat, W., Ihsan, M., Ropiatus, E., & Maulana, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas V MIS Tigaherang-Ciamis. 2(2), 149–159.

Khoirun Nisa, I., Novita, R., & Walfajri. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Munir, D. R. (2023). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 1(2), 59–65.

Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.

Novalyo, S. A. (2024). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Media Crossword Pada Tema Sekolahku Di Kelas VII MTs Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9818–9828.

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Saputra, D., & Fidri, M. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. 2(1), 127–137.

Syamsuddin, N., & Bakri, M. (2025). Efektivitas Pembelajaran Mufradat dengan Menggunakan Media Puzzle Book pada Siswa Kelas VII MTs Darul Istiqamah Babang Luwu. 3.

Taqiyah, S. Z. (2023). Implementasi Manual Media Kaana Puzzle Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.6952

Umam, R. A., & Wijaya, M. (2025). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Mambaul Ulum. 11(1), 52–60.

Wijaya, M., & Khoiri, U. N. (2024). Effectiveness of Image Media, Songs, and Educational Games in Arabic Language Learning for Elementary School Students Efektivitas Media Gambar , Lagu , dan Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar. 15(2), 116–126.

Wijaya, M., Sabila, R., & Rismawati, Y. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab berbantuan Media Instagram Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. 9(2), 817–825. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5080




DOI: 10.24235/ibtikar.v14i1.20627

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Asiah Jamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Daftar Indeks: